Barakallahu Lakuma (Arti dan Terjemah): Arab, Latin, dan Penjelasannya

Barakallau lakuma
young volunteer woman caring for elderly woman illustration

Barakallahu lakuma wa baa raka ‘alaika wa jama’a bainakumaa fii khoiir berarti “Semoga Allah karuniakan barakah kepadamu, dan semoga Ia limpahkan barakah atas mu, dan semoga Ia  himpun kalian berdua dalam kebaikan“.


Barakallahu lakuma yaa akhii wa ukhtii…!
Setidaknya begitulah ucapan trend barakallahu yang sering kita temui di berbagai sosial media.

Seseorang seringkali mengucapkan kalimat baarakallahu lakuma dalam peristiwa ucap syukur seperti waktu kelulusan, ulang tahun, pernikahan, memenangkan perlombaan, selesai ujian, wawancara, dan peristiwa bahagia lainnya.

Begitu seringnya kita mendengar ucapan baarakallahu lakuma, sehingga paham jika pengucapan barakallahu lakuma dapat berarti perasaan ikut bersuka cita akan kebahagiaan orang lain.

Selain itu, dengan pengucapan barakallahu lakuma dapat berarti meskipun bukan kita yang merasakan kebahagiaan atas sesuatu, tapi kita dapat ikut turut bersuka ria melalui rahmat-Nya kepada orang lain.

ucapan barakallahu lakuma

Barakallahu lakuma menjadi trend seiring dengan kampanye penggunaan istilah ucapan islami dan keagamaan di berbagai sosial media.

Hal ini tidak terlepas dari makna barakallahu lakuma sebagai salah satu ajaran Rasulullah SAW. kepada umat muslimin kala itu hingga sekarang sering kita praktekkan.

Berikut penjelasan lanjut mengenai kalimat barakallahu lakuma.

Pengertian Barakallahu Lakuma

Barakallahu lakuma dalam lafadz lengkap sebagai wa barakallahu alaikuma wa jama’a bainakuma fii khoiir yang berarti, Semoga Allah memberkahimu dan memberkahi atasmu serta mengumpulkan kamu bersama orang-orang yang baik.

Dalam ajaran agama Islam sangat beragam kita temui ucapan doa yang seringkali diucapkan dala situasi tertentu. Hal ini dianjuran agar senantiasa mengingat besarnya kasih sayang Allah SWT melalui rahmaat dan rahiim-Nya sebagai Tuhan semesta alam dengan mengagungkan lafadz-Nya dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut lafadz barakallahu lakuma secara lengkap.

barakallahu lakuma

بَارَكَاللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْكُمَا فِيْ خَيْرٍ

Baca juga:  Rukun Wudhu, Mulai Niat, Membasuh Muka, Hingga Tertib

Baarakallahu laka wa baa raka ‘alaika wa jama’a bainakumaa fii khoiir

Artinya:

Semoga Allah karuniakan barakah kepadamu, dan semoga Ia limpahkan barakah atas mu, dan semoga Ia  himpun kalian berdua dalam kebaikan.

Arti Barakallahu Lakuma

Dalam bahasa arab, baarakallahu lakuma mempunyai arti : “Semoga Allah memberkati Anda”. Lafadz tersebut diajarkan oleh Rasulullah SAW dalam doa beliau yang berbunyi sama.

بارك الله لكما

“Semoga Allah memberkati Mu”

Memahami lafadz doa yang beliau ajarkan ini, dapat diketahui bahwa makna dari arti baarakallahu lakuma sangatlah mulia sehingga makna dari pengucapannya pun demikian sebagai doa yang baik diucapkan kepada sesama.

Lafadz barakallahu lakuma diharapkan mampu memberikan doa keberkahan untuk orang yang dimaksud. Hal ini sangat mengandung kebajikan dimana setiap kaum muslimin dianjurkan untuk memberikan doa-doa yang baik kepada umat muslim lainnya.

Selain itu pengucapan baarakallahu lakuma merupakan bentuk syukur nyata akan kehadirat-Nya melalui limpahan berkah yang diberikan kepada orang lain.

Macam Ucapan Barakallah

Ternyata selain barakallahu lakuma, terdapat beberapa ucapan barakallah dalam kalimat lain yang berarti sama yaitu semoga diberi rahmat Allah SWT, ketika kita mengucapkan lafadz tersebut kepada orang lain.

Berikut beberapa macam ucapan barakallah.

Barakallah

Barakallah mempunyai arti “Semoga mendapat berkah dari Allah.” Kalimat barakallah merupakan kalimat umum yang bisa digunakan ketika peristiwa apapun karena artinya yang umum untuk mendoakan sesama mendapat berkah dari-Nya.

Barakallahu fiik

Serupa dengan barakallahu, ucapan barakallahu fiik mempunyai makna “Semoga Allah memberkahi kamu.” Lafadz barakallahu fiik dapat kita ucapkan ketika bertemu dengan orang lain dan memang ingin memberikan doa baik melalui lafadz barakallah.

Barakallahu fiikum

Sama halnya dengan barakallahu fiik, lafadz barakallahu fiikum diucapkan kepada orang lain yang banyak jumlahnya. Lafadz barakallahu fiikum berarti “Semoga Allah memberkahi kalian semua.”

Baca juga:  9 Contoh Teks Ceramah Singkat (Berbagai Topik): Sabar, Syukur, Kematian, dll

Barakallah fii umrik

Berbeda dengan lafadz barakallah sebelumnya, pengucapan barakallahu fiik dikhususkan ketika hendak ingin memberikan doa atau ucapan baik kepada orang lain ketika mereka sedang berulang tahun.

Lafadz barakallahu fiik mempunyai makna “Semoga mendapat berkah dari Allah SWT dalam usiamu.” Hal ini bermakna bahwa kita mendoakan orang lain dalam sisa usia mereka. Semoga diberikan limpahan keberkahan rahmat dari-Nya sehingga dapat memanfaatkan sisa usia orang lain yang kita doakan dalam kebaikan dan beribadah kepada Allah SWT.

Barakallahhu fii ilmi

Lafadz barakallahu fii ilmi merupakan ucapan barakallah yang spesifik pula seperti barakallahu fii umrik. Barakallahu fii ilmi merupakan ucapan doa barakallah yang diucapkan kepada orang yang sedang berhasil dalam masa belajarnya atau bisa diartikan pula mendoakan orang lain dengan keilmuan yang dimilikinya.

Lafadz barakallahu fii ilmi berarti “Semoga mendapat berkah Allah atass ilmumu.” Lafadz barakallahu fii ilmi dapat kita ucapkan ketika melihat teman dan kerabat telah lulus ujian sekolah maupun kegiatan lainnya yang berkaitan dengan bidang keilmuan yang dimiliki.

Kesimpulan

Mempelajari mengenai lafadz barakallahu lakuma beserta dengan pemaknaan dan penggunaanya dalam kehidupan sehari-hari memberikan kita pemahaman baru dimana barakallahu lakuma sebagai doa yang baik bagi sesama umat muslim.

Karena, pada hakikatnya dengan mendoakan orang lain pada dasarnya seperti mendoakan diri kita sendiri. Selayaknya pula sebagai sesama ciptaan-Nya kita turut belajar bahagia atas kebahagiaan orang lain dengan ikut mendoakan yang baik.

Demikian penjelasan mengenai ucapan barakallahu lakuma meliputi pengertian, lafadz bahasa arab, terjemah, serta makna yang terkandung di dalamnya. Semoga bermanfaat!

Mahasiswi Departemen Fisika Universitas Diponegoro dengan bidang ilmu Fisika Material

Be the first to comment

Leave a Reply