Pengertian Wirausaha: Tujuan, Ciri-ciri, Karakteristik dan Contohnya

pengertian wirausaha

Pengertian wirausaha adalah orang yang membuat suatu produk, menentukan cara produksi, menyusun operasi untuk mengadakan produk baru hingga mengatur permodalan serta pemasarannya.

Tujuan dari berwirausaha antara lain (1) Menyebarkan pengaruh wirausaha, (2) Membangun karakter wirausaha, (3) Membentuk wirausaha yang berkualitas, dan (4) Membangun kesejahteraan masyarakat.


Pada era modern seperti saat ini, seringkali kita menemukan beberapa acara seminar yang berkaitan dengan wirausaha. Semboyan yang digaungkan yaitu mandiri dan kreatif.

Tidak hanya itu, bahkan anak muda zaman sekarang berbondong-bondong menjadi wirausaha muda sebagai salah satu jalan tempuhnya. Lantas, bagaimana sebenarnya wirausaha itu sendiri? Berikut penjabaran lanjut mengenai wirausaha.

Pengertian Wirausaha

Pada umumnya orang mengenali seorang wirausahawan sebagai seseorang yang memulai dan mendirikan usaha bisnisnya sendiri.

Wirausaha berasal dari dua suku kata, wira dan usaha. Wira mempunyai arti sebagai pejuang, pahlawan, berbudi luhur, manusia unggul, berwatak agung dan gagah berani.

Di lain sisi, usaha merupakan sebuah perbuatan atau amalan, berbuat sesuatu dan bekerja. Oleh karena itu, secara harfiah makna dari wirausaha adalah sebuah pejuang dalam melakukan suatu pekerjaan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), wirausaha merupakan orang yang pandai atau berbakat dalam memahami produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk mengadakan produk baru hingga mengatur permodalan dan pemasarannya.

Melalui beberapa pengertian diatas, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa wirausaha merupakan seseorang yang mempunyai kemampuan dalam menciptakan dan menerapkan cara kerja teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dan memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya.

Tujuan Wirausaha

tujuan wirausaha

Seseorang yang teguh dalam mendirikan sebuah usaha pasti mempunyai tujuan kuat pada awalnya. Tujuan tersebut bisa menyangkut tujuan pribadi maupun tujuan lain. Berikut beberapa tujuan wirausaha.

1. Menyebarkan pengaruh wirausaha

Orang memiliki kecenderungan akan meniru tingkah laku seseorang jika dirasa bahwa hal tersebut membawa dampak positif. Sama halnya dengan wirausaha, orang pada umumnya tertarik untuk berwirausaha.

Baca juga:  Cerita Fantasi: Pengertian, Struktur, Fungsi, dan Contohnya

Ketika melihat seseorang berhasil dalam wirausaha. Masyarakat yang menyadari hal tersebut akan tergerak untuk mencari tahu bagaimana berwirausaha yang baik dalam membangun usaha.

2. Membangun karakter wirausaha

Seorang wirausaha layaknya mempunyai kemampuan yang kompeten dalam berwirausaha.

Hasil dari karakter wirausaha berupa kesuksesan akan membuat masyarakat percaya bahwa dengan membentuk karakter wirausaha mereka akan bisa sukses suatu hari nanti.

3. Membentuk wirausaha yang berkualitas

Semakin banyak yang menggeluti bidang wirausaha, maka keberadaan wirausaha yang beragam akan menimbulkan kompetisi wirausaha.

Hasilnya, yang bertahan adalah para wirausaha yang berkualitas. Wirausaha yang berkualitas akan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dalam bidangnya.

4. Membangun kesejahteraan masyarakat

Semakin banyak yang terlibat dalam dunia wirausaha, maka makin sejahtera masyarakat.

Pembangunan sebuah usaha di suatu wilayah akan membuka lapangan pekerjaan sehingga membutuhkan berbagai macam sumber daya alam dan sumber daya manusia yang berada di sekitarnya. Oleh karena itu, roda perekonomian masyarakat akan lebih hidup.

Ciri-ciri dan Karakteristik Wirausaha

Pengertian wirausaha

Sebagai seorang pejuang dalam mendirikan suatu usaha, maka sudah sepatutnya seorang wirausaha memiliki beberapa ciri-ciri dan karakterstik sebagai berikut.

1. Berprestasi

Penggerak utama yang memotivasi untuk berwirausaha adalah kebutuhan untuk berprestasi.

Kebutuhan merupakan keinginan atau dorongan dalam diri personal yang memotivasi ke arah pencapaian tujuan. Pencapaian tujuan merupakan bentuk tantangan bagi individu kompetitif.

2. Jujur

Kejujuran merupakan karakteristik mutlak dalam berwirausaha. Kejujuran dalam berwirausaha merupakan fondasi awal kokohnya sebuah wirausaha.

Sebuah perusahaan yang memiliki pimpinan dan karyawan yang jujur akan lebih berkembang dan sukses.

3. Disiplin

Selain menjunjung tinggi kejujuran, seorang wirausaha juga harus memiliki sikap disiplin. Sikap disiplin mampu menggerakkan semangat dan motivasi untuk menjalankan usaha sehingga dapat mencapai target.

4. Kreatif dan Inovatif

Kreatif merupakan suatu kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang berbeda. Sedangkan inovatif merupakan gagasan baru yang meninggalkan cara lama dalam bekerja.

Baca juga:  Daftar 40+ Universitas Terbaik di Dunia [TERUPDATE]

Wirausaha yang kreatif dan inovatif akan membawa perusahaan sukses berkembang sesuai zaman dalam menghadapi pasar.

5. Berkomitmen Tinggi

Komitmen merupakan suatu karakter yang memegang teguh prinsip yang telah disepakati. Pada umumnya orang akan memilih dengan siapa mereka bekerja sama, diantaranya adalah dengan orang yang berkomitmen.

6. Mandiri dan Realistis

Sebagaii seorang yang mempelopori sebuah usaha, maka seorang wirausaha adalah orang yang mandiri dalam melakukan sesuatu. Selai itu sikap realistis dalam membaca realita di sekitarnya merupakan karakter seorang wirausaha.

7. Terampil

Seorang wirausaha harus mampu mencari dan menangkap peluang yang datang demi menguntungkan usahanya. Berkomunikasi dengan siapapun, menangani masalah apapun, dan mampu bekerja sama dengan pihak yang menguntungkan perusahaan.

8. Futuristik

Sebagai penggerak roda usaha, wirausaha memiliki kemampuan perencanaan dan berpikir ke depan. Seorang wirausaha mampu mencari dan mengantisipasi segala hal yang boleh jadi terjadi di masa yang akan datang.

9. Cerdas Finansial

Keuntungan finansial adalah hal yang tidak penting dibandingkan prestasi kerja seorang wirausaha. Uang merupakan lambang konkret dari tercapainya tujuan dan sebagai bukti kompetensi seorang wirausaha.

Contoh Wirausaha

Pengertian wirausaha

Semakin berkembangnya teknologi menyebabkan munculnya berbagai jenis wirausaha baru yang banyak digeluti oleh masyarakat. Berikut contoh beberapa wirausaha yang banyak digeluti saat ini.

  1. Katering
  2. Desain grafis
  3. Percetakan
  4. Warabala kuliner
  5. Cuci mobil dan motor
  6. Bimbingan belajar
  7. Konter handphone dan pulsa
  8. Influencer
  9. Reseller dan dropshit produk
  10. Cafe
  11. Barber shop
  12. Laundry
  13. Pembayaran tagihan online
  14. Toko Pakaian
  15. Kerajinan tangan
  16. Wirausaha online
  17. Usaha Ritel
  18. Startup
  19. dan lain sebagainya

Demikian penjelasan mengenai wirausaha meliputi pengertian, tujuan, ciri dan karakteristik, serta contoh-contohnya. Semoga bermanfaat!

Referensi:

  • dosenpendidikan.co.id
Mahasiswi Departemen Fisika Universitas Diponegoro dengan bidang ilmu Fisika Material

Be the first to comment

Leave a Reply