Arti Kata ‘Ringkih’

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata ‘ringkih’ memiliki arti sebagai berikut:

  • ringkih: /ring·kih/ a lemah; rapuh; tidak kokoh; tidak kuat. Contoh: orang itu sangat ringkih krn baru sembuh

Penjelasan Arti ‘Ringkih’ di Kamus Besar Bahasa Indonesia

Ringkih adalah sifat dari sesuatu yang lemah, mudah patah, atau rusak. Bayangkan sebuah ranting kering yang saat kita tekuk sedikit saja bisa langsung patah. Itu adalah contoh dari sesuatu yang ringkih.

Kata ini sering digunakan untuk menggambarkan benda yang tidak kokoh atau tidak kuat sehingga tidak perlu banyak tenaga untuk merusak atau mematahkannya.

Ketika kita mengatakan bahwa seseorang ringkih, itu bisa berarti bahwa orang tersebut tidak dalam kondisi yang baik, mungkin karena baru saja sembuh dari sakit.

Mereka mungkin terlihat lemah dan tidak memiliki energi seperti biasanya. Jadi, ketika kamu melihat seseorang yang tampak lemas, dengan langkah yang goyah dan tangan yang gemetar, bisa jadi mereka sedang merasakan keadaan yang ringkih.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menemukan benda-benda yang ringkih.

Misalnya, keramik atau kaca yang jika terjatuh dari ketinggian sedikit saja bisa pecah berkeping-keping. Oleh karena itu, barang-barang tersebut harus dipegang dengan hati-hati dan ditempatkan di area yang aman agar tidak rusak.

Ringkih juga bisa berarti sesuatu yang tidak tahan lama atau mudah rusak seiring berjalannya waktu.

Bahkan, hubungan antar manusia bisa saja disebut ringkih jika mudah sekali goyah hanya karena sedikit masalah atau kesalahpahaman. Dalam konteks ini, hal yang ringkih memerlukan perhatian ekstra dan pemeliharaan agar dapat bertahan atau membaik.

Penting untuk memahami bahwa semua yang ringkih bukan berarti tidak berharga.

Seringkali, benda-benda yang ringkih memiliki nilai tertentu, misalnya keindahan atau nilai sentimental. Jadi, merawat dan memperlakukannya dengan lembut adalah cara untuk menjaga keutuhannya.

Referensi

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/ringkih