Istiqomah: Arti, Keutamaan dan Tips untuk Tetap Istiqomah [LENGKAP]

arti istiqomah

Arti Istiqomah bersal dari bahasa Arab yang bentuk kata kerjanya dari kata istaqâma yang berarti “tegak lurus.” Bentuk lain dari kata istaqâma adalah mustaqîm yang sering diartikan lurus, misalnya dalam kata “ash-shirâtul mustaqîm” yang diartikan dengan “jalan yang lurus.”

Dalam KBBI kata istiqamah diartikan dengan sikap teguh pendirian dan selalu konsekuen.Dari sini kita sudah pahami arti dari istiqomah, Tentunya istiqomah pun tak lepas yang namanya suatu pengorbanan. Sebagai contoh, ketika ada wanita muslimah yang sebelumnya belum menutup aurat dan dia ingin sekali berhijrah menjadi lebih baik.

Nah dari situ, si wanita mulailah berproses untuk menutup aurat dengan memakai jilbab. Apa pengorbananya? Ia harus siap menerima konsekuensi bully an,  hinaan, dan prespektif negatif orang-orang sekitar. Butuh pressure yang tinggi dalam beradaptasi dengan lingkungan barunya. Dia juga harus berbesar hati jikalau perkembangan karirnya mengalami penurunan jika memakai jilbab.

Tak sedikit juga, perusahaan atau tempat kerja yang enggan menerima karyawan berjilbab. Selama pengorbanan yang dialami, istiqomah pun harus berjalan berdampingan. Jangan sampai, sudah banyak pengorbanan yang dilalui akan tetapi tidak istiqomah dalam menjalankannya, dan pada akhirnya tidak konsisten dalam berubah menjadi lebih baik. Naudzubillah.

Maka dari itu, istiqomah perlu dilakukan, guna mempertebal keimanan serta memotivasi diri untuk tetap berada dijalan yang benar. Istiqomah juga memiliki keutamaan diantaranya:

Keutamaan dalam Beristiqomah

1. Jaminan Surga Bagi yang Menjalankannya

Sebagaimana firman Allah SWT:

Arti Istiqomah

Artinya:
Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: Tuhan kami ialah Allah kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan: Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih; dan gembirakan lah mereka dengan jannah yang telah dijanjikan Allah kepadamu.

2. Terhindar dari Rasa Kekhawatiran dan Kesedihan

Dua hal tersebut sangatlah menggangu dan merusak fokus kita dalam melakukan kebaikan. Maka dengan istiqomah kita akan terhindar dari kekhawatiran serta kesedihan dalam hidup kita. Sebagaimana dalam firman Allah SWT pada QS. Al-Ahqaf ayat 13, yaitu:

Arti Istiqomah

Artinya:
Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: Tuhan kami ialah Allah, kemudian mereka tetap istiqamah maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan mereka tiada (pula) berduka cita.

3. Mencegah untuk Berbuat Kejahatan

Dengan beristiqomah kita terhindar untuk berbuat kejahatan dan selalu mendorong untuk megamalkan kebaikan, sehingga sehari hari kita penuh dan berfokus pada hal hal baik saja. 

4. Amalan yang Paling dicintai Allah SWT. 

Dibandingkan amalan yang banyak tapi jarang-jarang untuk dilakukan. Amalan seperti ini dicintai Allah sebagaimana pada hadist Nabi SAW yang berbunyi:

‘Berbuat sesuatu yang tepat dan benarlah kalian dan amal yang paling dicintai Allah adalah amalan yang terus menerus meskipun sedikit.’ (HR Bukhari). Maka dari itu, perlu dilakukan cara agar amalan kita dicintai oleh Allah SWT. Berikut tips menjalankan istiqomah, diantaranya:

Tips Menjalankan Istiqomah

Mungkin dari sebagian orang lelah, karena tekanan yang ada sehingga bisa jadi berbelok ke arah yang salah, dan pada akhirnya tidak konsisten atau istiqomah dalam menjalankan suatu kebaikan. Ada beberapa tips agar tetap bisa menjalankan hal kebaikan secara istiqomah.

1. Luruskan Niat

Semua hal dilandasi dengan niat. Jadi Niatkan diri bahwa semua kebaikan yang dilakukan adalah semata-mata karena Allah SWT. Jangan pernah menghadirkan yang lain di dalam pikiran kita selain Allah SWT. Dan usahakan untuk melakukan segala hal dengan ikhlas agar benar-benar bisa menjadi pribadi yang lebih baik.

2. Lakukan Kebaikan Secara Bertahap

Melakukan kebaikan secara bertahap dengan memulai ibadah dari hal kecil seperti sedekah, bersilaturahmi, membantu sesama, membaca serta berinteraksi dengan al-quran dan lain lain.

Sedekah juga bisa membuat kemudahan dan kelancaran disetiap hal kebaikan yang ingin kita lakukan. Usahakan melakukannya secara rutin setiap hari, dan jika dilakukan secara rutin Insya Allah akan bermanfaat juga untuk kita. 

3. Bersabar dalam Menjalankannya

Poin disini juga penting, harus bersabar dalam menjalankanya. Karena istiqomah adalah hal yang sangat sulit diwujudkan, karena butuh pengorbanan dan keluwesan hati untuk menerima setiap konsekuensi yang ada. Maka dibutuhkan tekanan atau paksaan dari diri sendiri agar tetap teguh pendirian dalam menjalankan kebaikan.

Butuh juga yang namanya kesabaran. Jika tak sabar, maka kita mudah terbawa suasana sehingga bisa merusak komitmen kita untuk tetap istiqomah dalam menjalankan kebaikan. Tetap bersabar dan rendah hati ya. 

4. Meminta Perlindungan dan Pertolongan dari Allah SWT. 

Setelah meluruskan niat, melakukan kebaikan secara bertahap, bersabar dan yg terakhir meminta perlindungan dan pertolongan dari Allah SWT, agar terhindar dari hal hal yang buruk dan tetap beristiqomah dalam menjalankan suatu kebaikan.

Utarakan niat baikmu kepada Allah SWT agar semua dipermudah dengan ridhonya. Orang pernah bilang bahwa, jika kita melakukan hal baik dan berniat menjadi pribadi yang lebih baik, insya allah kita akan didekatkan dengan orang orang baik dan dimudahkan dengan cara yang baik pula.

Demikian ulasan mengenai arti istiqomah dalam menjalankan suatu kebaikan. Semoga kita selalu terhindar hal hal buruk dan didekatkan dengan yang baik-baik. Semoga bermanfaat.

About Amilinda Harin Permata Sari 21 Articles
Alumni Pondok Pesantren Al-Fatimah Bojonegoro. Senang menulis topik keislaman.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*