Arti Kata ‘Ketir-ketir’

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata ‘ketir-ketir’ memiliki arti sebagai berikut:

  • ketir-ketir: /ke·tir-ke·tir/ Jw a dl perasaan cemas (khawatir, waswas, gelisah) dan takut. Contoh: pd umumnya hati bendaharawan selalu ketir-ketir apabila akan diadakan pemeriksaan oleh pihak pemeriksa keuangan

Penjelasan Arti ‘Ketir-ketir’ di Kamus Besar Bahasa Indonesia

Ketir-ketir adalah sebuah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan keadaan seseorang yang merasa sangat cemas atau khawatir.. Rasa cemas ini bisa muncul karena berbagai sebab, misalnya saat akan menghadapi suatu hal yang penting dan menentukan, seperti ujian, wawancara kerja, atau saat menunggu hasil dari sesuatu yang krusial.

Kata “ketir-ketir” sendiri berasal dari bahasa Jawa, yang merujuk kepada kegelisahan dan rasa takut yang menggelayuti seseorang.

Gambaran perasaan ini dapat terlihat jelas saat seseorang sedang dalam situasi yang membuatnya tidak tenang dan merasa tidak yakin akan hasil atau kemungkinan yang akan terjadi.

Misalnya, ambil contoh seorang bendaharawan atau pihak yang bertanggung jawab atas keuangan di suatu organisasi.

Ketika tiba waktu pemeriksaan keuangan oleh lembaga pengawas, adalah sangat umum bagi bendaharawan untuk merasa “ketir-ketir”. Ini karena mereka merasa bertanggung jawab secara penuh atas catatan keuangan yang harus jujur dan transparan.

Kesalahan kecil atau ketidaksesuaian dalam laporan dapat berujung pada penilaian negatif atau bahkan masalah hukum, sehingga menciptakan tekanan yang berat bagi mereka.

Dalam konteks lain, kata “ketir-ketir” juga dapat digunakan untuk menggambarkan rasa takut seseorang yang khawatir akan konsekuensi dari tindakannya.

Misalnya, seorang siswa yang berbuat kesalahan di sekolah mungkin akan merasa ketir-ketir menanti reaksi guru yang akan menegurnya.

Perasaan ketir-ketir seringkali disertai dengan fisik yang gugup, seperti tangan yang berkeringat, degupan jantung yang cepat, atau perasaan susah duduk diam.

Orang yang merasakannya mungkin memiliki pikiran yang bercabang dan sulit untuk konsentrasi pada hal lain.

Oleh karena itu, ungkapan “ketir-ketir” umumnya menunjukkan keadaan emosional yang tidak menyenangkan dan seringkali merupakan tanda bahwa seseorang sangat peduli atau merasa bertanggung jawab atas sesuatu yang penting bagi mereka.

Kebanyakan orang akan pernah merasakan keadaan ini pada beberapa momen dalam hidup mereka..

Referensi

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/ketir-ketir