Arti Kata ‘Tutor’

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata ‘tutor’ memiliki arti sebagai berikut:

  • tutor: /tu·tor/ n 1 orang yg memberi pelajaran (membimbing) kpd seseorang atau sejumlah kecil siswa (di rumah, bukan di sekolah); 2 dosen yg membimbing sejumlah mahasiswa dl pelajarannya

Penjelasan Arti ‘Tutor’ di Kamus Besar Bahasa Indonesia

Tutor adalah seseorang yang memiliki peran penting dalam dunia pendidikan. Ia bertugas memberikan bimbingan dan pelajaran kepada orang lain, bisa jadi hanya ke satu orang atau ke sebuah kelompok kecil.

Biasanya, tutor ini mengajari di luar lingkungan sekolah formal, mungkin seperti di rumah atau lembaga bimbingan belajar.

Bayangkan seperti ini, jika ada siswa yang merasa kesulitan untuk mengerti pelajaran tertentu di sekolah, ia bisa minta bantuan tutor.

Tutor akan membantu siswa tersebut memahami materi dengan cara yang lebih personal. Karena hanya mengajar beberapa orang, tutor bisa memberikan perhatian lebih dan menjelaskan secara detail sampai siswanya paham benar.

Selain di tingkat sekolah, istilah tutor juga digunakan di perguruan tinggi.

Di sini, yang dimaksud dengan tutor bisa jadi seorang dosen yang memiliki tanggung jawab khusus. Dosen sebagai tutor biasanya mengarahkan mahasiswa dalam hal pelajaran, riset, atau tugas-tugas tertentu.

Dosen lebih mudah melihat perkembangan mahasiswa secara individu dan membantu mereka untuk mencapai tujuan akademisnya.

Intinya, tutor berperan penting untuk menjelaskan materi pembelajaran secara lebih dalam dan membantu pemahaman lebih lanjut, yang mungkin tidak didapatkan di kelas biasa karena jumlah siswa yang banyak dan waktu yang terbatas.

Tutor baik yang di rumah maupun yang di kampus membantu membuat proses belajar menjadi lebih menarik dan efektif bagi setiap siswa atau mahasiswa yang mereka bimbing..

Referensi

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/tutor