Arti Kata ‘Mendung’

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata ‘mendung’ memiliki arti sebagai berikut:

  • mendung 1: /men┬Ědung 1/ n awan yg mengandung hujan. Contoh: mendung 1 hitam sudah merata di langit, sebentar lagi turun hujan; 2 a dl keadaan langit yg agak gelap, tidak ada sinar matahari (krn tertutup awan). Contoh: cucian tidak kering krn sepanjang hari udara mendung 1

Penjelasan Arti ‘Mendung’ di Kamus Besar Bahasa Indonesia

Mendung adalah sebuah kata yang sering kita gunakan untuk menggambarkan suasana langit. Nah, jika kamu melihat ke atas dan melihat awan-awan yang tebal serta berwarna abu-abu atau kehitaman, itu tandanya langit sedang mendung.

Awan-awan tersebut penuh dengan air dan biasanya memberi tanda akan turun hujan. Jadi, kalau kamu mendengar seseorang berkata “Langitnya mendung, sepertinya akan hujan,” artinya mereka melihat awan hujan yang sudah siap menumpahkan isinya.

Selain itu, mendung juga bisa berarti kondisi langit yang tampak gelap karena tertutup oleh awan, meski awan tersebut tidak selalu menandakan akan turun hujan.

Misalnya, kamu mungkin pernah mengalami saat berada di luar rumah dan tiba-tiba suasana menjadi agak suram karena sinar matahari tertutup oleh awan-awan. Waktu itu, kamu bisa bilang “Hari ini udaranya mendung.” Dalam keadaan mendung ini, cuaca terasa lebih sejuk dan sinar matahari tidak terik, tapi akibatnya, bisa jadi baju yang dijemur di luar rumah tidak kering-kering karena kurangnya panas matahari.

Jadi, istilah mendung bukan hanya berhubungan dengan peluang hujan, tetapi juga dengan kegelapan atau kelabuan langit akibat banyaknya awan. Mendung membuat langit tidak cerah dan bisa mengubah suasana hari menjadi lebih kelam.

Referensi

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/mendung