Arti Kata ‘Konyol’

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata ‘konyol’ memiliki arti sebagai berikut:

  • konyol: /ko·nyol/ a cak 1 tidak sopan; kurang ajar; 2 agak gila; kurang akal; 3 tidak berguna; sia-sia;
  • kekonyolan: /ke·ko·nyol·an/ n perihal konyol; kekurangajaran

Penjelasan Arti ‘Konyol’ di Kamus Besar Bahasa Indonesia

Kata ‘konyol’ biasanya digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang membuat orang tertawa karena terlihat atau terdengar sangat aneh, tidak lazim, atau dapat dikatakan sedikit bodoh.

Misalnya, saat seseorang berbuat atau berkata sesuatu yang sangat lucu dan tak terduga, sehingga membuat orang lain tidak bisa menahan tawa, itu dapat disebut sebagai tindakan yang konyol.

Penggunaan kata ini sering dikaitkan dengan kurangnya kesopanan atau perilaku yang tidak sesuai dengan norma yang berlaku.

Misalnya, jika ada seseorang yang bersikap sangat tidak sopan atau bertingkah laku yang terkesan kurang ajar di depan umum, orang bisa menyatakan bahwa itu adalah perilaku konyol.

Selain itu, ‘konyol’ bisa pula mengarah pada seseorang yang terkesan tidak berpikir dengan akal sehat atau seakan-akan kehilangan akal.

Ini tidak selalu berarti orang tersebut gila, tetapi ia mungkin bertindak dengan cara yang sangat tidak masuk akal atau irasional sehingga terkesan ‘gila’ dari sudut pandang orang lain.

Pemahaman lain dari kata ‘konyol’ adalah sesuatu yang tidak memiliki nilai atau manfaat, sesuatu yang percuma dan tidak layak untuk dikejar atau diusahakan.

Contohnya, jika seseorang menghabiskan banyak waktu untuk melakukan hal-hal yang tampaknya tidak akan memberikan hasil atau manfaat apa pun, orang lain bisa menganggap tindakan tersebut sebagai sesuatu yang konyol.

Kata ‘kekonyolan’ adalah bentuk kata benda dari ‘konyol’ dan merujuk kepada kondisi atau situasi yang mencerminkan sifat konyol.

Ini bisa berarti segala sesuatu yang berkaitan dengan tindakan yang tidak sopan, tingkah laku yang kurang masuk akal, atau usaha yang sia-sia dan tidak menghasilkan apapun yang penting.

Contoh dari kekonyolan adalah membaca berita palsu dan mempercayainya tanpa mengecek kebenarannya, hal ini bisa dianggap sebagai kekonyolan karena tidak menggunakan logika atau akal sehat sebelum mempercayai informasi tersebut.

Referensi

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/konyol