Arti Kata ‘Balada’

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata ‘balada’ memiliki arti sebagai berikut:

  • balada: /ba·la·da/ n Sas sajak sederhana yg mengisahkan cerita rakyat yg mengharukan, kadang-kadang dinyanyikan, kadang-kadang berupa dialog

Penjelasan Arti ‘Balada’ di Kamus Besar Bahasa Indonesia

Balada adalah sejenis puisi yang menceritakan sebuah kisah. Puisi ini biasanya dibuat dengan gaya yang sederhana dan sering kali menceritakan tentang cerita-cerita rakyat. Karena isinya yang mengharukan, balada sering menimbulkan perasaan sedih atau terharu pada pembaca atau pendengarnya.

Ada kalanya balada ini juga dinyanyikan.

Jika dinyanyikan, balada biasanya diiringi oleh alat musik dan memiliki melodi yang mudah diingat sehingga memudahkan orang untuk menyanyikan dan menghafalnya. Balada yang dinyanyikan ini tidak hanya menghibur, tapi juga bertujuan untuk melestarikan kisah-kisah rakyat lewat lagu.

Selain itu, bentuk balada kadang-kadang bisa berupa dialog, di mana ada pertukaran percakapan antar tokoh dalam puisi tersebut.

Ini memberikan dimensi yang lebih hidup pada cerita yang diceritakan karena seperti memperlihatkan interaksi langsung antara karakter-karakter yang ada di dalamnya.

Balada sangat populer di kalangan rakyat karena mudah dipahami dan kerap terkait dengan kehidupan sehari-hari atau legenda yang telah diwariskan dari generasi ke generasi.

Karena itu, balada menjadi cara yang efektif untuk menyampaikan nilai-nilai, pesan moral, atau sekadar mengabadikan cerita yang penting bagi suatu komunitas.

Dalam sejarahnya, balada merupakan salah satu bentuk sastra lisan yang tertua.

Dengan berkembangnya waktu, kini balada juga ditulis dan dibacakan, memberikan kesempatan bagi lebih banyak orang untuk menikmati kisah-kisah indah yang dituturkannya..

Referensi

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/balada