Arti Kata ‘Banget’

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata ‘banget’ memiliki arti sebagai berikut:

  • banget: /ba·nget/ adv cak sangat. Contoh: aku setuju banget dng isi surat itu;
  • kebangetan: /ke·ba·nget·an/ n keterlaluan

Penjelasan Arti ‘Banget’ di Kamus Besar Bahasa Indonesia

Kata “banget” adalah sebuah kata yang sering kamu dengar sehari-hari, terutama di kalangan anak muda. Ini adalah kata yang berasal dari bahasa sehari-hari atau bahasa gaul yang memiliki makna “sangat”.

Jadi, kalau kamu mendengar seseorang bilang “Aku suka banget sama kamu,” ini berarti orang tersebut ingin mengungkapkan perasaannya dengan menekankan bahwa dia sangat menyukaimu.

Saat kita gunakan kata “banget”, kita biasanya ingin memberi penekanan atau ingin menunjukkan tingkat yang lebih tinggi dari sesuatu.

Misalnya, jika makanan yang kamu cicipi rasanya luar biasa lezat, kamu mungkin akan berkata, “Wah, makanan ini enak banget!” Artinya, makanan tersebut tidak hanya enak, tapi rasanya benar-benar top dan membuatmu terkesan.

Sementara itu, “kebangetan” adalah turunan dari kata “banget” yang digunakan untuk mengungkapkan rasa keterlaluan atau kelebihan dari sesuatu hal.

Misalnya, ketika ada temanmu yang selalu terlambat dan suatu hari dia terlambat lagi hingga beberapa jam, kamu mungkin akan berkata, “Ah, kamu ini kebangetan, sih, telatnya!” Ini menunjukkan bahwa tingkah laku temanmu sudah melewati batas kesabaran dan kamu merasa apa yang dia lakukan itu sudah tidak wajar lagi.

Dalam penggunaannya, “banget” dan “kebangetan” ini umumnya digunakan dalam percakapan yang tidak formal atau santai.

Jadi, kalau kamu sedang berada dalam situasi yang lebih formal atau resmi, lebih baik menggunakan kata “sangat” atau “terlalu” yang lebih sesuai dengan konteks tersebut. Namun, untuk kegiatan sehari-hari bersama teman-teman, “banget” dan “kebangetan” bisa membuat percakapanmu lebih hidup dan menunjukkan perasaanmu dengan lebih kuat.

Referensi

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/banget