Arti Kata ‘Minus’

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata ‘minus’ memiliki arti sebagai berikut:

  • minus 1: /mi┬Ěnus 1/ a Mat kurang; dikurangi. Contoh: tujuh minus 1 tiga sama dng empat (7 – 3 = 4); 2 n Mat jumlah yg kurang dr 0. Contoh: minus 1 sepuluh derajat celcius (-10o C); 3 adv tidak dng; tanpa. Contoh: ia mengenakan pakaian daerahnya minus 1 ikat kepala; 4 a yg kurang; yg kekurangan (dl hal menghasilkan bahan pangan). Contoh: permukiman yg gersang itu merupakan daerah minus 1; 5 a kurang dr yg diperlukan (untuk mencukupi keperluan hidup dsb). Contoh: gajinya selalu minus 1; nilainya minus 1 sehingga ia tidak diterima di sekolah itu

Penjelasan Arti ‘Minus’ di Kamus Besar Bahasa Indonesia

Minus adalah kata yang sering digunakan dalam matematika dan percakapan sehari-hari. Kata ini mengacu pada konsep pengurangan atau nilai yang kurang dari sesuatu. Jika kita mendengar “tujuh minus tiga sama dengan empat”, ini artinya kita mengurangkan tiga dari tujuh, yang hasilnya adalah empat.

Dalam konteks lain, minus bisa juga berarti jumlah yang lebih rendah dari nol.

Misalnya, ketika suhu udara diucapkan sebagai “minus sepuluh derajat Celcius”, ini artinya suhu tersebut sepuluh derajat di bawah nol.

Selain itu, minus digunakan sebagai adverbia, yang menunjukkan keadaan tidak memiliki atau tanpa sesuatu.

Contohnya, “Dia mengenakan pakaian daerah minus ikat kepala” berarti dia memakai pakaian daerah namun tanpa menggunakan ikat kepala.

Kata minus juga bisa menjelaskan keadaan dimana suatu tempat atau situasi itu kekurangan, khususnya dalam hal produksi pangan.

Sebuah desa yang gersang bisa disebut sebagai daerah minus karena kurangnya hasil panen yang diproduksi.

Terakhir, ketika seseorang mengatakan “gajinya selalu minus” atau “nilainya minus”, itu mengindikasikan bahwa gaji atau nilai yang didapatkan orang tersebut kurang dari yang dibutuhkan untuk memenuhi keperluan sehari-hari atau standar tertentu.

Contoh lainnya, siswa yang nilainya minus mungkin tidak memiliki nilai yang cukup untuk diterima di sekolah yang diinginkan.

Dalam semua kasus ini, minus selalu berkaitan dengan sesuatu yang kurang, tidak lengkap, atau di bawah standar yang diharapkan atau dibutuhkan.

Referensi

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/minus