Sanitasi Adalah: Pengertian, Penjelasan, Tujuan dan Konsepnya [LENGKAP]

sanitasi adalah
sanitasi by dribble.com

Sanitasi adalah upaya yang dilakukan oleh seseorang dalam hal menjaga kondisi lingkungan terutama lingkungan fisik (air, tanah dan udara) agar guna terciptanya lingkungan yang sehat.

Mungkin kita seringkali menemui kata ‘sanitasi‘ dalam berita, buku, atau poster-poster di lingkungan kita. Namun, beberapa dari kita tidak mengetahui apa yang dimaksud dengan istilah sanitasi itu sendiri.

Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas mengenai sanitasi secara mendalam mulai dari pengertian hingga konsepnya.

Pengertian Sanitasi Adalah

Secara umum, sanitasi adalah upaya yang dilakukan oleh seseorang dalam hal menjaga kondisi lingkungan terutama lingkungan fisik guna terciptanya lingkungan yang sehat.

Akan tetapi, beberapa ahli memiliki pendapat yang berbeda-beda, diantaranya adalah :

1. Edward Scoot Hopkins

Edward Scoot Hopkins (1983) berpendapat bahwa sanitasi merupakan cara pengawasan terhadap faktor-faktor lingkungan yang mempunyai pengaruh terhadap kesehatan.

2. Richard Sihite

Menurut Richard Sihite (2004) pengertian sanitasi yaitu suatu usaha kesehatan preventif yang menitikberatkan kegiatan kepada usaha kesehatan lingkungan hidup manusia.

3. Azrul Azwar

Azrul Azwar MPH memiliki pendapat mengenai arti sanitasi yaitu cara pengawasan terhadap berbagai faktor lingkungan yang mungkin mempengaruhi derajat kesehatan masyarakat.

4. World Health Organization (WHO)

Menurut WHO, pengertian sanitasi merupakan pengendalian semua faktor lingkungan fisik manusia yang dapat menimbulkan akibat buruk terhadap kehidupan manusia, baik fisik maupun mental.

5. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Arti sanitasi menurut KBBI adalah usaha untuk membina dan menciptakan suatu keadaan yang baik di bidang kesehatan, terutama kesehatan masyarakat.

Tujuan dan Manfaat Sanitasi

Secara umum, menjaga kebersihan lingkungan agar tercapainya lingkungan yang sehat serta nyaman merupakan tujuan dari upaya sanitasi.

Baca juga:  10+ Universitas di Yogyakarta Terbaik dan Terfavorit

Akan tetapi dengan terciptanya lingkungan yang bersih, masyarakat dapat mendapatkan hal-hal yang bermanfaat lainnya, seperti :

  • Tercapainya keadaan lingkungan yang bersih dan sehat serta nyaman.
  • Mencegah terjadinya penyakit menular.
  • Mencegah kecelakaan yang terjadi akibat lingkungan yang kotor.
  • Mengurangi polusi yang ada terutama bau busuk.
  • Terhindar dari pencemaran lingkungan.

Konsep Sanitasi

Pada dasarnya, sanitasi mencakup semua aspek kebersihan yang berkaitan dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi untuk memudahkan dalam melakukan upaya sanitasi, sanitasi terbagi menjadi lima elemen penting. Elemen-elemen tersebut yaitu :

  • Penyediaan air bersih, yang meliputi pengawasan terhadap kualitas dan kuantitas air.
  • Pengolahan sampah, meliputi tentang cara pembuangan serta pengolahan sampah serta peralatan yang digunakan.
  • Pengolahan makanan dan minuman, yang mencakup tentang pengadaan, penyimpanan, pengolahan serta penyajian makanan dan minuman.
  • Pengawasan dan pengendalian serangga atau binatang pengerat, binatang pengerat atau serangga kerap kali menjadi vektor penyakit menular, oleh karenanya pengendalian terhadap binatang tersebut perlu dilakukan.
  • Kesehatan dan keselamatan kerja, yang meliputi penggunaan alat rumah tangga untuk melakukan sebuah pekerjaan.

Demikian penjelasan mengenai sanitasi, semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan sampaikan di kolom komentar ya.

Menyukai hal berbau sains dan teknologi. Menyelesaikan studi fisika material di Universitas Diponegoro.