20+ Manfaat dan Kandungan Buah Plum bagi Kesehatan

manfaat buah plum
ilustrasi oleh dribbble.com

Manfaat buah plum adalah menjaga kesehatan jantung, mengandung antioksidan tinggi, menyehatkan pencernaan, menurunkan kolesterol, mencegah anemia dan selengkapnya dalam artikel ini.

Buah plum adalah jenis tanaman yang berasal dari family Rosaceae sama seperti buah persik, aprikot dan nektarin. Nah, buah ini pada umumnya tumbuh di negara barat seperti Amerika Serikat dan Eropa sehingga mungkin kalian belum familiar.

Buah plum berbentuk mirip buah apel dan memiliki banyak manfaat karena mengandung vitamin A, C, K, E, kalium folat, serat dan mineral sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Buah plum tidak hanya menyehatkan saja, akan tetapi bisa menjaga kulit wajah tetap cantik. Nah apa saja manfaat buah plum bagi kesehatan? Simak penjelasan berikut.

1. Menyehatkan pencernaan

manfaat buah plum

Buah plum paling dikenal untuk mencegah sembelit karena kandungan serat buah plum mampu memadatkan fases untuk melancarkan proses pembuangannya sehingga bisa mengurangi resiko penyakit kanker usus besar dan wasir.

2. Menurunkan kolesterol

Serat buah plum menghasilkan asam propionat yang berguna untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Asam propionat membantu menurunkan kolesterol darah dengan mengikat asam empedu dan mengeluarkannya dari tubuh melalui kotoran.

3. Mencegah anemia

Buah plum bermanfaat untuk mencegah penyakit anemia karena diketahui bahwa buah plum mengandung zat besi dan mencegah tubuh kekurangan zar besi.

Zat besi ini berguna untuk memproduksi sel darah merah. Setiap 250 gram buah plum mengandung 0,81 mg zat bes yang menyediakan 4,5 persen kebutuhan harian tubuh.

Baca juga:  20 Contoh Surat Izin Sakit yang benar untuk Tidak Masuk Sekolah, Kuliah, Kerja

4. Mengobati osteoporosis

Buah plum kering mengandung mineral boron yang berguna untuk memperkuat struktur tulang dan otot.

Selain itu, Boron juga dapat membantu meningkatkan ketajaman mental dan koordinasi otot. Buah ini juga dipercaya sebagai pengobatan osteoporosisi bagi wanita pascamenopause.

5. Menurunkan gula darah

Buah plum tergolong sebagai makanan yang memiliki indeks glikemik rendah dimana makanan-makanan ini membantu tubuh dalam mengendalikan kadar gula darah dan menurukan resiko terkena penyakit diabetes.

6. Mengandung antioksidan tinggi

Buah plum mengandung fenol yang merupakan salah satu jenis antioksidan yang ampuh untuk menetralisir radikal bebas berbahaya seperti radikal anion superoksida.

Fenol juga terbukti membantu mencegah kerusakan oksigen dalam lemak.

7. Menjaga kesehatan jantung

Buah plum kaya akan kandungan kalium yang berpotensi memilihara irama jantung, impuls saraf dan menjaga tekanan darah sehingga menyehatkan jantung.

Tubuh manusia tidak secara alami memproduksi kalium sehingga dianjurkan mengonsumsi buah plum secara rutin untuk memenuhi mineral ini dalam tubuh.

8. Menurunkan risiko penyakit paru obstruktif kronis (PPOK)

Mengonsumsi makanan yang mengandung polifenol (antioksidan) seperti buah plum bisa mengurangi resiko terkena penyakit PPOK.

Plum mengandung antioksidan tinggi sehingga akan membantu mengurangi kemungkinan emfisema, PPOK, dan kanker paru-paru

9. Menurunkan risiko kanker usus besar

Plum bermanfaat untuk menurunkan resiko terkena kanker usus besar karena kandungan antioksidannya yang tinggi.

Berdasarkan penelitian dari Texas A&M University dan University of North Carolina mengonsumsi buah plum kering akan meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus besar sehingga bisa mengurangi risiko kanker usus besar.

10. Meningkatkan ketajaman otak

Antioksidan dalam buah plum berpotensi untuk mencegah pikun karena memiliki kemampuan dalam menetralisir radikal bebas yang dapat merusak otak.

Untuk merasakan manfaatnya, kalian bisa mengonsumsi buah ini secara rutin yaitu 3-4 buah setiap hari.

11. Menurunkan berat badan

Buah ini akan membantu kalian dalam menurunkan berat badan karena mengandung serat yang berguna untuk mengatur pelepasan kadar gula darah sehingga perut tetap kenyang lebih lama.

Baca juga:  Kata Sapaan Adalah: Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis + Contohnya [LENGKAP]

12. Mengurangi Obesitas

Mengonsumsi buah plum bisa membantuk melawan sindrom metabolik atau obesitas. Senyawa flavonoid pada buah plum memberikan efek pencegahan terhadap obesitas dan anti inflamasi pada sel lemak.

13. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam buah plum sangat tinggi sehingga berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menangkal resistensi penyakit tertentu.

14. Menghilangkan Kecemasan

Mengonsumsi buah ini secara rutin bisa meredakan kecemasan. Kandungan anxiolytic dari antioksidan membantu menghilangkan kecemasan yang disebabkan oleh stress oksidatif.

15. Meringankan gejala influenza

Kandungan lektin dalam buah plum bisa meringankan gejala dan mengobati infeksi dari virus influenza A.

16. Menjaga Kesehatan Mata

Buah plum juga mengandung vitamin A yang lumayan tinggi sekitar 5 persen sehingga akan sangat bermanfaat bagi kesehatan mata.

17. Untuk perawatan kulit

manfaat buah plum

Buah plum kaya akan vitamin C dan E yang berguna untuk menjaga kesehatan kulit. Manfaat untuk wajah, buah ini bisa mengurangi kerutan dan bintik hitam pada wajah.

Perawatan kulit menggunakan buah ini harus dibarengi dengan cleanser dan produk perawatan wajah sehingga perawatan bisa lebih maksimal.

18. Menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh

Keseimbangan elektrolit dalam tubuh perlu dipertahankan agar keseimbangan beberapa zat yang ada dalam tubuh tetap ada seperti kandungan potassium dalam buah plum.

Dengan mengonsumsi buah plum, keseimbangan elektrolit tubuh bisa terjaga.

19. Berguna untuk ibu hamil

Buah plum bermanfaat untuk ibu hamil karena selain menyehatkan, buah ini mengandung mineral dan vitamin yang baik untuk perkembangan tulang dan jaringan, pengelihatan mata dan mencegah sembelit juga pada ibu hamil.

20. Mencegah Pembekuan darah

Senyawa betakaroten, lutein-zeaxanthin serta vitamin K dalam buah plum membantu sistem peredaran darah untuk mencegah pembekuan darah dan melancarkan peredaran darah.

Demikian penjelasan mengenai manfaat dan kandungan buah plum bagi kesehatan. Semoga bermanfaat!

Lulusan Departemen Fisika Universitas Diponegoro. Senang belajar dan meneliti.

Be the first to comment

Leave a Reply