20+ Daftar Lengkap Oleh-Oleh Khas Bali yang Wajib dibawa Pulang

oleh-oleh khas bali
ilustrasi oleh dribbble.com

Oleh-oleh khas bali yang wajib kamu bawa pulang antara lain Pie Susu, Kacang Disko, Baju Pantai, Pie Legong, Salak bali, Kopi Kintamani dan selengkapnya dalam artikel ini.

Jika sedang bepergian, tidak lengkap rasanya jika tidak membawa buah tangan. Hal ini hampir terjadi di berbagai negara. Terdapat beragam toko oleh-oleh yang dapat dikunjungi.

Bali sendiri merupakan tempat destinasi wisata favorit yang tidak pernah sepi pengunjung. Jika Anda ke Bali sangat sayang untuk melewatkan oleh-oleh khas Bali berikut.

Pie Susu

oleh-oleh khas bali

Pie susu merupakan oleh-oleh khas Bali yang paling legendaris. Tidak lengkap kalau ke Bali tanpa membawa pulang pie susu.

Para wisatawan sering memburu kue satu ini yang mempunyai cita rasa manis legit khas dengan fla susu ditengahnya. Terdapat beragam varian pie susu yang bisa diborong, yaitu rasa original, toping keju, almond, choco chips, kismis dan lainnya.

Kacang Disko

oleh-oleh khas bali

Kacang disko termasuk sebagai oleh-oleh wajib sebagai cemilan ketika pulang ke rumah.

Terbuat dari kacang tanah dengan selimut adonan tepung gurih. Anda bisa mencoba beragam variasi rasa manis, gurih, hingga rasa udang.

Kacang Asin

oleh-oleh khas bali

Selain kacang dengan selimut tepung, terdapat pula kacang asin yang cocok sebagai alternatif oleh-oleh.

Dengan paduan bumbu gurih khas Bali, Anda dapat menikmatinya sebagai cemilan yang enak.

Pia Legong

oleh-oleh khas bali

Pia legong merupakan oleh-oleh khas Bali yang cocok untuk dibawa pulang. Rasanya yang enak dan gurih menjadi buruan wisatawan.

Pia legong termasuk sebagai pia yang dijual secara terbatas, karena penjual hanya akan menjual di hari itu juga.

Jadi, biar nggak kehabisan, alangkah baiknya untuk memesan di jauh-jauh hari. Satu kotak pia legong terdiri dari 8 bungkus pia ukuran sedang.

Salak Bali

Bali dikenal memiliki salak yang khas, yaitu salak Bali. Terdapat dua varian rasa khas yaitu salak Bali biasa dan salak Gula Pasir.

Salak biasa mempunyai rasa kecut dengan daging tebal. Sedangkan salak gula pasir memiliki rasa manis dengan tekstur lebih tipis daripada salak biasa.

Baca juga:  Daftar Lengkap Oleh-oleh Khas Malang 2020, Wajib di Bawa Pulang

Kopi Kintamani

Bagi Anda pecinta kopi, pasti tidak asing dengan nama kopi kintamani. Kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi jenis kopi ini.

Kopi jenis ini termasuk kopi arabica dengan rasa ringan untuk dikonsumsi. Jika Anda mengkonsumsi kopi ini, akan terasa tambahan rasa jeruk.

Hal ini disebabkan karena arena perkebunan kopi kintamani yang berdekatan dengan kebun jeruk.

Kerupuk Kulit Babi

Kerupuk kulit dari sapi atau kerbau mungkin sudah familiar. Namun, jika Anda ke Bali akan menemukan varian baru kerupuk kulit Babi.

Hampir sama dengan kerupuk kulit sapi, kerupuk dari kulit babi sangat renyah sebagai cemilan. Teksturnya yang renyah dan rapuh membuat kerupuk ini mudah untuk dimakan tanpa susah mengunyahnya.

Kaos Joger

Jika mendengar kata Joger, pasti Anda sudah tahu itu adalah kaos khas Bali.

Kaos Joger sangat khas dengan kata-katanya yang unik dan kritis, sehingga tidak heran jika kaos ini hampir selalu menjadi pilihan favorit pengunjung.

Tas Rotan

oleh-oleh khas bali

Tas rotan Bali sempat hits karena bentuknya yang unik dan elegan.

Tidak hanya tersedia dalam bentuk bulat, tas rotan mempunyai motif dan modif yang sangat beragam sehingga sangat sayang jika melewatkan oleh-oleh yang satu ini.

Mukena Bali

oleh-oleh khas bali

Meskipun Bali didominasi oleh pemeluk Hindu, terdapat pula sebagian penduduk yang muslim. Oleh karena itu tidak heran jika terdapat produk mukena Bali.

Produk ini menjadi favorit para muslimah karena bahan dasarnya yang terbuat dari rayon halus yang sangat adem jika dikenakan dalam beribadah.

Tidak hanya itu, mukena Bali sangat bervariasi mulai dari segi warna dan corak yang ditawarkan.

Batik Bali

Bali memiliki batik khas tersendiri yaitu batik khas Bali. Anda dapat membelinya dalam bentuk lembaran maupun dalam wujud pakaian jadi.

Motif batik khas Bali cukup unik dan sangat menjunjung tinggi budaya asalnya. Kamu bisa menemukan motif yang menceritakan kisah para dewa atau budaya tentang Pulau Dewata.

Baju Barong

Bali dikenal pula dengan keberagaman budayanya diantaranya adalah barong. Baju Barong bisa menjadi alternatif oleh-oleh khas Bali yang cocok digunakan bersantai maupun bepergian ke pantai.

Kerajinan Manik-Manik

Bali mempunyai beragam kerajinan aksesoris khas Bali. Terdapat beragam jenis bentuk mulai dari gelang, pajangan ruang tamu, dan sebagainya.

Anda bisa menjumpai beragam aksesoris ini dengan menyusuri pasar daerah Bali terdekat.

Baca juga:  Panduan Cara Menonaktifkan WA (WhatsApp) untuk Sementara Waktu

Kain Pantai Bali

Bali dikenal dengan pantainya yang eksotis. Jadi tidak heran jika kain pantai Bali menjadi oleh-oleh Bali yang khas.

Kain ini terbuat dari bahasan dasar katun yang adem sehingga sangat nyaman untuk dipakai di daerah panas seperti pantai.

Perhiasan Perak Bali

Bali dikenal dengan kerajinan perak cantik khas dari Desa Celuk sehingga disebut pula sebagai Perak Celuk Bali.

Desa ini sudah sejak 1976 memproduksi perak terbaik dan terkenal hingga ke mancanegara.

Jika tidak ada waktu untuk datang ke Desa Celuk, Anda bisa dapatkan beragam ukiran perak di pasar seni yang terbesar di Bali seperti Pasar Wukawati dan kawasan Nusa Dua.

Produk Spa

Bali dikenal pula dengan beragam produk spa khas terutama di kawasan seminyak.

Diantaranya seperti lulur bali, scrub, body mist, shampo, wewangian, dan beragam produk spa lainnya. Anda bisa membelinya untuk perawatan sendiri di rumah.

Layang-Layang Bali

oleh-oleh khas bali

Bali dikenal dengan pembuat layang-layang yang unik dan khas. Oleh-oleh satu ini bisa jadi pilihan tepat untuk pecinta layang-layang.

Anda bisa dengan mudah menjumpai penjual layang-layang disepanjang toko-toko di jalan tempat wisata.

Kerajinan Batok Kelapa

oleh-oleh khas bali

Terdapat banyak ragam kerajinan dari batok kelapa yang bisa Anda temui jika berada di Bali. Bentuk nya beragam mulai dari nampan, piring, kendi, dan beragam aksesoris lainnya.

Kerajinan Kayu

oleh-oleh khas bali

Kesenian kayu juga marak bisa ditemukan di Bali terutama kawasan Gianyar. Kerajinan dari kayu ini beragam ukuran dan bentuk.

Misal saja bentuk miniatur mobil, patung, dan sebagainya.

Alat Musik

oleh-oleh khas Bali

Unsur budaya Bali yang khas menghadirkan ragam kesenian di bidang alat musik. Salah satu yang bisa Anda bawa jika mengunjungi Bali adalah gamelan Bali.

Anda tidak perlu khawatir, karena sekarang terdapat versi mini gamelan yang mudah dibawa sebagai oleh-oleh.

Lukisan Bali

oleh-oleh khas Bali

Kekhasan Bali seakan tidak pernah habis. Bali dikenal pula dengan kesenian lukisnya. Mulai dari lukisan bergaya abstract, budaya Bali, dan sebagainya. Biasanya lukisan ini bisa dibandrol dengan harga murah 200 -300 an.


Demikian ulasan mengenai daftar oleh-oleh khas Bali lengkap. Semoga bermanfaat ya.

Mahasiswi Departemen Fisika Universitas Diponegoro dengan bidang ilmu Fisika Material

Be the first to comment

Leave a Reply