Arti Kata ‘Yuwana’

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata ‘yuwana’ memiliki arti sebagai berikut:

  • yuwana 1: /yu·wa·na 1/ a muda; 2 n anak-anak

Penjelasan Arti ‘Yuwana’ di Kamus Besar Bahasa Indonesia

Istilah “yuwana” berasal dari bahasa Sanskerta yang digunakan untuk menggambarkan masa muda atau keadaan seseorang yang masih muda. Kata ini sering dikaitkan dengan energi, semangat, dan potensi yang besar, yang biasanya dimiliki oleh para remaja atau orang yang berada di usia produktif.

Dalam penggunaan sehari-hari, kata “yuwana” mungkin tidak terlalu populer seperti kata “muda” yang lebih umum digunakan, namun kedua kata tersebut sebenarnya memiliki arti yang serupa.

Ketika membicarakan tentang sifat yuwana atau keadaan menjadi muda, orang sering memikirkan tentang masa-masa di mana seseorang merasakan banyak hal baru, melakukan eksplorasi, dan memiliki banyak mimpi serta aspirasi.

Ini adalah fasa di mana individu sering kali bereksperimen dengan berbagai pilihan untuk masa depan mereka.

Tetapi, yuwana juga memiliki arti kedua, yaitu “anak-anak”.

Dalam konteks ini, kata tersebut digunakan untuk merujuk pada individu yang masih dalam rentang usia anak-anak hingga remaja awal – sebelum mereka memasuki masa pubertas dan remaja.

Kalau diperhatikan, masa yuwana dalam arti ini merujuk pada periode di mana seseorang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, energi yang melimpah, serta ketidakberdosaan khas masa anak-anak.

Secara umum, yuwana dapat digambarkan sebagai masa yang penuh dengan pertumbuhan dan pembelajaran.

Ini adalah waktu bagi seseorang untuk mengenal diri sendiri lebih dalam, menjalin persahabatan, dan menetapkan fondasi untuk mimpi dan tujuan yang akan dikejar di masa depan.

Baik sebagai kata yang menggambarkan keadaan muda atau merujuk pada anak-anak, yuwana melukiskan periode penting dalam kehidupan seseorang yang akan berpengaruh besar terhadap karakter dan jalannya hidup mereka nantinya.

Referensi

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/yuwana