Kandungan dan Manfaat Ikan Salmon bagi Kesehatan [LENGKAP]

manfaat ikan salmon
ilustrasi oleh dribbble.com

Manfaat ikan salmon antara lainsebagai sumber protein, meningkatkan fungsi otak, kaya akan Vitamin B, menurunkan risiko penyakit jantung, dan masih banyak lagi.

Ikan salmon adalah salah satu jenis ikan yang digunakan sebagai bahan makanan yang bergizi tinggi. Ikan salmon mengandung protein bergizi yang berguna bagi tubuh.

Selain itu, didalamnya mengandung asam lemak omega 3, vitamin dan mineral yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh.

Kandungan Ikan Salmon

DIBALIK NIKMATNYA MENYANTAP IKAN SALMON DI JEPANG, SEPERTI INI CARA  PEMBUDIDAYAANNYA! | Liburan ke Jepang

Ikan salmon adalah ikan yang memiliki tekstur sangat lembut yang mudah diolah dan dikonsumsi.

Ikan ini memiliki kandungan gizi yang tinggi karena menggandung asam omega 3 yang berperan penting dalam menjaga kesehatan otak dan kesehatan tubuh.

Di Indonesia, ikan salmon bisa ditemukan di pasar tradisional, supermarket dan di berbagai pusat perbelanjaan. Salmon sudah dikenal sebagai makanan yang paling bernutrisi di dunia karena banyak memberikan manfaat bagi kesehatan.

Manfaat Ikan Salmon bagi kesehatan

Tidak diragukan lagi ikan salmon adalah makanan popular yang terkenal dengan kandungan gizi yang tinggi. Karena kandungan didalamnya, ikan salmon memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Berikut adalah beberapa manfaat ikan salmon bagi kesehatan.

1. Sumber Protein

manfaat ikan salmon

Ikan salmon memiliki kandungan protein yang sangat tinggi, Protein dalam tubuh memiliki berbagai manfaat seperti melindungi kesehatan tulang, menjaga massa otot, menunda proses penuaan dan membentu tubuh untuk segera pulih dari cidera.

Baca juga:  10+ Cara Diet yang Sehat, Baik dan Benar [LENGKAP]

Berdasarkan data, setiap 3,5 ons daging salmon mengandung 22-25 gram protein dimana kandungan protein ini sangat bagus bagi kesehatan tubuh.

2. Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat ikan salmon yaitu bisa meningkatkan fungsi kerja otak. Ikan salmon kaya dengan kandungan asam lemak omega 3 yang bersifat anti inflamasi.

Hal ini dapat mengurangi peradangan berguna untuk melindungi saraf dari tekanan stress dan kerusakan pada saraf. Faktor usia sering menyebabkan kerusakan-kerusakan saraf ini.

3. Kaya akan Vitamin B

manfaat ikan salmon

Daging ikan salmon kaya akan vitamin B lengkap dari vitamin B1 sampai dengan B6, B9 dan B12. Vitamin B berfungsi untuk membantu mengubah makanan menjadi energi dan berguna juga untuk memperbaiki sel DNA yang rusak.

Vitamin B sudah banyak digunakan untuk mengatasi peradangan dalam tubuh yang mengacu pada penyakit jantung. Vitamin B juga bisa mengoptimalisasi sistem otak dan saraf.

4. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Manfaat ikan salmon selanjutnya yaitu dapat menurunkan resiko penyakit jantung. Menurut penelitian, mengonsumsi ikan salmon yang kaya akan omega 3 mampu menurunkan kadar lemak omega 6 di dalam tubuh.

Omega 3 bia mengurangi peradangan dalam tubuh dimana sebagian besar masalah kesehatan disebabkan karena peradangan. Beberapa penyakit ini seperti penyakit jantung, diabetes, kanker dan radang sendi. Omega 3 juga bisa mencegah pembekuaan darah yang disebabkan karena stroke.

Sangat dianjurkan bagi anak-anak untuk mengonsumsi ikan salmon sejumlah 2-4 ons setiap minggunya karena baik untuk kesehatan.

5. Bagus untuk Bayi

manfaat ikan salmon

Manfaat ikan salmon selanjutnya adalah baik untuk bayi karena bayi sangat membutuhkan omega 3 yang berguna untuk memaksimalkan  perkembangan otak, saraf dan mata.

Para ahli dari American Heart Association dan American Academy of Pediatrics menyarankan para ibu untuk menambahkan porsi ikan salmon setiap dua kali dalam seminggu.

Baca juga:  Pengertian Strategi: Tingkat, Jenis, Bisnis, Integrasi, Umum

Menu ikan salmon ini diberikan pada bayi diatas usia 1 tahun karena pada usia segitu bayi membutuhkan asupan nutrisi yang banyak.

6. Menjadi Sumber Kalsium

Ikan salmon bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan tulang karena setiap 1 porsi ikan salmon mengandung vitamin D yang diperlukan tubuh untuk 1 hari beraktivitas.

Didalam ikan salmon mengandung lebih dari setengah vitamin B12, niacin, selenium, B6 dan magnesium yang baik dikonsumsi untuk tubuh.

7. Menunjang Perkembangan Otak Janin

Ikan salmon baik dikonsumi untuk ibu hamil karena sangat bagus dalam perkembangan otak janin.

Asam lemak omega 3 bermanfaat dalam menunjang perkembangn otak Janin dan mencegah peradanagn yang yang dapat merusak kullit.

Selain itu, kandungan omega 3 juga dapat meminimalisir risiko kelahiran premature dan menurukan darah tinggi selama kehamilan


Demikian, penjelasan mengenai kandungan dan manfaat ikan salmon bagi kesehatan. Semoga Bermanfaat!

Lulusan Departemen Fisika Universitas Diponegoro. Senang belajar dan meneliti.

Be the first to comment

Leave a Reply