Cara Menurunkan Darah Tinggi dengan Makanan Berikut Ini

Cara menurunkan darah tinggi bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan menggunakan makanan-makanan tertentu seperti yang dibahas di dalam artikel ini.

Orang sehat normal pada umumnya memiliki tekanan darah antara 100/60 – 140/90 mmHg. Sedangkan orang yang memiliki tekanan darah tinggi, berada lebih dari 140/90 mmHg. Untuk mengetahuinya, kamu perlu sesekali mengechek tensi darahmu.

Hal ini untuk melakukan pencegahan lebih cepat jika kamu bisa mengetahuinya jauh sebelum penyakit menyerangmu.

Cara menurunkan tekanan darah tinggi ada baiknya jika kamu mengetahui beberapa makanan yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Pisang

Buah yang mudah kamu temui ini ternyata bisa menurunkan darah tinggi loh. Kandungan kalium yang tinggi dalam pisang dapat menyeimbangkan kadar natrium yang tinggi dalam tubuh.

Alhasil, Pisang mampu menurunkan tekanan darah tinggimu.

Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam sangat baik untuk menurunkan darah tinggi dan mengontrol tekanan darah. Sayur-sayuran hijau ini mengandung kalium dan kalsium tinggi. Disarankan untuk tidak memasak sayuran terlalu matang, sehingga justru nutrisinya hilang.

Selain itu, lebih baik jika kamu menghindari sayuran dalam kaleng, karena biasanya sayuran tersebut sudah dicampur natrium yang bisa memberi efek negatif pada hipertensi.

Yoghurt

Kekurangan kalsium menjadi salah satu penyebab tekanan darah tinggi. Dan ini bisa kamu atasi dengan meminum yoghurt. Selain itu yoghurt juga mengandung sedikit natrium.

Kandungan Probiotik dalam yoghurt juga berperan penting dalam menurunkan darah tinggi.

Susu Skim

Susu skim adalah susu yang rendah lemak. Kandungan kalsium yang tinggi pada susu kalsium bisa berkhasiat menurunkan darah tinggi.

Baca juga:  Menilik Cara Kerja Teleskop Antariksa Hubble

Kentang

Kentang mengandung tinggi kalium dan magnesium. Kandungan tersebut mampu menurunkan darah tinggi. Hanya saja jangan memasak kentang dengan menambahkan garam.

Penambahan garam ini justru bisa beresiko meningkatkan tekanan darah tinggi. Oleh sebab itu perlu diperhatikan apakah ketang yang ingin dikonsumsi sudah dimasak dengan benar tanpa garam atau tidak.

Oatmeal

Sarapan menggunakan oatmeal adalah satu pilihan yang baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini karena oatmeal mengandung serart tinggi, natrium rendah, dan lemak rendah.

Ikan

Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu Ikan juga memiliki kandungan vitamin D tinggi yang juga berkhasiat sama.

Sekali lagi perlu diperhatikan terkait cara masaknya, apakah diberi tambahan garam atau tidak. Karena penambahan garam justru dapat menyebabkan tekanan darah naik.

Coklat

Coklat yang kaya flavonoid layak untuk dikonsumsi seoarang penderita hipertensi. Hal ini karena flavonid berkaitan dengan pembutan oksida nitrat yang bisa melebarkan pembuluh darah.

Eits . . . Perlu diperhatikan juga bahwa coklat yang dikonsumsi diharapkan yang memang coklat mengandung banyak kakao. Bukan coklat yang diberi banyak tambahan gula.

Jeruk

Kandungan vitamin yang tinggi dalam jeruk mampu bergunan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu jeruk juga mengandung kalium tinggi yang tidak hanya bermanfaat mengontrol tekanan darah tapi juga bisa untuk menurunkan berat badan.

Itulah makanan-makanan yang bisa menjadi cara menurunkan darah tinggi. Pada beberapa makanan perlu diperhatikan karena cara masak yang salah justru bisa menyebabkan sebaliknya.

Penderita hipertensi juga perlu menghindari makanan atau minuman yang mengandung banyak garam, gula, lemak, ataupun minuman beralkohol.

Referensi:

Klik untuk membaca artikel lainnya:

Klik untuk membaca artikel lainnya:

About Muhammad Iir 28 Articles
Mahasiswa Fisika Universitas Diponegoro. Tertarik dengan segala hal baru di dunia ilmu pengetahuan.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*