A password will be e-mailed to you.

    Siapa yang tidak tau pisang? Buah berwarna kuning yang mengandung vitamin B ini, banyak dijadikan buah favorit masyarakat Indonesia.

    Selain rasanya yang manis buah pisang kaya akan manfaat yang terkandung di dalamnya.

    Namun, tahukah kamu?

    Banyak pedagang nakal yang menggunakan siasat pengkarbitan untuk keuntungan diri sendiri, tanpa memperdulikan kesehatan konsumen.

    Karbit atau Kalsium Karbida CaC2

    Senyawa murni kalsium karbida (tidak bercampur dengan senyawa lain) tidak berwarna, tapi kalsium karbida yang biasanya digunakan dalam kehidupan sehari-hari sudah berwarna abu-abu atau coklat.

    Senyawa ini biasa dimanfaatkan sebagai pemercepat pematangan buah.

    Hasil gambar untuk kalsium karbida

    Cara kerja karbit

    Saat dicampurkan dengan air, karbit akan menghasilkan gas esetilin, yang memiliki struktur kimia mirip dengan etilen alami, yang mengakibatkan proses pematangan pada kulit buah.

    Karbit menekan zat klorofil di dalam buah, sehingga warna hijau pada buah mentah akan berkurang dan membuat warna matang buah akan muncul.

    Walau sudah berubah warna, namun buah yang dikarbit tidak bisa disebut matang. Sebab penggunaan karbit tidak dapat memproses zat gula dalam daging buah saat proses penekanan zat klorofil itu tadi.

    Proses tidak seimbang terjadi, dimana zat klorofil sudah habis tergantikan oleh warna matang buah akibat senyawa karbit, namun zat gula tetap tidak terbentuk.

    Jadi, buah yang dikarbit hanya berubah warna matang nya karena buah tersebut dipaksa matang sebelum waktu nya bukan?

    Selain itu buah yang dikarbit juga memiliki dampak negatif seperti nutrisi yang ada dalam pisang akan hilang, karsinogen, menyebabkan iritasi kulit, pengganggu kesuburan, gangguan kesehatan bahkan kehilangan kesadaran bagi anak anak berumur sekitar bayi-5 tahunan yang masih memiliki sistem imun yang lemah.

    Tips membedakan buah karbitan

    Maka, saya akan bagikan tips membedakan buah pisang yang dikarbit dengan buah pisang yang matang sempurna, ini dia:

    1. Dari tekstur buah
      Buah karbitan emiliki tekstur seperti buah yang belum matang. Zat gula yang terbentuk sempurna dalam buah yang matang sempurna biasanya membuat daging buah lebih lunak, tidak seperti daging buah mentah.
    2. Dari aroma buah
      Buah pisang yang dikarbit tidak memiliki aroma/hanya sedikit aroma, sebab zat gula dalam buah pisang belum terbentuk sempurna,berbeda dengan yang matang alami akan memiliki aroma yang kuat.
    3. Dari penampilan buah
      Buah pisang yang matang alami akan berwarna lebih cerah daripada hasil karbitan yang memiliki warna pucat.
    4. Dari rasa buah
      Bila buah pisang yang matang sempurna secara alami akan terasa lebih segar lebih manis dan tidak sepat, makan buah berkarbit akan cenderung berasa hambar dan tidak manis.
    Baca juga:  Apakah Mimpi Bisa Dikendalikan?

    Itulah 4 tips cara membedakan buah pisang yang berkarbit dengan buah pisang yang matang alami.

    Semoga artikel yang saya tulis bisa bermanfaat bagi teman teman sekalian.


    Tulisan ini adalah kiriman dari penulis. Kamu juga bisa berkontribusi melalui tulisan di Saintif Community.

    No more articles