Arti Kata ‘Institusional’

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata ‘institusional’ memiliki arti sebagai berikut:

  • institusional: /in·sti·tu·si·o·nal/ a mengenai lembaga atau bersifat kelem-bagaan. Contoh: struktur institusional serta mekanisme administrasinya perlu disempurnakan

Penjelasan Arti ‘Institusional’ di Kamus Besar Bahasa Indonesia

Kata “institusional” merujuk pada hal-hal yang berkaitan dengan lembaga, atau memiliki sifat yang menyangkut organisasi yang terstruktur. Lembaga di sini bisa berarti organisasi, institusi, atau badan yang memiliki tujuan tertentu dan biasanya terdiri dari sekelompok orang yang bekerja bersama untuk mencapai tujuan tersebut.

Contohnya adalah sekolah, universitas, pemerintahan, atau perusahaan.

Ketika kita bilang sesuatu bersifat “institusional”, kita bicara tentang cara-cara yang formal dan terorganisir dalam menjalankan sebuah lembaga.

Ini termasuk aturan-aturan, struktur hierarki, dan prosedur yang dipakai supaya tujuan lembaga itu bisa tercapai dengan baik. Misalnya, dalam konteks sekolah, hal institusional bisa berarti aturan-aturan yang harus diikuti baik oleh guru maupun murid, struktur kepemimpinan sekolah itu sendiri, dan sistem penilaian yang digunakan untuk mengukur kemajuan belajar murid-murid.

Selain itu, kata “institusional” juga menekankan pada pentingnya perbaikan dan pengembangan yang terus-menerus dalam sistem lembaga.

Seperti contoh dalam kalimat dari KBBI, “struktur institusional serta mekanisme administrasinya perlu disempurnakan”, ini berarti bahwa organisasi atau lembaga tersebut harus senantiasa meninjau dan memperbaiki cara mereka bekerja.

Hal ini bisa berupa memperbaharui teknologi yang digunakan, melatih karyawan dengan keterampilan baru, atau mengubah aturan untuk membuat segala proses lebih efisien dan efektif.

Jadi, kedalaman kata “institusional” terletak pada pengakuan bahwa setiap lembaga memiliki cara tertentu dalam menjalankan fungsinya dan perlu terus berinovasi dan memperbaiki diri untuk mencapai hasil yang lebih baik.

Referensi

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/institusional