Fungsi Usus Besar untuk Pencernaan di Dalam Tubuh

ilustrasi oleh dribbble.com

Fungsi usus besar adalah menyerap air, menyerap vitamin, mengurangi keasaman dan melindungi tubuh dari infeksi, memproduksi anti bodi dan selengkapnya dalam artikel ini.

Usus besar atau kolon adalah organ dalam sistem pencernaan tubuh yang merupakan lanjutkan dari usus halus. Usus besar berperan dalam menjalankan proses akhir sistem pencernaan tubuh yang mana memiliki fungsi utama dalam melakukan penyerapan makanan sampai membuangnya keluar tubuh.

Usus besar memiliki panjang sekitar 1,5-2 meter apabila direntangkan loh. Cukup panjang juga yaa. Nah, selain itu struktur dinding usus besar memiliki struktur yang sama dengan usus halus yang tersusun atas lapisan serosa, otot, submokusa dan mukosa.

Adapun empat bagian usus besar yang terdiri dari kolon asenden, kolon transversum, kolon desenden dan kolon sigmoid. Bagian-bagian ini memiliki fungsi berbeda dan saling terhubung sampai ke rectum.

fungsi usus besar

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, fungsi utama usus besar adalah melakukan penyerapan makanan. Selain itu ada fungsi lain dari usus besar yang memiliki peran penting juga dalam sistem pencernaan tubuh. Apa saja fungsinya, simak penjelasan berikut.

Fungsi Usus Besar Dalam Sistem Pencernaan

1. Menyerap Air

Usus besar memiliki fungsi melakuakan penyerapan air dalam sistem pencernaan. Sebagian besar proses pencernaan makanan dan penyerapan nutrisi memang sudah selesai melalui usus halus.

Usus besar membantu menyempurnakan proses penyerapan kadar air makanan yang dikonsumsi sehingga terbentuk sisa-sisa pencernaan makanan dalam bentuk fases yang padat siap untuk dikeluarkan melalui anus.

2. Menyerap Vitamin

Fungsi usus besar menyerap vitamin yang dibantu oleh bakteri-bakteri yang hidup di dalam usus besar. Terdapat sekitar 700 spesies bakteri yang hidup didalam kolon dan menjaga kesehatan tubuh kita.

Nah, bakteri yang ada pada usus besar berperan penting dalam menghasilkan vitamin K dan biotin pada tubuh.

Saat tubuh kekurangan vitamin dari makanan, secara natural bakter-bakteri ini akan memproduksi vitamin dan sangat membantu menjaga kesehatan tubuh. Oh ya salah satu efek yang disebabkan oleh bakteri dalam usus besar yaitu menyebabakan buang angin (kentut).

3. Mengurangi keasaman dan melindungi tubuh dari infeksi

Fungsi kolon berperan penting dalam mengurangi kandungan keasaman dan melindungi tubuh dari infeksi. Permukaan usus besar memiliki mukosa yang mampu mengeluarkan zat bikabornat yang berfungsi untuk menetralisir zat asam yang dihasilkan dari asam lemak di usus kecil

Selain itu, Lapisan mukosa yang terdapat di usus besar juga melindungi tubuh dari serangan infeksi mikroba yang dapat menganggu proses pencernaan.

4. Memproduksi antibodi

Terakhir, fungsi kolon ialah memproduksi antibodi yang dapat menciptakan sistem kekebalan tubuh.

Produksi antibodi dibantu oleh jaringan limfoid yang ada pada usus besar dan juga menjaga jumlah bakteri baik agar tetap normal.

Antibodi dalam usus besar juga berperan dalam melawan infeksi bakteri tidak baik dan mencegah terjadinya infeksi.

Demikian penjelasan mengenai fungsi kolon dalam sistem pencernaan tubuh. Semoga Bermanfaat!