17+ Manfaat Buah Alpukat Lengkap

Manfaat buah alpukat ada banyak sekali, mulai dari untuk kesehatan dan juga kecantikan.

Buah alpukat (Persea americana) merupakan salah satu buah pekarangan yang banyak tumbuh di daerah tropis. Alpokat memiliki tekstur buah yang lembut berwarna hijau muda dengan biji coklat didalamnya.

Nutrisi Buah Alpokat

Berdasarkan data dari USDA National Nutrient Database, alpokat mengandung berbagai mineral yaitu kalsium, zat besi, magnesium, potassium, copper, magan, fosfor, dan zinc. Alpukat juga mengandung berbagai vitamin seperti vitamin A, K, C, E, B6, thiamin, riboflavin dan niacin serta vitamin B1, B2, dan B3 pada sebagian alpokat.

manfaat buah alpukat

Alpukat memiliki kandungan potassium tinggi yang dapat membantu mengontrol tekanan darah. Alpukat sangat baik sebagai sumber energi, dalam 100 gram alpukat terdapat 160 kalori energi sehingga alpukat dapat membantu program diet. Konsumsi buah alpukat dalam sekali sajian telah mencukupi 40 % kebutuhan nutrisi sehingga alpukat dapat membantu memenuhi asupan nutrisi tubuh dan mampu membantu mencegah nafsu makan yang berlebih.

informasi gizi manfaat buah alpukat

Alpukat memiliki bentuk buah yang kecil, namun kaya akan manfaat baik bagi kesehatan dan kecantikan. Berikut manfaat buah alpukat secara lengkap

Manfaat Buah Alpukat

Berikut ini adalah beberapa manfaat buah alpukat yang sudah terbukti:

Menjaga Tekanan Darah dan Kesehatan Jantung

Alpukat mengandung vitamin B6 dan asam folat, yang membantu mengatur kadar homocysteine. Tingkat homocysteine tinggi dikaitkan dengan peningkatan resiko penyakit jantung. Selain itu, buah alpukat juga mengandung vitamin E, Glutathione dan lemak tak jenuh tunggal yang bermanfaat membantu mengurangi kadar kolesterol dan tekanan dasarh sehingga menjaga kesehatan jantung.

Alpukat Mengatur Kadar Gula Darah

Lemak baik tak jenuh tunggal dalam alpukat dapat membalikkan resistensi insulin yang membantu mengatur kadar gula darah. Alpukat juga mengandung lebih banyak serat larut, yang menjaga kadar gula darah stabil.

Alpukat Mengurangi Resiko Stroke

Tingginya tingkat folat dalam alpukat juga melindungi terhadap stroke. Orang dengan diet kaya folat memiliki risiko lebih rendah terkena stroke daripada mereka yang tidak.

Alpukat Menurunkan Kolesterol

Alpukat kaya akan senyawa yang disebut beta-sitosterol yang telah terbukti efektif dalam menurunkan kadar kolesterol darah. Menurut sebuah penelitian, pasien dengan hiperkolesterolemia ringan yang termasuk alpukat dalam diet mereka selama 7 hari memiliki 17 persen penurunan kadar kolesterol darah total, 22 persen penurunan di kedua LDL (kolesterol buruk) dan trigliserida, dan peningkatan 11 persen dalam tingkat HDL (kolesterol baik).

Baca juga:  Buat Apa Belajar Matematika? Beli Siomay Ngga Pakai Logaritma Kan?

Alpukat Sebagai Anti-Inflammatory (Mencegah Peradangan)

Senyawa Phytonutrient yang ditemukan dalam alpukat, seperti polyphenols dan flavonoids telah ditemukan memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga mengurangi risiko gangguan inflmasi atau peradangan dan degeneratif.

Meningkatkan Kesehatan Mata

Alpukat merupakan sumber yang sangat baik dari carotenoid lutein, yang dikenal untuk membantu melindungi terhadap usia terkait macular degeneration dan katarak.

Mencegah Cacat Lahir

Alpukat kaya akan folat, vitamin B dikenal sebagai folic acid. Satu cangkir alpukat menyediakan sekitar 23% dari Nilai Harian untuk folat. Tingginya jumlah folat dalam alpukat sangat penting dalam pencegahan cacat lahir, seperti kerusakan saraf dan spina bifida.

Melindungi terhadap Kanker

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa alpukat dapat menghambat pertumbuhan kanker prostat. Asam oleat dalam alpukat juga efektif dalam mencegah kanker payudara.

Melawan Radikal Bebas

Alpukat mengandung glutation, sebuah antioksidan kuat untuk membantu melawan radikal bebas dalam tubuh.

Sebagai Anti-Sifat Penuaan

Kaya akan antioksidan, alpukat sangat bermanfaat dalam mencegah gejala penuaan. Glutathione dalam alpukat mungkin meningkatkan sistem kekebalan tubuh,

Alpukat Mengobati Bau Mulut

Alpukat merupakan salah satu pencuci mulut alami terbaik dan obat bau mulut. Alpukat membersihkan usus yang merupakan penyebab sebenarnya dari bau mulut dan ini kondisi yang tidak menyenangkan.

Meningkatkan Penyerapan Nutrisi

Asupan Alpukat dikaitkan dengan meningkatnya penyerapan gizi. Sebuah studi menunjukkan bahwa, ketika peserta makan salad termasuk alpukat, makanan tersebut menyerap lima kali jumlah carotenoids (kelompok nutrisi yang mencakup beta carotene dan lycopene) daripada mereka yang tidak memakan alpukat.

Perawatan Kulit

Serat alpukat ditambahkan dalam banyak kosmetik karena kemampuannya untuk memelihara kulit dan membuat kulit Anda bersinar. Hal ini juga membantu dalam mengobati psoriasis, suatu penyakit kulit yang menyebabkan kulit kemerahan dan iritasi.

Menambah Berat Badan

Alpokat memiliki 200 kalori setiap 100 gram. Biasanya, buah-buahan memiliki sekitar 60-80 kalori untuk 100 gram. Karena jumlah tinggi kalori, alpokat adalah diet terbaik bagi orang-orang yang ingin menambah berat badan. Alpokat merupakan sumber kalori yang sehat, tidak seperti banyak makanan padat kalori lainnya yang mungkin mengandung lemak jenuh dan gula berlebih.

Menjaga Kesehatan Rambut

Manfaat buah alpokat yang satu ini jarang diketahui banyak orang. Padahal, alpokat berguna untuk memperkuat rambut Anda. Bagaimana cara penggunaanya? Campurkan alpokat yang sudah dikupas dengan jojoba oil.

Kemudian, oleskan ke rambut yang baru dicuci secara merata ke seluruh bagian rambut. Tutup kepala Anda dengan shower cap selama 15-30 menit untuk mendapatkan manfaat alpokat dengan maksimal. Setelah itu bilaslah hingga bersih.

Baca juga:  Setelah Makan Buah Ajaib Ini, Semua Makananmu Jadi Ada Manis-manisnya

Mencegah Kanker

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa manfaat buah alpokat dipercaya dapat membantu mencegah kanker. Manfaat alpokat di sini bekerja dengan mengurangi efek samping kemoterapi pada limfosit. Bahkan, penelitian lain mengatakan, ekstrak alpokat terbukti menghambat pertumbuhan sel kanker prostat.

Namun, perlu diingat bahwa studi ini dilakukan dalam sel terisolasi dan tidak serta merta membuktikan apa yang mungkin terjadi pada manusia.

Meringankan Gejala Arthritis

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa gabungan ekstrak alpokat dan minyak kedelai yang disebut Avocado Soybean Unsaponifiables (ASU) dapat mengurangi osteoartritis. Campuran kedua bahan tersebut diklaim mampu mengurangi rasa sakit dan secara umum berdampak positif pada mereka yang mengalami osteoarthritis. Pada akhirnya, manfaat buah alpokat untuk pengobatan adalah kemampuannya mengatasi arthritis hingga kekakuan tulang.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang menjalankan program penurunan berat badan, salah satu asupan yang baik Anda konsumsi adalah buah alpokat. Manfaat buah alpokat yang bisa didapatkan adalah membuat rasa kenyang lebih lama.

Memasukkan alpokat dalam pola diet dapat membantu Anda untuk makan lebih sedikit kalori secara alami dan memudahkan Anda untuk tetap berpegang pada kebiasaan makan yang sehat.

Selain itu, alpokat juga memiliki kandungan serat yang tinggi dengan kandungan karbohidrat yang rendah, di mana hal ini adalah sesuatu yang baik bagi Anda yang sedang melakukan penurunan berat badan.

Meningkatan Fungsi Kognitif

Menurut sebuah penelitian, manfaat buah alpokat berguna untuk meningkatkan fungsi kognitif pada mereka yang sudah lanjut usia. Konsumsi alpokat akan meningkatkan kadar lutein pada tubuh. Meningkatnya kadar lutein berefek pada meningkatnya kemampuan memori seseorang.

Membantu Perkembangan Otak Janin

Manfaat buah alpokat sangat berguna bagi perkembangan otak janin karena kandungan lemak tak jenuh tunggal dan lemah jenuh nabati di dalamnya. Kandugan asam folat pada alpokat adalah salah nutrisi penting selama kehamilan.

Asam folat berfungsi untuk mengatur dan memproduksi jalinan sel baru. Selain itu, asam folat juga dipercaya menurunkan risiko cacat lahir. Ibu hamil membutuhkan setidaknya  400 mikrogram asam folat tiap harinya. Satu buah alpokat menyediakan sekitar 45 mikrogram asam folat. Guna mendukung perkembangan otak dan saraf tulang belakangnya, konsumsi alpokat bisa dilakukan sejak trimester kehamilan pertama.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Selain kemampuannya menjaga kesehatan mata karena kandungan antioksidannya, manfaat buah alpokat lainnya adalah menjaga keseimbangan bakteri di dalam usus, dengan meningkatkan bakteri sehat sekaligus mengurangi bakteri tidak sehat.

Selain itu, lemak pada alpokat juga dipercaya menyehatkan lapisan usus, sehingga mengurangi kemungkinan sembelit dan gejala sindrom iritasi usus besar.


Referensi: 12 Proven Health Benefit of Avoado

Klik untuk membaca artikel lainnya:

Klik untuk membaca artikel lainnya:

About Rizka Zakiya 22 Articles
Mahasiswi Departemen Fisika Universitas Diponegoro dengan bidang ilmu Fisika Material

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*