Arti Kata ‘Jember’

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata ‘jember’ memiliki arti sebagai berikut:

  • jember: /jem·ber/ Jw a kotor dan lembap

Penjelasan Arti ‘Jember’ di Kamus Besar Bahasa Indonesia

Jember adalah kata dalam bahasa Jawa yang menggambarkan suatu tempat atau kondisi yang kotor dan juga lembap. Kotor di sini bisa berarti banyak kotoran, debu, atau sampah, yang membuat tempat itu jadi tidak bersih dan seringkali tidak sehat untuk dihuni atau digunakan.

Lembap adalah keadaan di mana ada banyak kelembapan, bisa karena air, uap, atau keadaan cuaca yang membuat sesuatu menjadi basah atau cenderung lembek.

Misalnya, kita bisa memakai kata jember untuk menggambarkan ruangan di bawah tanah atau gudang lama yang sudah lama tidak dibersihkan dan karena kurangnya sirkulasi udara, ruangannya menjadi lembap dan mungkin juga ditumbuhi jamur.

Bisa juga ruangan tersebut berbau tidak sedap karena kombinasi keadaan kotor dan lembap tersebut.

Dalam kehidupan sehari-hari, orang mungkin akan berkata, “Kamar mandi itu jember, perlu dibersihkan agar tidak menjadi sarang nyamuk dan tempat berkembangnya bakteri dan jamur.” Di sini, ‘jember’ menegaskan pentingnya menjaga kebersihan dan menjauhkan kelembapan yang berlebihan untuk mencegah masalah kesehatan dan kerusakan pada struktur bangunan.

Menghindari kondisi jember juga penting untuk menjaga kesehatan tubuh, karena tempat yang kotor dan lembap bisa menjadi tempat yang ideal bagi berkembangnya kuman, serangga, dan hama yang bisa menyebarkan penyakit.

Membersihkan dan menjaga kebersihan, serta mungkin penggunaan alat penghilang kelembapan atau dehumidifier, bisa membantu mengatasi masalah ini..

Referensi

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/jember