Tanda waqaf mempunyai arti menahan atau berhenti. Artinya, ketika menemui waqaf di Al-Qur’an, kita dianjurkan untuk berhenti dan tidak melanjutkan bacaan.
Dalam seni bacaan Al-Qur’an, kita sering menjumpai tanda waqaf. Supaya bacaan Al-Qur’an nya baik, kita harus mengenal tanda waqaf ini.
Berikut penjelasan lanjut mengenai pengertian tanda waqaf, artinya, macam, dan contohnya.
Pengertian dan Arti Tanda Waqaf
Menurut bahasa, waqaf (وقف) mempunyai arti menahan atau berhenti. Sedangkan menurut istilah waqaf bermakna menghentikan sejenak bacaan Al-Qur’an dengan tujuan untuk mengambil nafas dan niat kembali melanjutkan bacaan.
Lawan dari waqaf adalah washal, yang berarti terus dibaca atau disambung. Artinya, ketika menemui wasal di Al-Qur’an, kita dianjurkan untuk tidak berhenti dan melanjutkan bacaan.
Macam-Macam dan Contoh Tanda Waqaf
Berdasarkan ilmu tajwid, terdapat beberapa macam tanda waqaf yang harus diketahui, diantaranya adalah sebagi berikut.
Tanda yang Sebaiknya Berhenti
Berikut beberapa tanda yang sebaiknya dibaca waqaf (berhenti).
a. Tanda mim ( م ) atau waqaf Lazim (اَللَّازِمْ)
Wakaf lazim disebut juga sebagai waqaf tāmm (sempurna).
Ketika membaca Al-Qur’an bertemu dengan waqaf lazim ( م ), maka artinya wajib berhenti.
Contoh:
اَنَّهُمْ اَصْحَابُ النَّارِۢالَّذِيْنَ يَحْمِلُوْنَ اْلعَرْشَ (المؤمنون :6
b. Tanda ṭa ( ﻁ ) atau Waqaf Muthlaq (المُطْلَقْ)
Boleh berhenti atau diteruskan, tapi diutamakan berhenti terlebih lagi jika pembaca napasnya pendek.
Contoh:
وَلَايُخَفَّفُ عَنْهُمْ مِنْ عَذَابِهَاؕكَذٰالِكَ نَجْزِى كُلَّ كَفُوْرٍ (فاطر :36
c. Tanda jim ( ﺝ ) atau Waqaf Jaiz (الجَائِزِ)
Boleh berhenti atau boleh meneruskan bacaan. Diutamakan berhenti.
Contoh:
ذٰلِكَ الْيَوْمُ الْحَقُّ ۚ فَمَنْ شَآءَاتَّخَذَاِلٰی رَبِّهِ مَأٰ بًا
d. Tanda Qaf dan Fa’ (قف ) atau waqaf sighat fiil amar (ْصِغَةْ فِعِلْ اَمَر)
Boleh berhenti maupun dilanjutkan, tapi utama dibaca waqaf (berhenti).
Contoh:
الٓمٓقف تِلْكَ اٰيَاتُ الْكِتَابِ الْحَكِيْمِ (لقمان: ٢-١
e. Tanda Qaf, Lam dan alif (قلى) atau waqaf aula (الوَقْفُ اَوْلٰى)
Boleh dibaca washal, tapi lebih baik di baca waqaf (berhenti).
Contoh:
عَلٰى صِرَاطٍ مُسْتَقِيْمٍ ۗ تَنْزِيْلُ الْعَزِيْزِ الْرَّحِيْمِ (يس: ٤– ٥
وَوَصّٰى بِهَا اِبْرَاهِيْمُ بَنِيْهِ وَيَعْقُوْبُ ۗيٰبَنِيَّ اِنَّ اللهَ اصْطَفٰى لَكُمُ الدِّيْنَ (البقرة :۱۳۲
Tanda yang Lebih Baik Diteruskan
Berikut beberapa tanda yang sebaiknya dibaca washal (diteruskan).
a. Tanda Za’ ( ز ) atau Waqaf Mujawwaz ( المُجَوَّزُ )
Boleh diteruskan dan boleh dihentikan, hanya saja diteruskan lebih baik daripada dihentikan, karena tanda mujawwaz kebalikan dari tanda jaiz.
Contoh:
اَمْ لِلْاِنْسَانِ مَاتَمَنَّى ز فَلِلّهِ اْلاٰخِرَةِ وَاْلاُوْلٰى (النجم :۲٤-۲٥
فَتَوَلَّ عَنْهُمْ فَمَا اَنْتَ بِمَلُوْمٍ ز وَذَكِّرْ فَاِنَّ الذِّكْرٰى تَنْفَعُ اْلمُؤْمِنِيْنَ
b. Tanda Shad ( ص ) atau waqaf Murakhash ( الْمُرَخَّصُ )
Mengisyaratkan adanya kemurahan berhenti, lebih baik dibaca washal (diteruskan). Kemurahan itu dikarenakan ayat yang dibaca terlalu panjang atau dalam keadaan terpaksa.
Contoh:
وَابْتَغُوْا مَاكَتَبَ اللهُ لَكُمْ ص وَكُلُوْاوَاشْرَبُوْا (البقرة: ۱۸۷
وَأْتُوااْلبُيُوْتَ مِنْ اَبْوَابِهَا ص وَاتَّقُواللهَ لَعلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ (البقرة: ۱۸۹
c. Tanda Qaf ( ق ) atau Waqaf Qila Waqaf ( قِيْلَ اْلوَقْفُ )
Terdapat perselisihan pendapat, apakah pada lafad itu boleh berhenti atau tidak. Lebih baik dipilih pendapat yang mewashalkan, karena pendapat ini lebih baik. Sebagian ulama menyebutkan dengan tanda ‘Inda Qouli (عِنْدَ اْلقَوْلِ).
Contoh:
اَنْ لَٓااِلٰهَ اِلَّااَنْتَ سُبْحَانَكَ ق اِنِّى كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِيْنَ (الانبياء: ۸۷
وَاَّلذِيْنَ اَشْرَكُوْا ق اِنَّ اللهَ يَفْصِلُ بَيْنَهُمْ يَوْمَ اْلقِيَامَةِ (الحج: ۱۷
d. Tanda Shad, Lam dan Alif ( صلى ) atau Washal Aula ( الوَصْلُ الاَوْلٰى )
Lebih baik dibaca washal daripada waqaf.
Contoh:
.وَيَقْتُلُوْنَ النَّبِيّٖنَ بِغَيْرِ حَقٍ ۖ وَيَقْتُلُوْنَ اَّلذِيْنَ يَأْمُرُوْنَ بِاْلقِسْطِ مِنَ النَّاسِ
وَلَمَّا سَكَتَ عَنْ مُوْسَى الغَضَبُ اَخَذَ اْلاَلْوَاحَ ۖ وَفِى نُسْخَتِهَا هُدًى… (الاعراف: ۱٥٤
e. Tanda Lam Alif ( لا ) artinya La Waqta Fihi (لَاوَقْفَ فِيْهِ )
Mmengisyaratkan tidak adanya waqaf pada lafad tersebut, sehingga lebih baik diteruskan bacaannya daripada berhenti. Contoh:
فَاِمَّاتَرَيِنَّ مِنَ اْلبَشَرِ اَحَدًا ۙ فَقُوْلِىْ اِنِّى نَذَرْتُ لِلرَّحْمٰنِ صَوْمًا (مريم: ۲٦
اُشْدُدْ بِهِ اَزْرِىْ ۙ وَاَشْرِكْهُ فِى اَمْرِىْ ۙ كَىْ نُسَبِّحَكَ كَثِيْرًا ( طه: ٣١ – ٣٣
f. Tanda Kaf (ڪ ) artinya Kadzalika Muthobiqon Lima Qoblaha ( كَذٰلِكَ مُطَابِقًالِمَاقَبْلَهَا )
Mengisyaratkan adanya kesamaan antara tanda itu dengan tanda sebelumnya. Jika lafad yang pendahulu lebih baik berhenti, maka tanda ini mengisyaratkan berhenti, sebaliknya jika pendahulunya lebih baik washal, maka tanda ini mengisyaratkan washal. Contoh:
وَاِنْ تَفْعَلُوْا فَاِنَّهُ فُسُوْقٌ بِكُمْ ۗ وَاتَّقُوْااللهَ ڪ وَيُعَلِّمُكُمُ اللهُ ڪ وَاللهُ بِكُلِّ شَيْئٍ عَلِيْمٌ (البقرة: ۲٨٢
وَاْلعٰدِيٰتِ ضَبْحًا ۙ فَاْلمُوْرِيٰتِ قَدْحًا ڪ فَاْلمُغِيْرَاتِ صُبْحًا ڪ (العٰدِيٰتِ: ١ – ٣
g. Tanda sepasang titik tiga (؞___؞ ) artinya tanda Mu’anaqah ( المُعَانَقَةُ )
Mengisyaratkan agar pembaca menghentikan bacaannya pada salah satu dari dua pasang titik itu.
Contoh:
وَلَاتُلْقُوْا بِاَيْدِيْكُمْ اِلَى التَّهْلُكَةِ؞ وَاَحْسِنُوْا؞
Boleh berhenti setelah: التَّهْلُكَةِ boleh juga setelah: وَاَحْسِنُوْا tetapi tidak boleh pada kedua-duanya.
ذٰلِكَ اْلكِتَاَبُ لَارَيْبَ؞ فِيْهِ؞ هُدًى لِلْمُتَّقِيْنَ
Boleh berhenti setelah: رَيْبَ boleh juga setelah: فِيْهِ tetapi tidak boleh pada kedua-duanya.