Pernah gak sih kamu perhatikan seekor semut saat jatuh?

Mahluk kecil yang dikenal ramah terhadap sesamanya ini ternyata punya keunikan, salah satunya semut memiliki kecenderungan untuk tidak mati ketika jatuh dari ketinggian.

Pasti kamu juga pernah melihat ketika seekor semut yang jatuh dari ketinggian bisa berjalan seperti biasa seolah tak terjadi apa-apa.

Nah, kenapa itu bisa terjadi?

Sebelumnya mungkin kita telah mengenal apa itu gaya gravitasi, sebuah gaya tarik menarik antara semua benda yang memiliki masa atau berat, gaya gravitasi membuat benda-benda terjatuh dan memungkinkan kita untuk bisa berdiri serta menapakan kaki di bumi.

Sama hal nya dengan manusia dan benda, semut terjatuh karena adanya tarikan gaya gravitasi Bumi. Tapi, kenapa semut tidak terluka ya?

Hasil gambar untuk ant felt down

Hal ini terjadi karena berat tubuh semut lebih kecil daripada udara yang ada, keadaan ini membuat semut melayang perlahan saat terjatuh dari ketinggian.

Selain itu, semut juga memiliki kaki yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan pendaratan, kaki semut dapat ditekuk seperti pegas, sehingga semut dapat melakukan pendaratan dengan baik dan meminimalisir kecelakaan, itulah alasan kenapa semut tidak terluka saat terjatuh dari ketinggian.

 

Referensi:

 

Author

An amateur writer