Arti Kata ‘Etis’

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata ‘etis’ memiliki arti sebagai berikut:

  • etis: /├ętis/ a 1 berhubungan (sesuai) dng etika; 2 sesuai dng asas perilaku yg disepakati secara umum

Penjelasan Arti ‘Etis’ di Kamus Besar Bahasa Indonesia

Kata “etis” adalah sifat yang menunjukkan hubungan atau kesesuaian dengan etika. Etika itu sendiri adalah kumpulan prinsip atau aturan yang digunakan untuk menentukan apa yang dianggap benar atau salah dalam sikap dan tindakan manusia.

Jadi, ketika kita bilang sesuatu itu ‘etis’, kita sedang mengatakan bahwa hal tersebut sesuai dengan pedoman yang dianggap baik dan benar oleh masyarakat.

Contoh pertama, jika seorang dokter menjaga kerahasiaan pasiennya, itu adalah tindakan etis.

Kenapa? Karena dalam profesi kedokteran, ada aturan yang menyatakan bahwa privasi pasien itu penting dan harus dilindungi.

Contoh kedua, misalnya ada seorang pelajar yang menolong temannya yang kesulitan belajar.

Tindakan ini bisa juga dikatakan etis karena menunjukkan rasa peduli dan kerjasama, sesuatu yang dianggap positif dalam masyarakat.

Secara lebih luas, ketika sesuatu dikatakan etis pada poin kedua, itu berarti sesuai dengan asas-asas perilaku yang sudah disetujui bersama.

Asas perilaku ini seperti sebuah perjanjian tidak tertulis tentang apa yang kita semua anggap sebagai tindakan yang layak dan terhormat. Itu bisa mencakup hal-hal seperti kejujuran, keadilan, dan tanggung jawab.

Misalkan di sekolah, para siswa sepakat untuk tidak mencontek selama ujian karena ini menjadi asas yang dipegang bersama, bahwa mencontek itu tidak adil bagi yang lain.

Jadi, siswa yang tidak mencontek dan berusaha dengan kemampuan sendiri sedang bertindak etis.

Kata ‘etis’ juga bisa berkaitan dengan keputusan atau dilema yang dihadapi seseorang.

Kadang-kadang kita harus memilih antara beberapa opsi, dan itulah saatnya pertimbangan etis masuk. Kita harus memikirkan bukan hanya apa yang menguntungkan untuk diri sendiri, tapi juga apa yang terbaik bagi orang lain dan masyarakat secara umum.

Jadi, kata ‘etis’ itu punya kaitan erat dengan cara kita berperilaku yang baik dan benar menurut nilai-nilai yang berlaku di masyarakat kita.

Ini penting karena dengan bertindak etis, kita menciptakan lingkungan yang adil dan nyaman untuk semua orang..

Referensi

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/etis