A password will be e-mailed to you.

Apa yang terbenak dalam pikiranmu ketika mendengar kata bumi? Apa itu Bumi? Bumi disebut juga planet biru, karena berwarna biru dilihat dari luar angkasa.

Tahukah kamu dari mana bumi berasal? Bumi merupakan tempat bernaungnya semua makhluk hidup, seperti tumbuhan, hewan, dan manusia. Kita sebagai manusia, tentu harus tahu tentang asal usul bumi dan bagaimana bumi bisa terbentuk, bukan?

Bumi merupakan planet ketiga dari matahari dan satu-satunya planet di tata surya yang mampu menyangga kehidupan.

Di Alam Semesta ini ada sebuah Galaksi, yang di dalamnya terdapat tata surya. Tata surya dipercaya terbentuk semenjak 4,6 milyar tahun yang lalu dan merupakan hasil penggumpalan gas dan debu di angkasa yang membentuk matahari dan kemudian planet-planet yang mengelilinginya.

Teori Kabut (Nebula) menceritakan kejadian tersebut dalam 3 tahap.

• Matahari dan planet-planet lainnya masih berbentuk gas dan kabut yang begitu pekat dan besar.

• Kabut tersebut berputar dan berpilin dengan kuat, dimana pemadatan terjadi di pusat lingkaran yang kemudian membentuk matahari. Pada saat yang bersamaan materi lain-pun terbentuk menjadi massa yang lebih kecil dari matahari yang disebut sebagai planet, bergerak mengelilingi matahari.

• Materi-materi tersebut tumbuh makin besar dan terus melakukan gerakan secara teratur mengelilingi matahari dalam satu orbit yang tetap dan membentuk Susunan Keluarga Matahari.

Susunan Keluarga Matahari itu terdiri atas :

• Matahari (pusat tata surya)
    • Merkurius
    • Venus
    • Bumi
    • Mars
    • Jupiter
    • Saturnus
    • Uranus
    • Neptunus
    • Benda-benda lain yang mengelilingi matahari

Itulah tahapan terbentuknya Tata Surya dan seisinya berdasarkan Teori Nebula.

Terima kasih.