Pluto, sebuah planet yang dinamai oleh seorang bocah

Pluto adalah sebuah planet kerdil. Dulunya ia adalah sebuah planet yang memiliki status yang sama dengan Jupiter, Neptunus, dan Bumi.

Tetapi, pada tahun 2006 ia diturunkan menjadi Planet Kerdil (Dwarf Planet) oleh International Astronomical Union (IAU) kerena tidak memenuhi ciri-ciri sebagai sebuah Planet.

‌Penemuan Pluto

Bermula pada tahun 1846, ketika para astronom menemukan ketidakteraturan orbit planet Uranus. Ketidakteraturan ini besar kemungkinan diakibatkan oleh planet lain di tata surya, yang akhirnya disebut “Planet X”.

Percival Lowell adalah salah satu orang yang mencari planet ini.

Percival Lowell, sang pencari planet Pluto

Pada tahun 1905 sampai akhir hayatnya ia melalukan perhitungan matematis dan pengamatan menggunakan observatoriumnya untuk menemukan planet X tersebut. Pada 1915 ia mengkaji lokasi planet X dalam Memoir di Planet Trans-Neptunian. Sayangnya pada 1916 ia meninggal sebelum ia selesaikan urusan fotografi di daerah yang di targetkan di langit.

Sebelas tahun kematian Percival Lowell, keponakannya yaitu Roger Lowell Putnam menjadi pengawas satu-satunya observatorium Lowell. Abbott Lawrence Lowell, saudara Percoval dan presiden Harvard University memberikan $ 10000 untuk membangun teleskop baru. Untuk ditempatkan teleskop tersebut, ia memperkerjakan seorang pekerja, Clyde Tambough.

Clyde melakukan pencarian di lokasi yang telah diprediksi oleh Percival Lowell dan menemukan planet X (yang kemudian dinamakan Pluto) berdasarkan hasil foto 23 dan 29 Januari 1930. Hal ini selanjutnya dikirim ke Harvard Collage Observatory.

Clyde Tombaugh

‌Pemberian Nama

Berita penemuan Planet ini menjadi berita utama di seluruh dunia. Pihak observatorium Lowell memiliki hak untuk menamainya dan menerima 1000 nama dari seluruh dunia.

Pihak observarorium akhirnya memilih adalah nama yang diberikan oleh seorang anak kecil.

‌Venetia Burney

Venetia Burney adalah bocah tersebut.

Pada tanggal 14 Maret 1930, Venetia yang saat itu berdiri 11 tahun sedang serapan dengan ibu dan kakeknya. Ia berasal dari Oxford, Inggris.

Kakeknya membacakan sebuah berita penemuan planet baru dan bertanya apa nama panggilannya. Kemudian Venetia mengatakan “Mimpi Tidak Menyukai Pluto?”. Venetia mungkin berkata demikian karena ia suka membaca tentang mitologi Yunani dan Romawi.

Kakeknya (Falconer Madan) adalah seorang pustakawan yang memiliki banyak teman sebagai astronom. Kemudian kakeknya mengusulkan nama itu untuk astronom Herbert Hall Turner yang kemudia referensi ke astronom di observatorium Lowell.

Ada sumbangan 1000 nama dari seluruh dunia. Pada 24 Maret 1930, setiap anggota observatorium Lowell membagikan hak untuk memilih diantara 3 nama yaitu Cromus, Minerva, dan Pluto.

“Pluto” hasil keuntungan karena didorong oleh rendahnya observasi, Percival Lowell dan diumumkan kepublik pada 1 Mei 1930. Setelah diumumkan, Madan (kakeknya) menghadiahi Venetia sebesar £ 5 (sekitar $ 450 pada 2016) .

Referensi: