Pengertian Pendidikan dari berbagai sumber + Jenisnya

pendidikan adalah
ilustrasi oleh dribbble.com

Pendidikan adalah proses pembelajaran pengetahuan, kemampuan dan keterampilan yang didapatkan dari kebiasaan dan bisa menjadi warisan dari orang sebelumnya.

Pendidikan memiliki pengertian yang luas tidak hanya berkaitan dengan sekolah saja, tapi pendidikan memegang peran penting yang bisa membebaskan seseorang dari kebodohan dan hal-hal yang bisa disebabkannya seperti kemiskinan, keterbatasan pola pikir, mudah ditipu dan lain-lain.

Dengan adanya pendidikan diharapkan seseorang mampu terbebas dari belengu kemiskinan dan dengan memiliki pendidikan tinggi berpeluang  untuk memiliki kehidupan yang lebih baik juga seperti karier, pekerjaan dan kedudukan yang baik.

Nah, apa sih sebenernya pengertian pendidikan sehingga sebegitu pentingnya? Berikut kami berikan beberapa penjelasan lengkap mengenai pengertian pendidikan lengkap dari berbagai sumber.

Pengertian Pendidikan Secara etimologi

Kata pendidikan berasal dari bahasa inggris yaitu education atau dalam bahasa latin dari kata Eductum.

Arti kata “E” adalah sebuah proses perkembangan dari dalam keluar dan kata “Duco” artinya sedang berkembang.

Sehingga secara etimologi, pendidikan adalah proses kemampuan dan keahlian diri yang terus berkembang secara terus menerus secara individual.

Pengertian Pendidikan Secara umum

Secara umum pendidikan adalah proses pembelajaran pengetahuan, kemampuan dan keterampilan yang didapatkan dari kebiasaan dan bisa menjadi warisan dari orang sebelumnya.

Suatu pendidikan sangat dibutuhkan sebagai penunjang mencari pengetahuan, melakukan penelitian dan mengikuti pelatihan. Pendidikan adalah suatu usaha yang didapatkan secara sadar dengan proses sistematis dan dinamis.

Adapun tujuan pendidikan seperti mewujudkan terjadinya proses belajar mengajar dan bisa meningkatkan potensi siswa di sekolahan.

pendidikan adalah

Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli

Para ahli mengemukakan definisi pendidikan berdasarkan versinya masing-masing. Berikut adalah pengertian pendidikan menurut beberapa ahli

  • Ki Hajar Dewantara
    Menurut Ki Hajar Dewantara, Pendidikan adalah proses penunjang kekuatan kodrat sebagai manusia yang memiliki akal, dalam menguasai pengetahuan pada peserta didik.
  • Prof. Dr. Imam Barnadib
    Pendidikan adalah usaha sadar dan sistematis unuk mencapai taraf hidup atau kemajuan yang lebih baik.
  • M.J Langeveld
    Pendidikan adalah suatu usaha dalam menolong anak untuk melakukan tugas-tugas hidupnya, agar mandiri dan juga bertanggung jawab secara susila.
  • Martinus J Marimba
    Pendidikan sebagai sarana untuk membantu dan menolong setiap orang agar bisa menjalankan hidupnya dengan baik.

    Selain itu, pendidikan juga menentukan tujuan hidup sesuai dengan yang diharapkan dan bisa meningkatakan taraf berpikir menuju kedewasaan.
  • Thompson
    Pengertian pendidikan menurut Thompson bahwa pendidikan memiliki pengaruh kuat yang mampu merubah jati diri manusia menjadi lebih baik
  • Jhon Dewey
    Pendidikan menurut Jhon Dewey adalah suatu proses yang didalamnya meliputi pengembangan, peningkatan dan pertumbuhan yang terus-menerus.
  • Ahmad D. Marimba dan Mahmud (2012)
    Pendidikan adalah proses bimbingan jasmani dan rohani untuk membentuk kepribadian utama, membimbing keterampilan jasmaniah dan rohaniah sebagai perilaku nyata yang bermanfaat pada kehidupan siswa di masyarakat.
Baca juga:  Sertifikasi Guru: Pengertian, Kriteria, Tujuan dan Manfaatnya

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pengertian pendidikan alah sebuah proses pembelajaran bagi setiap individu untuk mencapai pengetahuan dan pemahaman yang lebih tinggi mengenai obyek tertentu dan spesifik.

Pengetahuan yang diperoleh secara formal tersebut berakibat pada setiap individu yaitu memiliki pola pikir, perilaku dan akhlak yang sesuai dengan pendidikan yang diperolehnya.

UU No. 2 Tahun 1989.

Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang

GBHN

Pendidikan adalah usaha sadar untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan di dalam dan diluar sekolah dan berlangsung seumur hidup

UU No. 2 tahun 2003

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spritual keagamaan,pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan akhlak bangsa dan negara

pendidikan adalah

Contoh Pendidikan

Pendidikan memiliki lembaga yang menjadi sarana bagi generasi untuk menuntut ilmu.

Lembaga yang umum dilalui anak-anak adalah sektor formal seperti menempuh jenjang sekolah SD, SMP dan SMA.

Disini tidak hanya membahas pendidikan formal saja, akan tetepi akan dibahas mengenai contoh pendidikan nonformal dan pendidikan informal.

1. Pendidikan Formal

Pendidkan formal memiliki jenjang yang berbeda-beda sesuai usia anak dan pendidikan formal ini dibentuk resmi oleh pemerintah.

Adapun jenjang pendidikan formal yang ditempuh seperti pendidikan usia dini (Pau), Sekolah Dasar, Sekolah Menengah dan Perguruan Tinggi.

2. Pendidikan Nonformal

Pendidikan nonformal adalah pendidikan diluar dari formal yang tujuannya untuk mengganti, menambah dan melengkapi pendidikan formal.

Pendidikan ini diselengarakan oleh lembaga khusus yang ditunjuk oleh pemerintah dengan berpedoman pada standar nasional pendidikan sehingga setara dengan pendidikan formal.

Baca juga:  Kepemimpinan: Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Cara Membentuknya

Contoh pendidikan non formal antara lain Taman kanak-kanak (TK), Raudatul Athfal (RA), Taman Pendidikan Al-Qur’an, Kelompok bermain (KB), Taman bermain anak (TBA), Lembaga kursus, Sanggar, Lembaga pelatihan, Majelis taklim dan masih banyak lagi

3. Pendidikan Informal

Pendidikan informal adalah jalur pendidikan yang dilakukan di lingkungan keluarga dan lingkungan yang dimana kegiatan belajarnya dilakukan secara mandiri.

Contoh jalur pendidikan ini adalah pendidikan budi pekerti, agama, etika, sopan santun, moral dan sosialisasi dengan lingkungan. Dimana pendidikan ini prosesnya dilakukan oleh keluarga.

Demikian penjelasan mengenai pengertian pendidikan dari berbagai sumber dan contohnya. Semoga bermanfaat!

Lulusan Departemen Fisika Universitas Diponegoro. Senang belajar dan meneliti.

Be the first to comment

Leave a Reply