Puasa Senin Kamis : Niat, Doa Buka Puasa, dan Keutamaannya

puasa senin kamis

Puasa senin kamis adalah puasa sunah yang sangat dianjurkan oleh Rosullullah. Niat puasanya berbunyi: Nawaitu sauma yaumal itsnaini sunnatan lillahi taa’ala’

Puasa merupakan  menahan lapar dan haus dari terbitnya fajar hingga tenggelamnya matahari. Puasa sering diartikan sebagai menahan hawa emosi atau nafsu kita, bukan melulu tentang menahan lapar dan haus saja, tetapi juga memaknai rasa syukur atas rezeki  yang Allah SWT berikan.

Terkadang, dari kita banyak yang salah mengartikan, bahwa jika berpuasa kita akan mengalami penurunan imunitas terhadap daya tahan tubuh.

Pernyataan itu salah, justru dengan berpuasa, tubuh kita berhenti beberapa saat untuk tidak mengonsumsi makanan selama kurang lebih 12-14 jam, disaat kita berpuasa, tubuh dengan sendirinya akan mengalami regenerasi sel, maksudnya tubuh kita mempunyai kesempatan untuk memulihkan sel selnya.

Sehingga dapat memperkuat sel sel imunitas tubuh. Selain itu, saat kita berpuasa tubuh kita mengeliminasi zat zat kimia yang ada pada tubuh, entah itu hasil metabolisme dari makanan atau sisa zat polusi di udara atau lain sebagainya. Sehingga berpuasa dapat menguntungkan untuk mempertebal imunitas terhadap daya tahan tubuh.

Selain puasa Ramadhan yang termasuk puasa wajib bagi seluruh umat islam, puasa sunah pun juga dilakukan oleh Rasulluah SAW salah satu contohnya yakni puasa Senin dan Kamis.

Terdapat beberapa hal yang menjelaskan bahwa puasa senin dan kamis dikatagorikan puasa sunnah sebab, salah satunya hari tersebut tepat di hari senin merupakan hari Rasulluah SAW dilahirkan.

Maka dari itu sudah sepantasnya kita sebagai umat nabi Muhammad SAW melaksanakan apa yang disunahkan seperti melakukan puasa senin dan kamis, adapun niatnya sebagai berikut:

Bacaan Niat Puasa Sunah Hari Senin

niat puasa senin kamis

‘Nawaitu sauma yaumal itsnaini sunnatan lillahi taa’ala’

Artinya: Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala.

Bacaan Niat Puasa Sunah Hari Kamis

‘Nawaitu sauma yaumal khomiisi sunnatan lillahi taa’ala’

Artinya: Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala.

Doa Berbuka Puasa

puasa senin kamis

‘Allaahummalakasumtu wabika amantu wa’aa rizkika aftortu birohmatika yaa arhamarra himiin’

Artinya :
“Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa) dengan rahmat-Mu Ya Allah Tuhan Maha Pengasih”

Keutamaan Puasa Senin dan Kamis

Selain memiliki hukum sunnah, puasa senin kamis juga memberikan kelebihan dan manfaat yang luar biasa, bukan hanya berpahala dari sisi ibadah saja melainkan puasa ini lebih unggul dibandingkan dengan puasa sunnah lainnya diantaranya:

  • Dapat menjadi perisai bagi jiwa seseorang
  • Melatih diri untuk disiplin
  • Dapat meningkatkan amalan
  • Melembutkan hati dan meningkatkan rasa syukur
  • Sebagai cara menahan nafsu
  • Kunci sukses meraih cita dan cinta yang diinginkan
  • Berpengaruh terhadap kesehatan tubuh

Rasulluah SAW bersabda, “Amal itu diperlihatkan dihadapan Allah pada hari Senin dan Kamis. Aku gembira sekali amalku diperlihatkan saat aku berpuasa (HR.Turmudzi).

Maka dari itu,  semoga kita senantiasa menjalankan puasa senin kamis secara istiqomah sehingga kebaikan dan manfaat dapat kita dapatkan didunia maupun diakhirat kelak, Aamiin.

Alumni Pondok Pesantren Al-Fatimah Bojonegoro. Senang menulis topik keislaman.

Be the first to comment

Leave a Reply