A password will be e-mailed to you.

    Kalau kamu sedang bosan belajar sains lewat membaca buku… kamu bisa coba belajar sains lewat menonton film.

    Lewat film, kamu bisa refreshing plus belajar dengan visualisasi yang lebih jelas dan suasana yang lebih dramatis

    Ini dia 25+ rekomendasi film sains terbaik versi Saintif yang kami kelompokkan berdasarkan empat kategori:

    • Biografi
    • Sains fiksi
    • Serial TV
    • Dokumenter

     

    Biografi

     

    The Imitation Game

    Gambar terkait

    Mengisahkan ilmuwan matematika perintis komputer dan kecerdasan buatan, Alan Turing.

    Film ini mengambil latar perang dunia pertama, ketika Alan Turing harus berjuang memecahkan sandi mesin enigma untuk mengetahui komunikasi rahasia tentara Jerman.

     

    First Man

    Gambar terkait

    Film ini menceritakan biografi astronot Neil Armstrong antara 1961 sampai 1969, perjalanannya bersama NASA dalam misi untuk mendaratkan manusia pertama ke bulan.

    Dalam film sains ini, kamu akan melihat bagaimana pengorbanan dan harga yang harus dibayar Neil Armstrong dalam misi yang paling berbahaya dalam sejarah ini.

     

    The Man Who Knew Infinity

    Gambar terkait

    Kisah kehidupan dan karir akademis dari ahli matematika India, Srinivasa Ramanujan, dan persahabatan dengan mentornya, Profesor G. Hardy.

     

    Theory of Everything

    Hasil gambar untuk the theory of everything

    Kisah hidup fisikawan terhebat abad 21, Stephen Hawking, sejak masih muda sampai ketika mengalami penyakit motor neuron (ALS / amyotrofik lateral sklerosis) dan memberi sumbangsih besar pada dunia fisika.

     

    Creation 

    Gambar terkait

    Kisah naturalis Inggris Charles Darwin dalam berjuang untuk menyelesaikan karya fenomenal ‘On the Origin of Species‘ dan mempertahankan hubungannya dengan istrinya.

     

    Einstein and Eddington

    Hasil gambar untuk einstein and eddington

    Mengisahkan perjalanan Sir Arthur Eddington, seorang ilmuwan eksperimentalis yang membuktikan teori relativitas umum Einstein.

    Untuk membuktikan teori ini, Eddington melakukan ekspedisi menuju Pulau Principe, Afrika, untuk mengamati fenomena pembelokan cahaya yang dapat diamati ketika gerhana matahari.

     

    A Beautiful Mind

    Hasil gambar untuk a beautiful mind

    Mengisahkan John Nash, seorang ahli matematika yang juga harus berjuang melawan penyakit jiwa scyzofrenia yang diidapnya.

     

    Marie Curie: The Courage of Knowledge

    Gambar terkait

    Kisah seorang fisikawan dan kimiawan wanita terkenal, Marie Curie, dan perjuangannya untuk diakui dalam komunitas sains yang didominasi laki-laki di awal abad ke-20 Prancis.

     

    The Challenger Disaster

    Hasil gambar untuk challenger disaster movie

    Mengisahkan sosok fisikawan fenomenal Richard Feynman, dalam menyelidiki penyebab kecelakaan pesawat ulang alik Challenger tahun 1986.

     

    October Sky

    Hasil gambar untuk October Sky

    Kisah nyata Homer Hickam, putra penambang batu bara yang terinspirasi oleh peluncuran satelit Sputnik sehingga memilih menekuni ilmu roket daripada menuruti keinginan ayahnya di bidang batu bara.

     

    Apollo 13

    Gambar terkait

    NASA harus menyusun strategi untuk mengembalikan pesawat luar angkasa Apollo 13 ke Bumi dengan aman setelah pesawat tersebut mengalami kerusakan internal besar yang menempatkan nyawa ketiga astronot itu dalam bahaya.

     

    Baca juga:  Apakah Tumbuhan Juga Bisa Berkomunikasi?

    Genius: Albert Einstein

    Hasil gambar untuk Genius: Albert Einstein

    Ini adalah film sains dalam serial TV yang mengisahkan hidup Albert Einstein sejak masa mudanya sebagai pegawai rendahan di kantor paten hingga masa tuanya sebagai fisikawan yang mengembangkan teori relativitas.

    Serial ini didasarkan pada buku Einstein: His Life and Universe karya Walter Isaacson terbitan tahun 2007.

     


     

    Sains Fiksi

     

    Interstellar

    Gambar terkait

    Film sains ini mengisahkan Cooper dalam misi Endurance, sebuah perjalanan luar angkasa melalui wormhole dalam upaya untuk melanjutkan keberlangsungan hidup umat manusia.

    Film ini bukan film sains fiksi asal-asalan. Hampir seluruh aspek dalam film ini memiliki landasan teoritis yang tepat berdasarkan ilmu fisika, terutama yang berkaitan dengan teori relativitas dan dilatasi waktu. 

     

    The Martian

    Hasil gambar untuk the martian

    Film ini mengisahkan astronot Mark Watney yang terhempas oleh badai ganas di Mars dan ditinggalkan oleh rekan astronot lainnya kembali menuju Bumi.

    Namun ternyata Watney masih hidup. Dengan pasokan logistik seadanya, ia harus memanfaatkan kecerdikan, kecerdasan dan semangat untuk bertahan hidup di Mars dan menemukan cara mengirimkan pesan bahwa ia masih hidup di planet tak berpenghuni itu.

    Perpaduan prinsip saintifik, petualangan, dan drama yang begitu apik dikemas dalam bentuk film sains.

     

    2001: A Space Odyssey

    Hasil gambar untuk space odyssey

    Film ini menceritakan kisah tentang Black Monolith, evolusi manusia, dan kebangkitan superkomputer terkuat A.I. HAL 9000.

     

    Star Trek

    Hasil gambar untuk star trek 2009

    Film ini mengambil latar waktu 200 tahun mendatang, ketika manusia telah memiliki teknologi yang sangat maju.

    Mengisahkan petualangan manusia dan alien yang bergabung ke dalam Starfleet (Armada Bintang), sebuah kelompok pencinta damai yang hidup di luar angkasa dan juga sebuah organisasi antariksa yang bernama United Federation of Planets (semacam PBB versi kehidupan luar angkasa)

     

    Gravity

    Hasil gambar untuk gravity movie

    Mengisahkan dua orang astronot yang terombang-ambing di luar angkasa setelah puing berkecepatan tinggi dari satelit Rusia secara tidak sengaja menghancurkan wahana yang mereka pakai.

     

    Star Wars

    Hasil gambar untuk star wars adalah film yang menceritakan tentang apa

    Star Wars adalah serial film yang berkisah peperangan makhluk dari berbagai bintang untuk menguasai galaksi. Salah satu faktor penting dalam Star Wars adalah “Force”, energi yang berada di mana saja dan dapat dimanfaatkan yang memiliki kemampuan.

    Walaupun secara visual keren, menurut saya star wars tidak terlalu baik dalam hal sains fiksi, sains nya sedikit dan terlampau fiksi.

     


     

    Serial TV

     

    Cosmos: A Spacetime Odyssey

    Gambar terkait

    Cosmos adalah salah satu serial TV fenomenal yang paling banyak ditonton di Amerika. Cosmos membawamu berpetualang menjelajahi dimensi ruang dan waktu untuk memahami alam semesta.

    Serial Cosmos pertama kali dibawakan pada tahun 1980 oleh Carl Sagan, sang astronom dan legenda kominikator sains di dunia. 

    Baca juga:  19+ Channel Youtube Edukasi Terbaik di Indonesia

    Kemudian, pada tahun 2014 serial legendaris ini dibawakan ulang dengan ilustrasi yang jauh lebih mengagumkan oleh murid langsung Sagan, yaitu Neil deGrasse Tyson.

     

    Wonders of The Universe

    Hasil gambar untuk Wonders of The Universe brian cox

    Film dokumenter ini akan membawamu melihat keindahan dan keajaiban alam semesta, dengan dipandu profesor fisika Brian Cox.

    Serial ini terdiri dari empat episode, masing-masing berfokus pada aspek alam semesta dan menampilkan ‘keajaiban’ yang luar biasa dari alam semesta.

     

    The Good Doctor

    Hasil gambar untuk the good doctor

    The Good Doctor mengangkah kisah Dr. Shaun, seorang dokter ahli bedah yang sindrom savant. Ia memiliki gangguan dalam bersosial tapi memiliki ingatan yang luar biasa. 

    Balutan antara ilmu, kisah, dan visualisasi yang sangat menarik. Sangat cocok untuk kamu yang tertarik pada bidang biologi.

     

    Sherlock Holmes

    Hasil gambar untuk sherlock holmes bbc

    Serial TV ini menampilkan sosok detektif Sherlock Holmes dan petualangannya dalam memecahkan berbagai kasus dengan perpaduan kemampuan berfikir, deduksi, detektif, dan pemahaman sains.

     


     

    Dokumenter

     

    The Farthest: Voyager in Space

    Hasil gambar untuk The Farthest: Voyager in Space

    Dokumenter ini mengisahkan peluncuran wahana antariksa Voyager pada tahun 1977 dari NASA, yang dikirim untuk berkelana di luar angkasa yang begitu gelap dan menangkap gambar planet-planet jauh untuk dikirim ke Bumi.

     

    Hubble 3D

    Hasil gambar untuk hubble 3d movie

    Film sains dokumenter Amerika tentang misi Space Shuttle untuk memperbaiki dan meningkatkan kapasitas dari teleskop luar angkasa Hubble.

     

    Chasing Ice

    Gambar terkait

    Film ini mengisahkan upaya fotografer alam James Balog dan Extreme Ice Survey untuk melihat bukti nyata perubahan iklim dalam bentuk pencairan gletser kutub yang mengubah dunia.

     

    Challenges of Life

    Hasil gambar untuk challenges of life bbc

    Film sains menunjukkan kepada kita bagaimana beberapa hewan di Bumi telah berevolusi dan berkembang dengan teknik berburu, kawin, dan perilaku baru untuk membantu mereka bertahan menghadapi tantangan kehidupan.

     

    Mahaguru Merapi

    Hasil gambar untuk Mahaguru Merapi film

    Film besutan Badan Geologi Kementrian Energi sumber Daya Mineral (ESDM) ini membahas tentang erupsi Merapi dari sisi ilmiah, dan menyampaikan pesan yang begitu kuat untuk masyarakat mengenai pentingnya mitigasi bencana.

     


     

    Demikian kompilasi daftar film terbaik dari Saintif. Kalau kamu punya rekomendasi lain, silahkan sampaikan di kolom komentar ya, agar dapat kami tambahkan ke dalam daftar ini.

    Ikuti juga Saintif di instagram agar kamu tidak tertinggal informasi sains menarik lainnya.

    Follow instagram @saintifcom

    Selain daftar film sains ini, kami juga telah merangkum kompilasi untuk buku dan channel Youtube:

    13+ Buku Sains Populer yang Keren dan Enak Dibaca

    19+ Channel Youtube Edukasi Terbaik di Indonesia

    Bantu bagikan informasi ini ke teman-temanmu ya!

    No more articles