Arti Kata ‘Mentok’

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata ‘mentok’ memiliki arti sebagai berikut:

  • mentok: /men·tok/ Jk v terantuk (pd); tidak dapat terus (tt jalan dsb); buntu

Penjelasan Arti ‘Mentok’ di Kamus Besar Bahasa Indonesia

Kata ‘mentok’ sering digunakan dalam percakapan sehari-hari untuk menggambarkan sebuah situasi atau kondisi yang mengalami hambatan atau terhenti dan tidak bisa melanjutkan proses atau perjalanan.

Secara umum, ada beberapa konteks di mana kata ini bisa digunakan.

Pertama, ‘mentok’ bisa berarti terantuk atau bertabrakan dengan sesuatu. Contohnya, ketika kamu sedang berjalan dan tanpa sengaja kepalamu terantuk ke pintu atau dinding, itulah yang dimaksud dengan ‘mentok’.

Kamu mungkin akan merasakan sakit atau kejutan karena tiba-tiba terhenti oleh benda yang keras.

Kedua, kata ‘mentok’ juga dipakai untuk menggambarkan kondisi kebuntuan atau jalan buntu.

Misalnya, kamu sedang mengerjakan soal matematika dan tidak bisa menemukan jawaban apa pun, kamu bisa berkata bahwa kamu ‘mentok’. Artinya, kamu merasa seperti tidak ada jalan keluar atau solusi dari masalah yang dihadapi.

Ketiga, ‘mentok’ juga dapat menggambarkan keadaan dimana sesuatu tidak dapat bergerak maju lagi atau mencapai batas maksimumnya.

Dalam keseharian, jika kamu mencoba mendorong sebuah meja tetapi meja tersebut tidak bisa bergerak lagi karena menabrak tembok, kondisi ini bisa dikatakan meja itu ‘mentok’ pada tembok.

Selanjutnya, ‘mentok’ bisa bersifat metaforik, mengacu pada situasi di mana seseorang atau sesuatu telah mencapai batas kemampuannya dan tidak dapat berkembang atau melanjutkan lagi.

Hal ini sering kali terkait dengan capaian pribadi atau profesional. Misalnya, seorang atlet yang telah berlatih keras tetapi tidak bisa melampaui rekor pribadinya mungkin akan merasa bahwa dia sudah ‘mentok’ dalam kemampuan atletiknya.

Ringkasnya, ‘mentok’ mengacu pada situasi dimana ada hambatan yang membuat sesuatu atau seseorang tidak bisa melanjutkan apa yang sedang dilakukan, baik secara harfiah maupun kiasan, dan ini sering kali memunculkan perasaan frustasi atau perlunya mencari solusi alternatif.

Jadi, ketika kamu atau temanmu mengatakan ‘mentok’, artinya ada sebuah tantangan yang perlu dihadapi atau diatasi..

Referensi

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/mentok