Arti Kata ‘Stambuk’

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata ‘stambuk’ memiliki arti sebagai berikut:

  • stambuk: /stam·buk/ n buku yg memuat daftar nama, nomor, asal dr orang-orang yg tercatat sbg anggota (msl buku stambuk untuk murid sekolah); buku induk

Penjelasan Arti ‘Stambuk’ di Kamus Besar Bahasa Indonesia

Stambuk adalah sebuah buku yang berisi daftar yang mencatat informasi tentang anggota dari suatu kelompok. Biasanya stambuk digunakan di sekolah, di mana stambuk itu seperti buku besar yang mencantumkan nama-nama siswa, nomor induk siswa, dan tempat asal mereka.

Jadi, kalau kamu masuk ke sekolah baru, biasanya nama dan detailmu akan dicatat di dalam stambuk.

Stambuk sangat penting karena dengan adanya stambuk, sekolah bisa tahu siapa saja yang merupakan bagian dari komunitas mereka.

Stambuk memudahkan sekolah dalam mengelola data murid-muridnya, seperti untuk melacak kehadiran atau mencatat prestasi. Karena ada nomor yang unik untuk setiap murid, stambuk membantu sekolah untuk memastikan tidak ada kekeliruan identitas antara murid yang satu dengan yang lainnya.

Selain di sekolah, konsep stambuk juga bisa ditemukan di berbagai organisasi atau kelompok lain.

Misalnya, di kampus, di perkumpulan, atau di lembaga-lembaga pemerintahan. Fungsinya tetap sama, yakni sebagai buku induk untuk mencatat identitas dan informasi penting tentang anggota-anggotanya.

Stambuk bisa jadi sangat tebal dan penuh dengan data, tergantung seberapa banyak anggota yang dicatat.

Sering kali, stambuk disimpan dengan hati-hati karena menjadi bukti sejarah tentang siapa saja yang pernah menjadi bagian dari suatu tempat atau organisasi. Bagi beberapa komunitas, stambuk tidak hanya berisi data dasar, tapi juga catatan tentang pencapaian dan kontribusi seseorang di dalam kelompok tersebut, menjadikannya sebuah arsip yang berharga.

Referensi

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/stambuk