A password will be e-mailed to you.

    Integral dan diferensial merupakan topik matematika yang rumit bagi sebagian besar orang. Untuk menyelesaikannya, kamu harus memahami benar asal-usul rumus integral dan diferensial atau kalau tidak kamu harus menghafalnya.

    Masalahnya, ada begitu banyak rumus… dan sulit untuk mengingat semuanya.

    Belum lagi jika kita bertemu dengan persamaan-persamaan integral atau diferensial yang bentuknya tak lazim lagi. Ada banyak pangkat, akar, variabel, dan lain sebagainya, yang membuatnya tak lagi elok untuk dipandang. Dipandang saja sudah tak elok, bagaimana mau menyelesaikannya?

    Jika seperti itu, bagaimana solusinya?

    Tenang saja, ada satu langkah yang sangat sangat sangat praktis yang bisa kamu lakukan jika menghadapi kondisi seperti itu. Satu langkah ini bahkan dapat menyelesaikan hampir semua permasalahan matematikamu.

     

    Wolfram Alpha

    Wolfram Alpha adalah layanan online yang dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan secara faktual dengan menghitung jawaban secara terstruktur. Salah satu fitur penting dari Wolfram Alpha adalah penyelesaian persoalan matematika.

    Sebagai contoh, saya ingin menyelesaikan persamaan integral berikut ini:

    Maka, saya hanya perlu menuliskannya ke dalam Wolfram Alpha, untuk kemudian mendapatkan hasil akhir, representasi grafik, dan berbagai informasi lain yang mungkin berguna.

    Untuk menyelesaikan integral, tuliskan kata int atau integral di awal persamaannya.

    Berikut ini adalah hasilnya:

    Hal yang sama juga dapat kamu lakukan untuk menyelesaikan persamaan diferensial. Gunakan kata kunci derivative sebelum persamaan yang hendak kamu selesaikan.

    Mudah bukan?

    Tinggal memasukkan persoalannya, dan kamu langsung bisa mendapatkan hasilnya.

    Akan tetapi…

    Untuk sebagian besar keperluan di sekolah atau kuliah, kita tentu tidak bisa menyelesaikan persoalan matematika hanya dengan menuliskan hasil akhirnya. Butuh proses penyelesaiannya juga.

    Sayangnya, Wolfram Alpha versi gratis tidak bisa membantumu untuk menunjukkan proses penyelesaian persoalanmu. Kamu harus menjadi member pro untuk bisa melihatnya.

    Baca juga:  Inilah penjelasan sains di balik Asian Games 2018, menakjubkan!

    Untungnya, ada alternatif lain dari Wolfram Alpha ini…

     

    Integral & Derivative Calculator

    Kamu juga bisa menggunakan integral calculator dan derivative calculator untuk membantumu menyelesaikan persoalan integral dan diferensial.

    Dan menariknya lagi, kedua tool ini tidak hanya memperlihatkan hasil akhir dari perhitungan. Tapi juga menunjukkan langkah-langkah dalam penyelesaiannya.

    Kamu hanya perlu memasukkan persoalanmu ke input yang tersedia. Klik enter, dan tool ini akan otomatis menyelesaikannya untukmu. Setelah keluar hasilnya, klik pada tombol show steps, maka seluruh langkahnya dapat kamu lihat.

    Menarik kan?

    Itu dia tips dari saya untuk membantu menyelesaikan persamaan integral atau diferensial dengan mudah.

    Tool yang saya sebutkan di atas tentu akan sangat berguna kalau kamu sedang belajar menyelesaikan persoalan integral dan diferensial, atau sedang butuh bantuan dalam menyelesaikan persoalan dengan mudah.

    No more articles