Arti Kata ‘Wasalam’

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata ‘wasalam’ memiliki arti sebagai berikut:

  • wasalam: /wa·sa·lam/ Ar 1 v selamatlah; sejahteralah; 2 p (dl penutup surat) hormat dan takzim dr

Penjelasan Arti ‘Wasalam’ di Kamus Besar Bahasa Indonesia

Wasalam merupakan sebuah kata yang berasal dari bahasa Arab. Kata ini sering kita dengar dalam berbagai konteks, terutama terkait dengan ucapan yang mengharapkan kedamaian dan kebaikan.

Arti pertama dari kata wasalam adalah sebagai sebuah verba atau kata kerja, yang secara sederhana bisa diartikan sebagai “selamatlah” atau “sejahteralah”.

Jadi, ketika seseorang menyebutkan kata “wasalam”, sebenarnya mereka sedang mengungkapkan harapan atau doa agar orang yang disebutkan atau sesuatu situasi tersebut berada dalam keadaan baik, aman, dan sejahtera.

Kata ini sering digunakan dalam percakapan sehari-hari sebagai doa atau harapan baik untuk orang lain.

Arti kedua dari wasalam digunakan dalam penutupan surat. Di dalam konteks ini, wasalam diartikan sebagai ungkapan hormat dan takzim, atau dengan kata lain, menghormati dan memuliakan penerima surat.

Ini merupakan cara formal dan sopan untuk menutup sebuah surat, yang menunjukkan rasa penghargaan penulis surat terhadap penerima. Menggunakan “wasalam” di akhir surat layaknya seseorang yang memberi salam perpisahan setelah berjumpa, yang mencerminkan sikap sopan santun dan etiket yang baik.

Secara keseluruhan, kata “wasalam” mengandung nuansa positif dan mengungkapkan sikap yang baik.

Baik sebagai doa atau sebagai penutup surat, penggunaan kata ini mencerminkan keinginan untuk keselamatan, kesejahteraan, dan rasa hormat terhadap sesama..

Referensi

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/wasalam