9 Contoh Teks Ceramah Singkat (Berbagai Topik): Sabar, Syukur, Kematian, dll

teks ceramah singkat

Teks ceramah singkat berikut berisi kumpulan ceramah singkat tentang sabar, syukur, menuntut ilmu, pergaulan bebas dan masih banyak lagi yang dapat dijadikan sebagai referensi dalam mempersiapkan ceramah yang baik.


Dalam lingkungan masyarakat, ceramah merupakan suatu hal biasa yang sering dijumpai. Baik acara khutbah sholat jumat, sholat hari raya, maupun penyambutan acara tertentu.

Seorang penceramah merupakan seseorang yang telah dipercaya audien untuk menyampaikan sambutan berupa ceramah kepada khalayak ramai. Tema ceramaah pun beragam mengenai keagamaan, sosial masyarakat, hingga akademis.

Berikut beberapa contoh teks ceramah yang dapat dijadikan rekomendasi dalam membuat teks ceramah.

Teks Ceramah Singkat tentang Sabar

Teks ceramah singkat

Sabar merupakan suatu perbuatan yang susah diterapkan kepada diri sendiri. Meskipun demikian, dengan belajar mengenal kesabaran kita dapat melatih diri sendiri untuk lebih dapat memaknai dan mengambil hikmah dari ujian kesabaran tersebut.

Berikut contoh teks ceramah singkat tentang sabar.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Allah SWT selalu menghendaki umatNya untuk berlaku sabar dan lapang dada dalam melakukan segala hal. Sabar sendiri merupakan kata serapan bahasa arab yang bermakna menahan diri. Perilaku sabar akan mudah diterapkan jika Anda memahami makna dan hikmah yang diperoleh atas amalan sabar. Oleh sebab itu, mulailah sedari dini untuk membiasakan diri menerapkan sabar dalam kehidupan sehari-hari.

Perilaku sabar dapat diterapkan dengan sadar bahwa ternyata kehidupan dunia tidak terlepas dari bermacam cobaan. Namun pada hakikatnya Allah sedang menguji umat Nya apakah bisa melalui sebuah ujian dengan sabar atau tidak. Untuk itu, marilah bertindak sabar selagi masih diberi kesempatan hidup di dunia.

Waalaikumussalam warahmatullahi wabaarakatuh.

Teks Ceramah Singkat tentang Syukur

Teks ceramah singkat

Syukur merupakan suatu ungkapan rasa terimakasih atas sesuatu yang telah diperoleh. Seringkali dalam kegiatan keagamaan, kita sering dianjurkan untuk selalu bersyukur pada setiap kesempatan atas segala sesuatu yang telah diterima.

Berikut contoh mengenai teks ceramah singkat tentang syukur.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh

Hadirin yang Allah muliakan,

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas majelis ilmu singkat mengenai Syukur. Syukur dalam penerapannya mempunyai banyak dimensi dan warna yang berbeda. Syukur dalam agama Islam mempunyai peranan yang penting dalam mengatur tindakan yang berangkat dari hati.

Kalau kita mau melihat fenomena kekacauan yang terjadi pada akhir zaman ini, kita akan mendapati bahwa salah satu akar masalah dari kekacauan tadi adalah kurangnya rasa syukur yang dimiliki oleh manusia dan jauh dari mengingat kematian. Syukur yang benar pasti akan melahirkan perilaku yang baik dan tepat.

Allah berfirman tentang keharusan bersyukur dalam surat Al-Baqarah ayat 152 dan 172, artinya seperti ini:

Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku dan janganlah kamu ingkar”

Dalam ayat satunya Allah berfirman yang artinya:

“Wahai orang-orang yang beriman! Makanlah dari rezeki yang baik yang Kami berikan kepada kamu dan bersyukurlah kepada Allah jika kamu hanya menyembah kepada-Nya”

Dua ayat diatas secara jelas memerintahkan kita untuk bersyukur atas apa saja yang Allah beri.

Selain itu, Rasulullah SAW bersabda: ” “Sungguh menakjubkan urusan seorang mukmin, semua urusannya adalah baik baginya. Hal ini tidak didapatkan kecuali pada diri seorang mukmin. Apabila mendapatkan kesenangan, dia bersyukur, maka yang demikian itu merupakan kebaikan baginya. Sebaliknya apabila tertimpa kesusahan, dia pun bersabar, maka yang demikian itu merupakan kebaikan pula baginya.” (HR. Muslim)

Dalam ayat yang lain surat An-Nisa’ dan Ibrahim Allah juga berfirman yang artinya:
 
“Allah tidak akan menyiksamu jika kamu bersyukur dan beriman. Dan Allah Maha Mensyukuri, Maha Mengetahui”

Pada surat Ibrahim bunyinya seperti ini:

“Dan ingatlah ketika tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat”

Dari dua dalil Al-quran diatas, jelas bagi kita pelajaran yang dapat dipetik, yaitu untuk selalu bersyukur disetiap keadaan yang menimpa kita. Jangan sampai kita termasuk orang-orang yang mengingkari nikmat, sehingga mendapatkan azab dari Allah.

Saya kira cukup sampai di sini majelis ilmu singkat mengenai Syukur ini, semoga kita bisa mengamalkan syukur ini dalam setiap sendi kehidupan kita. Amiin

Wabillahi taufiq wal hidayah, Wassalamualaikum warahmatullahi wa barakaatuh 

Teks Ceramah Singkat tentang Menuntut Ilmu

Teks ceramah singkat

Sudah sewajarnya manusia sebagi makhluk yang sempurna dengan akal digunakan untuk menuntut ilmu. Dengan bekal ilmu, maka kehidupan manusia akan lebih baik.

Berikut contoh teks ceramah singkat mengenai pentingnya menuntuk ilmu.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh

Alhamdulillah kita semua sampai saat ini masih diberikan kesehatan jasmani dari Allah SWT sehingga kita semua dapat berkumpul dalam acara ini. Sholawat serta salam tak luput mari kita haturkan kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW. Semoga kita semua mendapatkan syafaatnya di yaumil akhir kelak. Amin.

Hadirin yang kami muliakan,

Ilmu pengetahuan memberi kita pemahaman mengenai pentingnya menuntut ilmu sebagaimana telah diberikan contoh Allah melalui firman pertama yang turun. Bahwasanya Allah mengajari Nabi Muhammad untuk membaca.

Selain itu, dalam surat Al Mujadalah ayat 11 menjelaskan mengenai kedudukan orang yang menuntut ilmu. Allah akan meninggikan derajat orang orang berilmu.

Tanpa ilmu pengetahuan seseorang akan buta dengan apa yang ada disekitarnya. Oleh sebab itu, jangan letih untuk menuntut ilmu setinggi-tingginya.

Demikian yang saya tuturkan, apabila ada salah ucap saya mohon maaf.

Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakaatuh.

Ceramah tentang Pergaulan Bebas

Pergaulan bebas sangat marak di lingkungan masyarakat. Jika tidak mewaspadai dalam memilih lingkungan, boleh jadi malah dapat memberikan dampak buruk terhadap perkembangan diri.

Baca juga:  Doa untuk Orang Meninggal (Laki-laki dan Perempuan) + Artinya Lengkap

Berikut contoh teks ceramah singkat tentang pergaulan bebas yang bisa disampaikan ketika hendak menyampaikan tema mengenai pergaulan bebas.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillah saya ucapkan kepada Allah SWT karena sudah diberikan nikmat untuk dapat berkumpul dalam ruangan ini. Tidak lupa saya lantunkan sholawat kepada junjungan Nabi Muhammad SAW, karena sudah mengangkat kita semua dari zaman kegelapan hingga ke zaman sekarang.

Izinkan saya untuk dapat membagikan sedikit ilmu mengenai pergaulan bebas. Pergaulan bebas kini sudah menjadi hal yang sangat meresahkan di masyarakat. Dengan adanya kejadian tersebut, diwajibkan para orang tua mengawasi anak – anak secara ketat lagi. Biasanya kebanyakan orang tua hanya mengawasi anak saat berada di rumah saja.

Namun perlu diketahui bahwa semakin dewasa anak, maka harus lebih ditingkatkan lagi pengawasannya. Khususnya bila anak Anda sudah mulai menyukai lawan jenis. Hal ini demi kebaikan anak – anak dan Anda sebagai orang tua. Pastinya Anda tidak mau dan jangan sampai anak – anak yang sudah dititipkan Allah SWT malah terlibat pergaulan bebas.

Oleh sebab itu, dalam pertemuan kali ini bertujuan agar kita semua dan keluarga dijauhkan dari dunia pergaulan bebas yang akan merugikan diri sendiri. Perlu adanya bimbingan dan juga pengawasan orang tua kepada anak – anak secara ketat setiap harinya. Demikian ceramah hari ini, kurang lebihnya saya mohon maaf. Wasalamualaikum. Warahmatullahi wabarakatuh.

Ceramah tentang Kematian

Kematian merupakan suatu peristiwa yang pasti dialami seluruh makhluk hidup. Mengingat kematian membuat kita semakin bersadar bahwa pada akhirnya kita pula akan mengalami kematian.

Berikut contoh teks ceramah singkat mengenai kematian.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Allah SWT akan senantiasa memberikan nikmat serta karunia-Nya kepada umat-Nya. Nikmat tersebut harus selalu Anda syukuri kapan saja dan dimana saja. Pada kesempatan hari ini, izinkan saya untuk menyampaikan sepatah dua patah tentang kematian.

Dalam Al Qur’an telah dijelaskan dalam surat Ali Imran ayat 185. Dalam ayat tersebut sudah jelas bila mana kematian pasti akan menghampiri setiap manusia yang hidup di dunia. Mengenai waktunya, tidak ada satupun manusia yang mengetahui kapan ajalnya mulai menjemput. Ingatlah saudara – saudaraku, kehidupan di dunia ini hanyalah sementara.

Mulailah untuk memupuk kebaikan dan amalan untuk bekal di akhirat kelak. Itu karena tidak ada yang bisa menolong diri kita sendiri, selain amal perbuatan baik. Allah SWT telah mempersiapkan surga bagi orang – orang yang selalu berbuat baik. Namun Allah SWT akan memberikan neraka bagi manusia yang lalai dalam kehidupannya di dunia.

Oleh sebab itu, jangan pernah terlena dengan keadaan yang ada di dunia yang fana ini. Itu semua hanyalah bersifat sementara yang akan diambil kapanpun oleh Allah. Sekian penjelasan tentang kematian dari saya. Semoga kita semua selalu dilindungi dari siksa api neraka. Wasalamualaikum. Warahmatullahi wabarakatuh.

Teks Ceramah Singkat tentang Ikhlas

teks ceramah singkat

Ikhlas merupakan suatu amalan yang dilakukan tanpa mengharapkan balasan apapun. Dalam kehidupan sehari-hari secara beragama, kita dituntut untuk belajar ikhlas dalam melakukan sesuatu.

Berikut contoh teks ceramah singkat mengenai ikhlas.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Alhamdulillah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT karena sudah diberikan kesehatan hingga saat ini. Tidak lupa kita ucapkan Sholawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Hadirin sekalian, pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan mengenai rasa ikhlas. Dalam arti yang biasa kita ketahui, ikhlas dapat diartikan sebagaimana kita memberi pertolongan tetapi tidak mengharap imbalan sedikitpun. Tetapi apabila didalam agama, ikhlas berarti segala sesuatu yang dilakukan karena Allah SWT, tanpa ingin dipuji atau terlihat saleh.

Menerapkan rasa ikhlas dapat anda terapkan semata – mata karena Allah SWT. Bila Anda melaksanakan ikhlas di dalam hati Anda. Maka Allah akan memberikan ganjaran berupa pahala kepada Anda kelak. Hal ini sudah ada dalam QS. Al-Bayyinah ayat 5. Memang pada dasarnya ikhlas tidak dapat diukur dengan metode apapun.

Akan tetapi semakin merasa ikhlas kita melakukan sesuatu, maka kita akan mendapat pahala yang semakin besar pula. Ikhlas juga akan menjadi peran yang sangat penting dalam kehidupan. Hal ini karena bila kita melakukan sesuatu secara terpaksa, maka Allah SWT tidak akan mencatat amal tersebut sebagai perilaku ikhlas.

Setelah memahami bagaimana pentingnya rasa ikhlas, mari kita berlatih bagaimana nelakukan sesuatu dengan dilandasi rasa ikhlas. Sekian ceramah saya. Terima kasih. Wassalamualaikum wr wb.

Ceramah Singkat tentang Sholat

teks ceramah singkat

Sebagai seorang muslim, sudah sewajarnya sholat merupakan amalan ibadah sehari-hari. Sholat termasuk dalam rukun islam, dimana merupakan salah satu amalan wajib yang dilakukan umat muslim.

Baca juga:  Kumpulan Doa Sehari-hari Lengkap - Mustajab dan Mudah Dihafal

Berikut contoh teks ceramah singkat mengenai sholat.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Allah SWT akan senantiasa memberikan nikmat serta karunia-Nya kepada umat-Nya. Nikmat tersebut harus selalu Anda syukuri kapan saja dan dimana saja. Pada kesempatan hari ini, izinkan saya untuk menyampaikan sepatah dua patah tentang kematian.

Para jamaah dan hadirin yang disayangi oleh Allah SWT. Pada kesempatan hari ini, saya akan sedikit mengulas tentang shalat. Shalat merupakan bagian terpenting dalam Agama Islam. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa sholat adalah kekuatannya Agama Islam.

Bukan hanya itu, sholat merupakan kewajiban yang harus ditunaikan oleh umat Islam. Dalam sholat sendiri terdapat makna yang lebih dari kewajiban seorang muslim. Bahkan sholat adalah bukti keimanan seseorang kepada Allah SWT. Sehingga dapat dikatakan bahwa dalam membedakan umat Islam yaitu dari sholat yang dikerjakannya.

Sebelum mengakhiri pertemuan kali ini, marilah kita sama-sama berdoa semoga dimasukkan kedalam golongan orang yang tidak melalaikan sholat. Cukup sekian ceramah tentang sholat wajib yang saya sampaikan. Wassalamualaikum Wr. Wb.

Ceramah tentang Kerukunan

Dalam kehidupan sosial masyarakat, kerukunan merupakan faktor penting dalam membina hubungan yang harmonis. Masyarakat yang rukun akan senantiasa saling bahu membahu dalam menciptakan lingkungan masyarakat yang sehat.

Berikut contoh teks ceramah singkat mengenai kerukunan.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.

Alhamdulillah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT karena sudah diberikan kesehatan hingga saat ini. Tidak lupa saya lantunkan sholawat kepada junjungan Nabi Muhammad SAW, karena sudah mengangkat kita semua dari zaman kegelapan hingga ke zaman sekarang.

Setiap manusia sebagai makhluk sosial, selalu membutuhkan bantuan orang lain. Tidak mungkin ada seseorang yang mampu hidup sendirian di lingkungannya. Pastinya akan ada campur tangan orang lain di dalam kehidupannya.

Oleh sebab itu, Anda harus selalu berbuat baik dan tolong menolong antar manusia. Hal ini bertujuan agar dapat terciptanya sifat rukun antar sesama manusia. Kerukunan tersebut dilakukan kepada saudara, teman, dan juga tetangga sekitar rumah. Dengan begitu akan tercipta kerukunan dan tidak mudah terpecah belah hanya karena salah paham.

Cukup sekian ceramah tentang sholat wajib yang saya sampaikan. Mohon maaf bila ada kalimat yang tidak berkenan di hati Anda. Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Ceramah tentang Jodoh

Merupakan sebuah kodrat jika manusia saling berpasang-pasangan. Dalam perihal jodoh, tidak sembarangan orang akan menerima dengan siapa dia akan berjodoh dan akhirnya menikah.

Berikut contoh teks ceramah singkat tentang tema jodoh.

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Allah SWT akan senantiasa memberikan nikmat serta karunia-Nya kepada umat-Nya. Nikmat tersebut harus selalu Anda syukuri kapan saja dan dimana saja. Pada kesempatan hari ini, izinkan saya untuk menyampaikan sepatah dua patah tentang jodoh.

Pada pertemuan hari ini, kita akan membahas tentang jodoh. Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwasanya jodoh itu sudah diatur oleh Allah SWT. Jodoh itu masih menjadi sebuah misteri, bahkan sampai di hari pernikahan pun, kita belum tentu mengetahui apakah orang yang kita nikahi adalah jodoh kita atau orang yang diciptakan untuk kita.

Jodoh bisa diartikan sebagai teman hidup yang mencerminkan diri sendiri. Terdapat tiga hal yang menjadi landasan bahwa orang tersebut layak untuk dijadikan pendamping. Pertama, pilihlah orang yang pemaaf apabila kita berbuat salah, meskipun sangat sulit mendapat pasangan yang baik.

Kedua, pilih orang yang bisa memaklumi dan menerima setiap kekurangan kita. Karena pada dasarnya semua orang tidak ada yang sempurna, karena semuanya saling melengkapi. Ketiga, pilih yang bisa memotivasi kita , karena roda kehidupan terus berputar dan dapat memotivasi kita ke arah yang lebih baik.

Sehingga kesimpulan yang dapat diambil dari tema ini adalah kita harus memilih jodoh yang bisa menuntun kita kearah yang lebih baik dan dapat mendorong kita dalam kebaikan dan beribadah kepada Allah SWT. Sehingga kita dapat menemukan jodoh yang tepat dan berakhlak mulia.
Sekian pembahasan kita pada hari ini. Sekian ceramah hari ini yang bisa saya sampaikan.

Wassalamualaikum wr.wb.


Demikian beberapa 9 contoh teks ceramah singkat yang bisa diaplikasikan ketika hendak berceramah. Semoga bermanfaat!

About Rizka Zakiya 58 Articles
Mahasiswi Departemen Fisika Universitas Diponegoro dengan bidang ilmu Fisika Material

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*