Arti Kata ‘Jumbuh’

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata ‘jumbuh’ memiliki arti sebagai berikut:

  • jumbuh: /jum·buh/ Jw a sesuai; selaras;
  • kejumbuhan: /ke·jum·buh·an/ n kesesuaian; keselarasan

Penjelasan Arti ‘Jumbuh’ di Kamus Besar Bahasa Indonesia

Kata “jumbuh” berasal dari bahasa Jawa dan digunakan untuk mengungkapkan perasaan atau situasi di mana sesuatu itu sesuai atau selaras. Misalkan kamu punya baju yang warnanya pas banget sama celanamu, bisa dibilang dua pakaian tersebut ‘jumbuh’.

Atau, jika kamu dan temanmu punya pendapat yang sama tentang topik tertentu, pendapat kalian juga disebut ‘jumbuh’.

Sedangkan “kejumbuhan” adalah kata benda yang merujuk pada kondisi atau peristiwa dimana kesesuaian atau keselarasan itu tercapai.

Contohnya, ketika kamu merencanakan sebuah acara dan semuanya berjalan lancar tanpa ada yang bertentangan, situasi tersebut merupakan kejumbuhan.

Kejumbuhan penting dalam berbagai aspek kehidupan, baik itu dalam hal estetika, seperti padu padan pakaian, maupun dalam hubungan interpersonal, seperti kerjasama tim yang baik.

Selain itu, kejumbuhan juga sering dicari dalam keseimbangan antara kerja dan kehidupan pribadi agar seseorang dapat merasa puas dan bahagia dengan kehidupannya secara keseluruhan.

Jadi, kata ‘jumbuh’ dan ‘kejumbuhan’ menekankan pentingnya sesuatu hal yang harmonis dan serasi, baik itu benda, pikiran, atau kehidupan seseorang dengan lingkungannya.

Referensi

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/jumbuh