Kenapa orang jadi mudah gendut saat bertambah tua?

Jika kamu perhatikan sekitar, banyak orang yang bertambah gendut seiring dengan bertambahnya usia mereka.

Penelitian baru di Karolinska Institutet Swedia yang telah dipublikasikan dalam jurnal Nature Medicine mengungkap penjelasan dari fenomena ini.

Pergantian lipid dalam jaringan lemak berkurang selama penuaan dan membuatnya lebih mudah untuk menambah berat badan, bahkan jika kita tidak makan lebih banyak atau berolahraga lebih sedikit dari sebelumnya.

Proses Penelitian

Para ilmuwan mempelajari sel-sel lemak pada 54 pria dan wanita selama periode rata-rata 13 tahun.

Pada saat itu, semua subjek, terlepas dari apakah mereka bertambah atau kehilangan berat badan, menunjukkan penurunan pergantian lipid dalam jaringan lemak, yaitu tingkat di mana lipid (atau lemak) dalam sel lemak dihilangkan dan disimpan.

Mereka yang tidak mengimbangi itu dengan makan lebih sedikit kalori menambah berat badan dengan rata-rata 20 persen.

Para peneliti juga memeriksa perubahan lemak pada 41 wanita yang menjalani operasi bariatrik dan bagaimana tingkat pergantian lipid mempengaruhi kemampuan mereka untuk menjaga berat badan empat hingga tujuh tahun setelah operasi.

Hasilnya menunjukkan bahwa hanya mereka yang memiliki tingkat rendah sebelum operasi yang berhasil meningkatkan pergantian lipid dan mempertahankan penurunan berat badan.

Para peneliti percaya orang-orang ini mungkin memiliki lebih banyak ruang untuk meningkatkan pergantian lipid daripada mereka yang sudah memiliki pra-operasi tingkat tinggi.

“Hasilnya menunjukkan untuk pertama kalinya bahwa proses dalam jaringan lemak kami mengatur perubahan berat badan selama penuaan dengan cara yang tidak tergantung pada faktor-faktor lain,” kata Peter Arner, profesor di Departemen Kedokteran di Huddinge di Karolinska Institutet dan salah satu dari penulis utama studi ini. “Ini bisa membuka cara baru untuk mengobati obesitas.”

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa salah satu cara untuk mempercepat pergantian lemak di jaringan lemak adalah dengan berolahraga lebih banyak.

Baca juga:  Kenapa penguin tidak bisa terbang, padahal kan dia burung?

Penelitian baru ini mendukung gagasan itu dan lebih jauh menunjukkan bahwa hasil jangka panjang dari operasi penurunan berat badan akan membaik jika dikombinasikan dengan peningkatan aktivitas fisik.

“Obesitas dan penyakit terkait obesitas telah menjadi masalah global,” kata Kirsty Spalding, peneliti senior di Departemen Sel dan Biologi Molekuler di Karolinska Institutet dan salah satu penulis utama studi ini.

“Memahami dinamika lipid dan apa yang mengatur ukuran massa lemak pada manusia tidak pernah lebih relevan.”

Referensi: Why People Gain Weight as They Get Older

Klik untuk membaca artikel lainnya:

Klik untuk membaca artikel lainnya:

About Fajrul 93 Articles
Menyelesaikan studi di Departemen Fisika Universitas Diponegoro. Aktif menulis berbagai topik sains populer.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*