Penyebab Kulkas Tidak Dingin dan Cara Memperbaikinya

Ilustrasi oleh dribbbel.com

penyebab kulkas tidak dingin antara lain 1. kebiasaan menimpan makanan panas ke kulkas, 2. Bunga kulkas yang menumpuk, dan selengkapnya dalam artikel ini.

Kulkas Anda tiba-tiba tidak dingin? Tenang, jangan terburu-buru menggantinya dengan kulkas baru. Ketahui dahulu penyebab mengapa kulkas tidak dingin.

Nah, untuk mengetahui penyebab dan cara memperbaiki kulkas yang tidak dingin, yuk simak ulasan berikut.

1. Menyimpan makanan panas ke dalam kulkas

Jika Anda sering melakukan hal ini, sebaiknya hentikan. Sebab, hal ini bisa menjadi sebab kulkas tidak lagi dingin. Penyebabnya karena suhu di dalam kulkas menjadi naik atau semakin memanas

Cara mengatasinya:

Sebelum memasukkan makanan ke kulkas, pastikan terlebih dahulu makanan dalam kondisi tidak panas.

Jika terpaksa makanan msih panas, maka tunggulah hingga makanan menjadi tidak panas.

2. Bunga kulkas yang menumpuk

penyebab-kulkas-tidak-dingin

Hal ini sering terjadi dan terabaikan. Padahal ini bisa membuat kulkas menjadi tidak dingin lagi. Bunga kulkas yang menebal mampu menutupi lubang angin kulkas yang berakibat terganggunya aliran lubang angin.

Cara mengatasinya:

Anda bisa memeriksa kulkas secara rutin, apakah bunga yang menumpuk sudah menutupi lubang angin atau belum. Jika sudah terlalu menumpuk, maka Anda bisa membersihkan bunga kulkas dengan cara mematikan aliran listrik ke kulkas.

Biarkan kulkas dengan kondisi pintu terbuka hingga semuanya mencair. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa menyalakan kipas angin untuk membantu proses pencairan bunga es.

Jika sudah selesai, lap lapisan kulkas dengan air hingga bersih supaya tidak membentuk bunga es lagi. Lakukan hal serupa secara rutin.

3. Kulkas berada dekat peralatan panas

Peralatan panas yang terlalu berdekatan dengan kulkas tidak baik. Suhu dari peralatan panas mempengaruhi suhu kulkas sehingga kulkas tidak awet dingin.

Cara mengatasinya:

Sebaiknya jauhkan kulkas dari peralatan panas seperti kompor, penanak nasi, oven, pemanggang roti, setrika dan lain sebagainya.

4. Freon habis atau bocor

Dalam kulkas, freon berfungsi sebagai bahan pendingin. Gas freon tidak berbau dan tidak mudah terbakar.

Gas ini disimpan dalam sebuah tabung freon. Kulkas bisa saja tidak dingin karena ada masalah pada tabung freon, baik freon bocor maupun habis.

Cara mengatasinya:

Untuk memastikan kulkas tidak dingin karena freon bocor, Anda bisa memeriksa bagian belakang kulkas yang berdekatan dengan drill kulkas.

Jika bagian ini tidak terasa panas, maka boleh jadi freon habis dan segera harus diisi lagi.

5. Kerusakan kompresor

Kompressor merupakan jantung dari sistem pendinginan pada kulkas. Aliran udara dingin dari sistem pendinginan kulkas penting untuk menjaga lemari es tetap dingin.

Jika kompresor tidak dapat bekerja dengan baik, maka proses pendinginan di kulkas akan terganggu.

Cara mengatasinya:

Untuk mengatasi masalah pada kompresor, cek keadaan kompresor terlebih dahulu. Buang oli tersebut melalui pipa hisab, kemudian belah kompresor melingkar di bawah bekas las pabrikan. Jangan sampai tembus terlalu dalam.

Gunakan gergaji besi jika Anda pertama kali membenahi kompresor. Ketuk secara perlahan pada tanda panah kompresor, lalu tuangkat oli sedikit demi sedikit lalu putar dengan tangan.

Kemudian, coba nyalakan kompresor, hingga kompresor dapat menyala dengan baik

6. Pintu kulkas tidak tertutup rapat

Kulkas yang tidak ditutup rapat juga bisa jadi penyebab utama kulkas tidak lagi dingin. Terutama pada bagian karet pintu kulkas.

Cara mengatasinya:

Jika bagian karet pada pintu kulkas sudah mulai mengendur, Anda bisa menggantinya dengan karet yang lebih kencang.

7. Aliran listrik

Faktor yang sering tidak terduga adalah kabel kulkas yang tidak tercolok sempurna. Selain itu, adanya gangguan aliran listrik pada stop kontak juga bisa jadi penyebab kulkas tidak dingin.

Cara mengatasinya:

Cobalah uji aliran listrik stop kontak, apakah aliran listrik berjalan dengan baik atau tidak. Anda bisa juga memastikan kulkas yang hidup, dengan melihat lampu kulkas. Apakah lampu kulkas menyala atau mati.

8. Kumparan kondensor yang kotor

Kondensor bertugas sebagai alat pembuang panas yang ditimbulkan dari kulkas.

Kondisi kumparan kondensor yang penuh tertutup debu menyebabkan gangguan pada proses pembuangan panas sehingga kulkas tidak lagi dingin.

Cara mengatasinya:

Sebaiknya rutin membersihkan kumparan kondensor setidaknya dua tahun sekali.

Sedangkan kumparan kondensor bagian belakang kulkas bisa dibersihkan dalam kurun waktu setahun sekali.

Hal ini dapat menjaga kulkas bekerja dengan baik dalam jangka waktu lama, termasuk menjaga kulkas tetap dingin.

9. Pengaturan suhu pada kulkas

Jika Anda baru membeli kulkas baru, tapi kulkas tidak dingin, maka boleh jadi Anda belum mengerti pengaturan suhu pada kulkas.

Cara mengatasinya:

Periksa terlebih dahulu pengatur suhu kulkas setelah Anda menyalakan kulkas.

Lakukan pengecekan terhadap suhu, atur sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan kulkas baru yang telah diatur dapat bekerja dengan baik.


Terimakasih telah membaca artikel Saintif mengenai penyebab kulkas tidak dingin dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat ya!

Referensi: 99.co

Artikel Terkait