Arti Kata ‘Kelasi’

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata ‘kelasi’ memiliki arti sebagai berikut:

  1. kelasi – alternatif makna ke-1
    • kelasi: /ke·la·si/ n 1 awak kapal dng pangkat yg terendah; matros; 2 golongan pangkat paling rendah dl angkatan laut, mencakupi kelasi kepala, kelasi satu, dan kelasi dua;
    • kelasi dua: pangkat tamtama peringkat terakhir dl angkatan laut, satu tingkat di bawah kelasi satu (tanda pangkatnya satu balok lurus mendatar berwarna biru yg ditempatkan di lengan baju);
    • kelasi kepala: pangkat tamtama peringkat keempat dl angkatan laut, satu tingkat di bawah kopral dua, satu tingkat di atas kelasi satu (tanda pangkatnya tiga balok lurus mendatar berwarna biru yg ditempatkan di lengan baju)
    • kelasi satu: pangkat tamtama peringkat kelima dl angkatan laut, satu tingkat di bawah kelasi kepala, satu tingkat di atas kelasi dua (tanda pangkatnya dua balok lurus mendatar berwarna biru yg ditempatkan di lengan baju)
  2. kelasi – alternatif makna ke-2
    • kelasi: /ke·la·si/ n kera yg berhidung panjang; Hylobates leuciscus

Penjelasan Arti ‘Kelasi’ di Kamus Besar Bahasa Indonesia

Dalam dunia kelautan, kata “kelasi” mengacu pada seseorang yang bekerja sebagai awak kapal dengan peran dan tanggung jawab yang cukup penting meskipun dia memiliki pangkat yang paling rendah di antara semua awak.

Para kelasi ini sering juga dikenal dengan sebutan matros. Mereka ini bertugas melakukan berbagai pekerjaan dasar dalam keseharian di atas kapal, seperti membersihkan, merawat, dan mengoperasikan peralatan kapal.

Di dalam angkatan laut, “kelasi” merupakan istilah yang digunakan untuk mengelompokkan beberapa tingkat pangkat bagi personel angkatan laut.

Ada beberapa jenis kelasi menurut tingkatan dalam struktur kepangkatan: kelasi kepala, kelasi satu, dan kelasi dua.

Kelasi kepala merupakan pangkat yang ada di atas kelasi satu dan di bawah kopral dua.

Mereka yang memegang pangkat ini memiliki tiga balok lurus mendatar berwarna biru sebagai tanda pangkat yang dipasang di lengan baju mereka. Penanda ini penting karena menunjukkan level otoritas dan tanggung jawab di dalam hierarki angkatan laut.

Kelasi satu berada di tengah-tengah; mereka ini satu tingkat di atas kelasi dua namun satu tingkat di bawah kelasi kepala.

Tanda pangkat mereka dikenali oleh dua balok lurus mendatar yang juga berwarna biru dan terletak di lengan baju seragam.

Sedangkan kelasi dua adalah pangkat yang berada di peringkat terakhir atau paling bawah di antara tamtama dalam angkatan laut, dengan satu balok lurus mendatar berwarna biru sebagai tanda pangkat yang terletak di lengan baju mereka.

Kata “kelasi” juga memiliki arti lain yang sepenuhnya berbeda di dalam dunia biologi, yaitu merujuk pada species kera dengan hidung yang panjang, yang dikenal dalam bahasa Latin sebagai Hylobates leuciscus.

Jadi, tergantung pada konteksnya, kelasi bisa berarti awak kapal yang tangguh dan serba bisa, bagian penting dari struktur kepangkatan dalam angkatan laut, atau sejenis kera dengan ciri khas hidung panjang yang menarik.

Referensi

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/kelasi