La Tahzan Artinya – Tulisan Arab, Terjemahan dan Contoh Penggunaan

la tahzan artinya

La tahzan artinya berarti jangan bersedih, sedangkan La tahzan innallaha ma’ana berarti Janganlah Bersedih, Allah bersama kita.


Kalimat La Tahzan memang tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Karena merupakan salam yang populer.

Dalam bahasa arab kalimat La Tahzan sering dikaitkan dengan kalimat yang berbunyi La Tahzan Innallaha Ma’ana. Kalimat tersebut tertulis seperti ini  لَا تَحْزَنْ إِنَّ اللَّهَ مَعَنَ . Sering pula kita menjumpai kalimat ini dalam berbagai status media sosial seperti facebook, twitter dan Instagram

Kalimat La Tahzan telah mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak, serta telah menjadi kalimat yang tidak asing dalam berbagai kegiatan komunikasi.

La Tahzan artinya

Arti La Tahzan Innallaha Ma’ana (لَا تَحْزَنْ إِنَّ اللَّهَ مَعَنَا)

Penulisan La tahzan innallaha ma’ana dalam aksara Arab adalah sebagai berikut: ( لَا تَحْزَنْ إِنَّ اللَّهَ مَعَنَا )

Memiliki arti: Janganlah engkau bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita

Kalimat La TahzanInnallaha Ma’ana merupakan kalimat yang diungkapkan sebagai pengingat serta mengandung doa. Kalimat La TahzanInnallaha Ma’ana telah termaktub dalam Al-Qur’an surat At-Taubah ayat 40 yang berbunyi sebagai berikut:

لَا تَحْزَنْ إِنَّ اللَّهَ مَعَنَا 

“ Janganlah Bersedih, Allah bersama kita” (Q.S At-Taubah: 40)

Kalimat La Tahzan Innallaha ma’an, berguna untuk menghibur beberapa orang yang sedang dalam keadaan sedih dan dalam kesulitan.

Ungkapan tersebut ditujukan sebagai langkah yang dilakukan untuk menghibur hati seseorang yang sedih dan dalam kesulitan. Sehingga diharapkan orang tersebut dapat mengingat Allah serta menjadi lebih dekat dengan Allah.

Pengertian La Tahzan Innallaha Ma’ana

La Tahzan Innallaha Ma’ana terdiri dari beberapa kata. Dimana setiap katanya memiliki makna tersendiri. Sehingga jika diterjemahkan setiap katanya menjadi sebagai berikut:

Baca juga:  Doa Untuk Orang Tua: Bacaan Arab, Latin dan Arti Lengkapnya
La tahzan artinya

Itulah arti setiap kata dari La Tahzan Innallaha Ma’ana. Sehingga bila digabungkan artinya menjadi “jangan bersedih, sebenarnya Allah ada bersama kita” atau “jangan bersedih hati, Allah beserta kita”.

Dalil La Tahzan Innallaha Ma’ana

Pada Al-Quran Surat At-Taubah ayat 40 telah disebutkan kalimat La Tahzan Innallaha Ma’ana. Sehingga kalimat ini adalah kalimat yang istimewa karena telah temaktub dalam Al-Quran.

Dapat disimpulkan bahwa kalimat La Tahzan Innallaha Ma’ana merupakan perkataan yang baik karena bersumber dari Alquran.

Makna Ucapan

Dalam pengertian yang lain kalimat La Tahzan Innallaha Ma’ana juga dapat diartikan “jangan bersedih, karena kasih sayang Allah sangat luas.

Arti tersebut dapat ditafsirkan bahwa sebenarnya Allah SWT tidak akan memberikan ujian kepada hamba-hamba-Nya, tetapi karena cinta Allah kepada hamba-hamba-Nya adalah untuk memberikan ujian sehingga hamba-hamba-Nya selalu dekat dengan-Nya.

Dari pengertian tersebut teringatlah kita pada kalimat bahwa Allah SWT tidak akan menguji hamba-Nya diluar kemampuan dari hambanya.

Contoh Penggunaan

Berikut adalah contoh dari penggunaan kalimat La Tahzan Innallaha Ma’ana:

  • Pertama. Digunakan oleh seseorang yang merasa putus asa. Putus asa akan usaha yang belum berhasil sehingga hati dan perasaan menjadi larut dalam kesedihan dan masuk dalam kecemasan. Maka, ucapkan kalimat La Tahzan Innallaha Ma’ana, semoga dengan mengingat kalimat tersebut, Allah cabut kesedihan kita.
  • Kedua. Diungkapkan oleh seseorang ketika melihat temannya dalam keadaan sedih, misal karena ditinggalkan oleh kekasih yang dicintai. Hal tersebut pastinya membuat hati menjadi sedih. Oleh karena itu untuk menghiburnya agar tidak larut dalam kesedihan, maka kita bisa mengucapkan kepadanya la tahzan innallaha ma’ana.
  • Ketiga. Digunakan oleh seseorang yang mempunyai masalah. Permasalah terkadang sangat rumit dan kompleks. Sehingga kita sering dibuat bingung olehnya. Permasalahan tersebut bisa datang dari orang terdekat maupun dengan orang yang tidak dikenal. Ataupun bisa saja terbelit dalam permasalahan antar suami istri. Maka, ucapkan kalimat La Tahzan Innallaha Ma’ana, semoga dengan mengingat kalimat tersebut, Allah pudarkan permasalah yang rumit dan kompleks, Allah selesaikan permasalahan dalam hidup kita.
Baca juga:  Bacaan Sujud Syukur (LENGKAP) Beserta Arti dan Tata Caranya

Demikianlah uraian materi mengenai La Tahzan artinya, tulisan arab, terjemahan dan contoh penggunaan. semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembaca serta dapat selalu diambil hikmahnya. sampai jumpa ditulisan berikutnya.

Alumni Universitas Diponegoro

Be the first to comment

Leave a Reply