Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Tubuh

jeruk nipis

Jeruk nipis telah lama dikenal sebagai buah yang mengandung banyak khasiat. Sebagai herbal alami, jeruk nipis dimanfaatkan untuk obat batuk, peluruh kencing (diuretik) dan keringat, peluruh dahak, membantu proses pencernaan serta masih banyak lagi manfaat lainnya.

Jeruk nipis biasa digunakan sebagai penambah cita rasa pada berbagai makanan misalnya soto.

Selain itu jeruk nipis sering dibuat menjadi minuman segar pelepas dahaga. Bahkan juga dipakai untuk penghilang bau amis pada ikan.

Dibalik banyak kegunaannya, jeruk nipis mengandung banyak khasiat.

Beberapa manfaat jeruk nipis diantaranya adalah:

Melancarkan pencernaan

Air jeruk nipis yang bersifat asam dapat membantu saliva (air liur) dalam memecah makanan. Selain itu, flavonoid dalam air jeruk juga merangsang pengeluaran enzim-enzim pencernaan. Air jeruk nipis juga berkhasiat dalam mengobati sembelit.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jeruk nipis mengandung vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Keduanya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan produksi dan membantu tubuh melawan penyakit seperti flu, pilek, dan lain sebagainya.

Menjaga kadar gula darah

Jeruk nipis mengandung kadar gula yang rendah, sehingga tidak menjadi masalah bagi penderita diabetes. Selain itu bisa mengurangi penyerapan gula ke dalam darah.

Membantu menurunkan berat badan

Kandungan asam sitrat dalam jeruk nipis dapat meningkatkan proses metabolisme yang akan membakar kalori dan menyisakan sedikit lemak. Selain itu vitamin C juga berperan dalam pembakaran lemak dalam tubuh.

Meremajakan kulit

Kandungan vitamin C dan Flavonoid dapat memperkuat kolagen. Itulah sebabnya jeruk nipis berguna sebagi bahan alami dalam merawat kecantikan.

Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Kandungan magnesium dan kalium sangat bergunan dalam menjaga kesehatan jantung. Kalium dapat menurunkan tekanan darah sekaligus melancarkam sirkulasi darah.

Baca juga:  Pengertian dan Langkah langkah Metode Ilmiah

Selain itu, penelitian terbar menunjukkan bahwa terdapat limonin dalam jeruk yang dapat membantu menurunkan kada kolestrol darah.

Mengatasi penyakit peradangan

Vitamin C yang dikandung dalam jeruk nipis dapat meredakan gejala peradangan dari berbagai penyakit seperti radang sendi, asam urat, dan penyakit sendi lainnya.

Penelitan dalam jurnal Annals of the Rheumatic Disease, menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi lebih sedikit vitamin C beresiko tiga kali lebih besar terkena radang sendi.

Selain manfaat jeruk nipis diatas, jeruk nipis juga dipercaya mampu digunakan sebagai obat untuk mengatasi beberapa penyakit sebagai berikut:

  1. Amandel
  2. Ambien
  3. Batuk
  4. Jerawat dan flek hitam
  5. Anyang-anyangan
  6. Batu Ginjal
  7. Demam atau flu
  8. Vertigo
  9. Lendir di tenggorkan
  10. Radang tenggorokan

Referensi:

Mahasiswa Fisika Universitas Diponegoro. Tertarik dengan segala hal baru di dunia ilmu pengetahuan.

Be the first to comment

Leave a Reply