20+ Film astronomi dan luar angkasa yang wajib kamu tonton [Update 2019]

Film astronomi dan film luar angkasa menjadi salah satu genre film yang banyak digemari orang.

Sensasi luar angkasa yang indah, kadang mencekam, dan memberikan rasa takjub yang begitu dalam.

Berikut ini adalah rekomendasi 20+ film astronomi dan luar angkasa yang bisa kamu tonton untuk menemani hari-harimu:

(Diurutkan dari film yang paling menarik versi Saintif)

1. Interstellar (2014)
  2. First Man (2018)
  3. The Martian (2015)
  4. Gravity (2013)
  5. The Wandering Earth (2019)
  6. Moon (2009)
  7. Wall-E (2008)
  8. The Space Between Us (2017)
  9. Passengers (2016)
  10. Sunshine (2007)
  11. Mission to Mars (2000)
  12. 2001: A Space Odyssey (1968)
  13. Contact (1997)
  14. Apollo 13 (1995)
  15. Armaggedon (1998)
  16. Serenity (2005)
  17. Event Horizon (1997)
  18. Star Wars
  19. Star Trek (2009)
  20. Solaris (2002)

Film Astronomi Interstellar

film astronomi interstellar

Interstellar adalah film fiksi ilmiah yang bercerita tentang usaha untuk mencari planet layak huni karena bumi dalam kondisi yang semakin sekarat.

Dalam perjalanan ini, ada banyak hal menarik yang ditunjukkan dalam film ini.

Mulai dari wormhole, gargantua (back hole), dimensi-4, gelombang gravitasi, dan dilatasi waktu.

Kalau kamu punya pengetahuan dasar fisika yang baik, pasti kamu sangat suka dengan film ini.

Film 2001: A Space Odyssey

2001: A Space Odyssey bisa dibilang merupakan pelopor awal dari film sains-fiksi bertema astronomi yang ada di dunia.

Film ini diproduksi pada tahun 1968 dan telah berhasil memberikan visualisasi yang sangat baik tentang kemungkinan perjalanan manusia di luar angkasa.

Film 2001: A Space Odyssey bercerita tentang evolusi manusia, teknologi, kecerdasan buatan, dan kehidupan luar bumi.

Film astronomi First Man

Film First Man merupakan adaptasi dari kisah Neil Armstrong dalam usahanya menjadi manusia yang pertama kali menginjakkan kaki di bulan.

Film ini menceritakan detil perjuangan Neil Armstrong (dan keseluruhan kru NASA) untuk mempersiapkan pendaratan bulan.

Baca juga:  7 Hal Ini adalah Penyebab Pemanasan Global [Daftar Lengkap]

Ada banyak kegagalan, insiden, kekhawatiran, yang pada akhirnya terbayar lunas ketika momen pendaratan bulan berhasil dilakukan.

Film The Martian

The Martian bercerita tentang Mark Watney, seorang astronot NASA yang tertinggal di Mars akibat kondisi cuaca buruk yang ada di Mars saat proses penerbangan kembali ke bumi.

Mulanya seluruh kru mengira Mark Watney telah meninggal dunia.

Tapi tanpa disangka-sangka, Watney berusaha bertahan hidup dengan menggunakan segala cara. Dia bahkan juga berhasil menumbuhkan tanaman kentang pertama di Mars.

Film ini memadukan antara keberanian, ilmu pengetahuan, dan insting bertahan hidup.

Film Gravity

Film Gravity berkisah tentang seorang astronot yang terombang-ambing di angkasa setelah pesawat luar angkasanya yang mengorbit bumi hancur ditabrak serpihan benda angkasa.

Kisahnya sangat menegangkan, dan juga mengharukan.

The Wandering Earth

Film The Wandering Earth adalah film fiksi ilmiah produksi China, yang mendapatkan perhatian besar dari dunia pada tahun 2019 ini.

Film ini bercerita tentang sekelompok astronot berani yang menjelajah luar angkasa untuk menemukan planet layak huni.

Film Apollo 13

Film Apollo 13 bercerita tentang penerbangan misi Apollo 13 yang mengalami kegagalan. Yaitu kegagalan pada sistem Service Module, yang mengakibatkan proses pendaratan bulan harus dibatalkan.

Dalam kondisi yang sangat tegang, para astronot di dalam kapsul Apollo 13 (yang sedang mengalami kerusakan) harus berkomunikasi dengan stasiun pengendali di Bumi untuk mencari solusi terbaik dari kondisi ini.

Akhirnya diputuskan bahwa Apollo 13 terus bergerak menuju bulan… tapi alih-alih mendarat di bulan, wahana ini hanya memutar dan terbang kembali menuju bumi.

Film Armaggedon

Dalam film ini dikisahkan bahwa ada sebuah asteroid yang diperkirakan akan menabrak bumi.

Dengan sisa waktu yang tidak banyak NASA akhirnya mengirim tim untuk menanam nuklir di asteroid tersebut agar hancur.

Film ini tidak hanya menegangkan, sisi-sisi romantis juga dimunculkan yang membuat film ini nggak membosankan untuk ditonton lagi dan lagi.

The Space Between Us

Film sci-fi yang dibalut dengan romansa masa remaja. Film The Space Between Us mengisahkan tentang Gerner Elliot, manusia pertama yang lahir dan hidup brtumbuh di Mars.