Doa Setelah Belajar : Bacaan Arab, Latin dan Artinya

doa setelah belajar
Ilustrasi oleh dribbble.com

Doa setelah belajar berbunyi: “Allaumma arìnal haqqa haqqan warzuqnat tìbaa’ahu wa arìnal baathìla baathìlan warzuqnaj tìnaabahu.”

Kegiatan belajar merupakan hal yang wajib di lalui oleh para pelajar pada umumnya. Namun, belajar tak hanya sebatas pelajar, belajar berlaku bagi seluruh kalangan usia tak mengenal status.

Dalam ajaran agama, berdoa baik sebelum maupun sesudah belajar sangat dianjurkan. Sebagaimana karunia ilmu merupakan pemberian dari Sang Pencipta, sebagai seorang hamba sudah sewajarnya untuk berkirim doa supaya diberikan ilmu yang bermanfaat ketika belajar.

Berikut akan diulas lebih lanjut mengenai doa sesudah belajar yang bisa dipraktikkan dalam sehari-hari.

Pengertian Belajar

Belajar adalah proses yang dilakukan suatu individu untuk memperoleh pengetahuan. Banyak hal yang bisa dipelajari, baik hal yang berkaitan dengan lingkungan sehari-hari hingga analisis teori umum tertentu.

Sebagai seorang muslim, belajar merupakan suatu kegiatan yang sangat dianjurkan bahkan termasuk perintah pertama dari Allah SWT yang diturunkan pada wahyu pertama surah Al-Alaq ayat 1-5 yang berbunyi sebagai berikut.

اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ (1) خَلَقَ الْإِنسَانَ مِنْ عَلَقٍ (2) اقْرَأْ وَرَبُّكَ الْأَكْرَمُ (3) الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ (4) عَلَّمَ الْإِنسَانَ مَالَمْ يَعْلَمْ (5)

Artinya:

“Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang Menciptakan (1) Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah (2) Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha pemurah (3) yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam (4) Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya (5)”. (QS. Al-‘Alaq [ 96 ] : 1-5)

Selain itu, orang yang belajar akan mendapat kedudukan yang tinggi karena diangkat derajatnya oleh Allah SWT. Firmah Tuhan ini terdapat pada surah Al-Mujadalah ayat 11 yang berbunyi.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا۟ فِى ٱلْمَجَٰلِسِ فَٱفْسَحُوا۟ يَفْسَحِ ٱللَّهُ لَكُمْ ۖ وَإِذَا قِيلَ ٱنشُزُوا۟ فَٱنشُزُوا۟ يَرْفَعِ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ مِنكُمْ وَٱلَّذِينَ أُوتُوا۟ ٱلْعِلْمَ دَرَجَٰتٍ ۚ وَٱللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Artinya:

Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majlis”, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu”, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Tujuan Belajar

doa setelah belajar

Tujuan belajar bagi setiap orang sangat beragam. Umumnya tujuan belajar adalah sebagai berikut.

1. Memperoleh Ilmu Pengetahuan

Sebagaimana hakikat dari belajar itu sendiri, tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan pengetahuan baru. Dengan pengetahuan, maka pemahaman akan suatu hal akan meningkat.

Contohnya, seseorang yang belajar bagaimana proses bertani yang baik, akan memiliki pengetahuan yang lebih baik dari pertanian. Dengan ilmu yang dipelajarinya, proses bertani lebih efektif dan menguntungkan.

2. Mengembangkan Keterampilan

Seseorang harus memiliki ketrampilan dalam hidupnya. Dengan ini maka seseorang dapat mengembangkan potensi yang dimiliki.

Contoh dari proses mengembangkan ketrampilan adalah seseorang yang sedang belajar desain.

Jika pada mulanya desain yang dihasilkan masih belum bagus, maka dengan terus belajar dan latihan akan menghasilkan hasil yang lebih bagus dan detail.

3. Membentuk Karakter

Belajar bukan termasuk proses untuk menciptakan manusia pintar di dunia. Namun, belajar adalah proses untuk membentuk karakter pada suatu individu.

Sejatinya dengan semakin belajar seseorang akan memiliki karakter yang semakin bagus. Sebagaimana pepatah yang menyatakan padi semakin merunduk semakin berisi.

Contoh dari proses pembentukan karakter dari belajar adalah seorang ulama. Seorang ulama/ kiai/ guru merupakan seorang tokoh pengajar yang senantiasa belajar dan membagikan ilmunya kepada yang diajar. Dalam proses belajar sebagai pengajar, seorang guru akan semakin memiliki akhlak yang bagus.

Hal inilah yang membedakan antara seseorang yang terpelajar dengan seseorang yang hanya belajar tanpa tahu hakikat maksud dan tujuan dari belajar itu sendiri.

Doa Sesudah Belajar

doa setelah belajar

Berikut lafadz doa setelah belajar.

اِللَّهُمَّ اَرِنَا الْحَقًّا حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّبَاعَهُ وَاَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلًا وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

“Allaumma arìnal haqqa haqqan warzuqnat tìbaa’ahu wa arìnal baathìla baathìlan warzuqnaj tìnaabahu.”

Artinya:

Ya allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehingga kami dapat selalu mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat selalu menjauhinya.”

Keutamaan Doa Sesudah Belajar

doa setelah belajar

Belajar merupakan kegiatan mulia yang diharapkan mampu menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi diri sendiri maupun yang lainnya. Suatu kegiatan yang baik hendaknya diiringi dengan doa yang baik sebagai wujud ibadah, termasuk kegiatan doa sesudah belajar.

Berikut beberapa keutamaan doa sesudah belajar.

1. Menimbulkan rasa tenang

Melakukan sesuatu dengan mengingat Tuhan akan membantu hati menjadi tenang, sehingga kegiatan yang dilakukan pun lebih terfokus dan dapat dimengerti dengan mudah. Asal dari ketenangan pula timbul karena adanya rasa ikhlas yang dimunculkan karena belajar sebagai suatu kegiatan mencari ilmu.

2. Memperoleh keberkahan

Dengan mengucap doa dapat membuat kita menjadi selalu mengingat Tuhan. Hal diharapkan diantaranya adalah keberkahan dari-Nya dari atas segala yang dipelajari, sehingga akhirnya dapat memberikan kemanfaatan baik di dunia maupun di akhirat.

3. Melatih kesabaran dan kedisiplinan

Menerapkan doa sesudah belajar jika rutin diterapkan akan melatih kedisiplinan dalam menunaikan ibadah. Kedisiplinan memunculkan kesabaran dalam proses belajar. Jika tidak paham, tetapi diulang dan dipahami kembali maka akan memperoleh buah dari kegigihan disertai kedisiplinan dan kesabaran tersebut.

4. Memperoleh pahala

Perbuatan berdoa merupakan hal yang baik untuk dilakukan. Sebagaimana niatnya yang mulia, maka dengan berdoa akan memperoleh pahala dari Tuhan.

5. Menjadi percaya diri

Menerapkan doa sesudah belajar dapat meningkatkan rasa percaya diri. Dengan berdoa sesudah belajar, maka seseorang akan lebih siap dan ikhlas dalam menerima maupun menerapkan ilmu yang telah dipelajari.


Demikian penjelasan mengenai doa setelah belajar beserta ulasannya. Semoga bermanfaat.

About Rizka Zakiya 138 Articles
Mahasiswi Departemen Fisika Universitas Diponegoro dengan bidang ilmu Fisika Material

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*