A password will be e-mailed to you.

    Rotasi Bumi adalah efek samping pembentukan tata surya kita, yang semula berbentuk awan raksasa gas dan debu kira-kira 4,6 milyar tahun yang lalu.

    Awan itu mulai berotasi ketika ditarik oleh gravitasinya sendiri.

    Pembentukan tata surya

    Ilustrasi pembentukan tata surya (NASA)

    Zat di bagian tengah akhirnya menjadi Matahari, sementara pusaran debu dan gas yang terletak lebih luar membentuk planet-planet.

    Bumi telah berputar sejak awal mula pembentukanya.

     

    Seberapa cepat Bumi berputar?

    Bumi berputar

    Ilustrasi globe berputar (Camfine)

    Bumi berputar memenuhi satu putaran dalam sehari.

    Karena ukuran Bumi yang begitu besar, permukaan Bumi bergerak dengan cepat sekali untuk memenuhi putaran itu.

    Di sepanjang garis khatulistiwa, Bumi berotasi dengan kecepatan 1.670 km/jam, sama cepatnya dengan jet tempur yang melesat di kecepatan maksimum

     

    Mengapa kita tidak merasakan rotasi Bumi?

    Ada dua alasan kenpa kita tidak merasakannya, yaitu gravitasi dan fakta bahwa kamu bergerak bersama Bumi.

    Sebagaimana penumpang pesawat yang tidak mersakan gerakan maju pesawat karena ia ikut bergerak bersama pesawat, kamu pun tidak merasakan rotasi Bumi karena kamu bergerak bersama Bumi.

    Duduk di pesawat

    Gambar: Everyday Health

    Padahal pesawat yang kamu tumpangi itu mempunyai kecepatan yang mencapai 900 km/jam, begitu pula kecepatan rotasi Bumi di khatulistiwa yang mencapai 1.670 km/jam, tapi kamu tidak bisa merasakan gerakan tersebut jika kamu bergerak bersamanya.

    Kamu hanya akan merasakan gerakan pesawat jika pesawat tersebut mengubah kecepatannya, seperti saat sedang berbelok atau mengurangi kecepatan.

    Gravitasilah yang menahan kamu untuk tetap menempel di permukaan Bumi, gravitasi pula lah yang menahan atmosfer di sekeliling Bumi, sepeda dan mobil di jalanan, serta burung di langit untuk tetap bergerak bersama Bumi.

    Baca juga:  Mengukur Gempa dengan Logaritma

     

    Mengapa Bumi berputar paling cepat di khatulistiwa?

    Khatulistiwa adalah tempat terlebar di sepanjang sumbu Bumi, jadi titik di sepanjang khatulistiwa harus bergerak lebih jauh dan lebih cepat untuk memenuhi satu putaran penuh pada Bumi.

    Ibaratkan sebuah komedi putar…

    Kuda-kuda di sebelah luar, jaraknya lebih jauh dari pusat daripada kuda yang di dalam.

    Komedi putar

    Gambar: Flickr

    Karena itu, kuda di luar harus bergerak dengan lebih cepat karena harus menyelesaikan satu putaran dengan jarak yang lebih jauh, sementara waktunya sama dengan kuda di sebelah dalam.

     

    Apa yang akan terjadi jika Bumi tiba-tiba berhenti berputar?

    Semoga tidak terjadi ya…

    Tapi jika memang hal ini terjadi, yang terjadi adalah bencana. Bangunan-bangunan roboh, gunug-gunung runtuh, dan air di lautan menghempas ke kamarmu.

    Hasil gambar untuk earth stop rotating

    Bila Bumi mendadak berhenti bergerak, segala sesuatu dan setiap orang di atasnya akan terlempar ke arah putaran planet ini sebelumnya, dan orang yang berada di khatulistiwa lah yang akan paling jauh terlempar.

    Gravitasi akan menahan kita sehingga tidak terlempar ke luar angkasa, tapi tetap saja, Bumi akan jadi tempat yang benar-benar berbeda kalau ia mendadak berhenti berputar.

    Kemudian, lama siang-malam akan berubah. Satu hari akan berlangsung selama setahun, karena butuh waktu selama itulah pergantian siang-malam akan terjadi kalau Bumi tidak berputar.

    Jangka panjangnya… tanaman akan layu, dan kita akan mulai kehabisan makanan.

    Tapi kabar baiknya, skenario ini nyaris mustahil untuk terjadi.

    No more articles