Efektivitas Adalah – Pengertian Menurut Ahli, Jenis, dan Contohnya

efektivitas adalah
ilustrasi oleh dribbble.com

Efektivitas adalah kesesuaian antara tugas yang dilakukan seseorang dengan tujuan yang akan dicapai. Kesesuaian tersebut tentunya dapat ditentukan dengan metode tertentu.

Kata efektif mungkin bukanlah hal yang asing lagi, bahkan efektivitas sudah menjadi indikator dari keberhasilan suatu project atau program yang dilaksanakan.

Efektivitas berasal dari kata dasar efektif, menurut kamus besar Bahasa Indonesia efektif adalah ada efeknya, manjur atau mujarab, dapat membawa hasil, berhasil guna dan mulai berlaku

Efektivitas dalam pengertian sederhananya adalah kesesuaian antara tugas yang dilakukan seseorang dengan tujuan yang akan dicapai. Kesesuaian tersebut tentunya dapat diterapkan dan menghasilkan rumus efektivitas.

Rumus Efektivitas

Efektivitas = (Output Aktual / Output Target)≥ 1
  • Bila hasil perbandingan output aktual dengan output target < 1 maka efektivitas tidak tercapai.
  • Bila hasil perbandingan output aktual dengan output target ≥ 1 maka efektivitas tercapai.

Agar mengenal lebih jauh mengenai efektivitas, berikut ini pengertian efektivitas menurut ahli

Definisi efektivitas menurut ahli

1. Menurut Beni (2016: 69)

Efektivitas adalah hubungan antara output dan tujuan atau dapat juga dikatakan merupakan ukuran seberapa jauh tingkat output, kebijakan dan prosedur dari organisasi.

Efektivitas juga berhubungan dengan derajat keberhasilan suatu operasi pada sektor publik sehingga suatu kegiatan dikatakan efektif, jika kegiatan tersebut mempunyai pengaruh besar terhadap kemampuan menyediakan pelayanan masyarakat yang merupakan sasaran yang telah ditentukan.

2. Menurut Gibson et.al “Bungkaes 2013:46”

Pengertian efektivitas adalah penilaian yang dibuat sehubungan dengan prestasi individu, kelompok dan organisasi.

Semakin dekat prestasi mereka terhadap prestasi yang diharapkan “standar” maka mereka dinilai semakin efektif.

Baca juga:  Konsumsi Adalah : Pengertian, Fungsi, Peran, dan Contohnya

3. Menurut Kumorotomo,2005:362

Efektivitas adalah suatu pengukuran terhadap penyelesaian suatu pekerjaan tertentu dalam suatu organisasi

4. Menurut SP. Siagian (2002 : 151 )

Efektivitas adalah tercapainya suatu sasaran yang telah ditentukan pada waktunya dengan menggunakan sumber-sumber data tertentu yang dialokasikan untuk menjalankan kegiatan-kegiatan organisasi tertentu.

Jenis-jenis Efektifitas

Efektivitas memiliki tiga tingkatan sebagaimana yang didasarkan oleh David J. Lawless dalam Gibson, Ivancevich dan Donnely (1997:25-26) antara lain :

Efektivitas Individu

Efektivitas Individu didasarkan pada pandangan dari segi individu yang menekankan pada hasil karya karyawan atau anggota dari organisasi.

Efektivitas Kelompok

Adanya pandangan bahwa pada kenyataannya individu saling bekerja sama dalam kelompok. Jadi efektivitas kelompok merupakan Jumlah kontribusi dari semua anggota kelompoknya.

Efektivitas Organisasi

Efektivitas organisasi terdiri dari efektivitas individu dan kelompok. Melalui pengaruh sinergitas, organisasi mampu mendapatkan hasil karya yang lebih tinggi tingkatannya daripada jumlah hasil karya tiap-tiap bagiannya.

Contoh efektivitas

Contoh 1 dalam dunia kerja

Waktu dalam dunia kerja biasanya mulai pukul 8 pagi hingga 5 sore, dan dalam waktu 8 jam tersebut pegawai harus bisa menyelesaikan tugasnya.

Dimasa pandemi seperti ini, aktivitas kerja secara maksimal sangatlah sulit untuk dilakukan.

Nah, untuk efektivitas kinerja dan menjaga daya tahan tubuh karyawan, manajer memutuskan untuk melakukan pekerjaan dari rumah (Work From Home). Karyawannya sehat dan pekerjaan kantor tuntas.

Contoh 2 dalam dunia pendidikan

Seorang siswa SMA bermimpi untuk bisa kuliah di luar di universitas negeri ternama, beberapa teman yang lainpun juga mempunyai mimpi yang sama. Namun, mereka memiliki cara yang berbeda untuk belajar.

Siswa A memilih mengambil les online di rumah dan siswa B memilih mengikuti les di lembaga les.

Siswa A berhasil masuk ke universitas pilihannya karena belajar lebih efektif dan intensif selama mengambil course di rumah.

Baca juga:  Fungsi-Fungsi Rangka Bagi Tubuh Manusia [Lengkap + Gambar]

Referensi

dosenpendidikan.co.id