Arti Kata ‘Haiking’

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata ‘haiking’ memiliki arti sebagai berikut:

  • haiking: /hai·king/ v Olr menjelajah; mendaki gunung

Penjelasan Arti ‘Haiking’ di Kamus Besar Bahasa Indonesia

Haiking adalah kegiatan yang melibatkan penjelajahan atau perjalanan ke alam terbuka, terutama untuk mendaki gunung. Kegiatan ini biasanya dilakukan sebagai bentuk rekreasi dan bisa mencakup berjalan kaki di jalur-jalur pegunungan, hutan, padang pasir, atau daerah pedesaan lainnya.

Saat seseorang melakukan haiking, mereka akan menghabiskan waktu mereka di luar ruangan, seringkali mengikuti rute atau jalur yang telah ditentukan atau membuat jalur sendiri menurut kondisi alam.

Kegiatan haiking tidak hanya ditujukan untuk mencapai puncak gunung, tetapi juga untuk menikmati keindahan alam, seperti pemandangan, flora, dan fauna yang ada di sekitar jalur haiking.

Haiking juga bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental.

Saat mendaki atau berjalan di alam, tubuh akan bergerak dan melakukan aktivitas fisik yang dapat meningkatkan kekuatan otot, keseimbangan, dan kardiovaskular. Secara mental, haiking dapat memberikan perasaan relaks dan mengurangi stres karena alam sering kali memberikan lingkungan yang menenangkan.

Peserta haiking biasanya membawa perlengkapan yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi alam yang akan mereka jelajahi, seperti pakaian yang cocok, sepatu haiking, makanan, air, peta, kompas, dan peralatan darurat seperti kotak P3K.

Selain itu, etika haiking yang baik meliputi menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak meninggalkan sampah dan menghargai satwa liar serta ekosistem alam.

Secara umum, haiking adalah cara yang bagus untuk berhubungan dengan alam sambil memelihara tubuh dan pikiran.

Kegiatan ini bisa dilakukan sendirian, bersama teman, atau dalam kelompok, dan menawarkan peluang untuk belajar, petualangan, serta pengalaman yang menyegarkan..

Referensi

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/haiking