Arti Kata ‘Lamping’

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata ‘lamping’ memiliki arti sebagai berikut:

  • lamping: /lam·ping/ Jk n lereng (gunung)

Penjelasan Arti ‘Lamping’ di Kamus Besar Bahasa Indonesia

Lamping adalah sebutan untuk lereng atau bagian miring dari sebuah gunung. Bayangkan kamu sedang melihat sebuah gunung dari kejauhan. Kamu akan melihat bahwa gunung tersebut tidak langsung menjulang tinggi secara vertikal, tapi memiliki bagian yang miring yang membentang dari kaki gunung hingga ke puncaknya.

Bagian miring inilah yang disebut lamping.

Lamping bisa jadi terdiri dari berbagai jenis tanah, batuan, atau tumbuhan, tergantung pada lokasi dan karakteristik dari gunung itu sendiri.

Misalnya, di beberapa gunung, lamping bisa ditutupi oleh hutan lebat, atau di gunung lain bisa saja terdiri dari batu-batuan yang terbentuk karena aktivitas geologis dari waktu ke waktu.

Selain itu, lamping juga memainkan peranan penting dalam ekosistem di sekitar gunung.

Lereng gunung yang ditumbuhi pepohonan bisa membantu mencegah erosi tanah. Tidak hanya itu, lamping seringkali menjadi rumah bagi berbagai jenis fauna dan flora yang spesifik, menjadikannya penting untuk dijaga keberadaannya.

Karena karakteristiknya yang miring dan terkadang cukup curam, lamping bisa menjadi area yang menantang untuk dijelajahi.

Para pendaki gunung, misalnya, harus melewati lamping untuk bisa mencapai puncak. Lamping seringkali juga menjadi tempat untuk aktivitas lainnya seperti paralayang atau off-road, di mana orang-orang mencari kesenangan dalam tantangan melawan kemiringan lereng tersebut.

Secara keseluruhan, lamping bukan hanya bagian fisik dari gunung yang menunjang keindahannya, tapi juga memiliki peran ekologis, ekonomis, dan sosial bagi lingkungan dan masyarakat di sekitarnya.

Referensi

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/lamping