A password will be e-mailed to you.

Berterimakasihlah pada otakmu yang mengagumkan itu.

Gumpalan bahan berwarna kelabu yang keriput itu bukan hanya mengontrol semua fungsi otomatis tubuhmu seperti bernapas, berkedip, detak jantung, dan proses pencernaan, tetapi juga bertanggung jawab pada seluruh proses yang kamu lakukan dalam hidupmu.

Otak adalah pengendali sistem sarafmu dan sumber kepribadianmu, tidak ada organ lain yang sebegitu misterius di alam semesta ini.

1. Penyusun otak

Otak adalah salah satu organ terbesar dalam tubuhmu yang berbobot sekitar 1,3 kg. Terdiri dari lemak dan protein terpadatkan yang bertekstur mirip seperti tahu.

Image result for brain

Ada dua komponen penting yang menyusun otak.

Bahan Kelabu. Otakmu mengandung sekitar 100 milyar sel saraf. Sel-sel yang disebut neuron ini menyusun bahan kelabu yang ada di otakmu.

Bahan putih. Neuron-neuron berkomunikasi satu sama lain dengan menggunakan sinyal listrik dan membentuk sambungan kimiawi dalam jejaring serat saraf yang disebut dendrit dan akson, yang membentuk bahan putih otakmu.

Komunikasi antar neuron inilah yang bertanggungjawab pada setiap pikiran, ingatan, gerakan dan fungsi lain yang dikerjakan oleh otak.

2. Energi yang diperlukan oleh otak

Jumlah pesan listrik yang berseliweran dalam otakmu setiap saat mengalahkan jumlah pesan yang melesat melalui jaringan komunikasi dunia. Otakmu sungguh hebat.

Image result for led lamp glow

Namun demikian, aktivitas itu hanya memerlukan energi setara dengan energi untuk menyalakan bola lampu.

Sepintas memang tidak banyak, tapi ketahuilah bahwa energi tersebut mencakup 20% energi total yang dipakai tubuh, padahal otak hanya berbobot 2% dari tubuh.

3. Pelindung otak

Image result for heading football

Otak adalah organ yang sangat butuh untuk dilindungi.

Tengkorak yang tebal adalah garis pertahanan pertamanya, diikuti tiga selaput kokoh yang disebut meninges. Celah antara selaput ini diisi oleh cairan. Selaput-selaput tersebut bertanggungjawab dalam melindungi otak dari benturan.