Arti Kata ‘Epos’

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata ‘epos’ memiliki arti sebagai berikut:

  • epos: /├ępos/ n Sas cerita kepahlawanan; syair panjang yg menceritakan riwayat perjuangan seorang pahlawan; wiracarita

Penjelasan Arti ‘Epos’ di Kamus Besar Bahasa Indonesia

Epos adalah jenis karya sastra yang berbentuk syair atau puisi panjang dan biasanya menceritakan tentang cerita kepahlawanan. Dalam epos, kita akan menemukan kisah-kisah mengagumkan tentang perjuangan para pahlawan yang melakukan berbagai tindakan luar biasa, seringkali melibatkan pertempuran, petualangan, dan perjalanan.

Epos sering juga disebut sebagai wiracarita.

Jika kamu pernah mendengar tentang “Mahabharata” atau “Ramayana”, itu adalah contoh epos dari India. Di Yunani kuno ada “Iliad” dan “Odisseia” karya Homer yang juga termasuk epos.

Epos-epos ini tidak cuma bercerita tentang peperangan atau petualangan pahlawan, tapi juga sering memuat nilai-nilai, norma, dan kepercayaan masyarakat pada zaman itu.

Epos dianggap sebagai salah satu bentuk sastra tertua dan menjadi penting karena sering berisi tentang mitos atau sejarah suatu bangsa di masa lampau yang menjadi bagian dari warisan budaya.

Dalam epos, kita tak hanya dihibur dengan cerita, tapi juga belajar tentang kehidupan, moral, dan bagaimana masyarakat tersebut memandang dunia di sekitar mereka.

Bahkan, dalam pembelajaran literatur, epos sering kali dipelajari untuk membantu kita memahami lebih dalam tentang sejarah, sastra, dan evolusi dari berbagai tradisi budaya.

Di Indonesia, kita sendiri memiliki epos-epos seperti “Negarakertagama” dan “Ramayana Jawa” yang menjadi karya sastra berharga dan mencerminkan kekayaan budaya nenek moyang kita.

Referensi

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/epos