Contoh Teks Eksposisi (Singkat dan Lengkap) Pendidikan, Kesehatan, Berita, dan Lain Sebagainya.

Contoh teks eksposisi singkat

Contoh teks eksposisi singkat yang dibahas dalam artikel ini antara lain dalam bidang pendidikan, lingkungan, kesehatan, media sosial dan masih banyak lagi.

Teks eksposisi merupakan sebuah teks yang bersifat mengajak dan berisi sejumlah informasi yang ditulis secara ringkas dan jelas.


Pada era modern ini, informasi yang kita dapatkan sangatlah melimpah. Bahkan, kita telah disuguhkan dengan segudang informasi setiap harinya. Informasi yang baik yaitu informasi yang mudah dipahami oleh pembaca.

Sebuah informasi mudah dipahami pembaca jika ditulis dengan kaidah bahasa yang baik dan benar. Salah satu kaidah bahasa yang digunakan dalam menjelaskan informasi tertentu adalah teks eksposisi.

Hal ini dikarenakan model teks eksposisi ditulis dengan struktur yang singkat, padat, dan jelas sehingga dapat mudah dipahami oleh pembaca.

Berikut beberapa penjelasan lanjut terkait dengan teks eksposisi meliputi pengertian dan beberapa contoh bentuk teks eksposisi.

Pengertian Teks Eksposisi

Secara terminologi, teks eksposisi adalah merupakan sebuah teks yang bersifat mengajak dan berisi sejumlah informasi yang ditulis secara ringkas dan jelas.

Dalam kaidah Bahasa Indonesia, dikenal istilah teks eksposisi yaitu teks yang menjelaskan sejumlah informasi ringkas, jelas, dan menarik untuk dibaca.

Salah satu contoh tema teks eksposisi yaitu : perkembangan pendidikan di Indonesia saat ini, kebijakan kesehatan di saat pandemi, dan lain sebagainya.

Struktur teks eksposisi terdiri atas:

  • Tesis
    Tesis dalam teks eksposisi berisi pernyataan pendapat penulis terhadap keseluruhan informasi yang akan dibahas.
  • Argumentasi
    Argumentasi dalam teks eksposisi berisi uraian pokok berupa argumen penulis disertai fakta ilmiah untuk mendukung serta mengembangkan tesis sebelumnya (bagian pendahuluan).
  • Penegasan ulang
    Pada bagian akhir teks eksposisi, yaitu penegasan ulang yang berisi penegasan kembali dan dukungan terhadap tesis sebelumnya.

Teks eksposisi mempunyai beragam jenis berdasarkan penggunaanya. Berikut jenis-jenis teks eksposisi.

  1. Teks eksposisi definisi
    Teks eksposisi definisi menjelaskan objek atau fenomena dengan fokus pada karakteristik tertentu.
  2. Teks eksposisi ilustrasi
    Teks eksposisi ilustrasi menjelaskan dengan mengilustrasikan atau menggambarkan suatu hal.
  3. Teks eksposisi proses
    Teks eksposisi proses menjelaskan proses (tahapan-tahapan) dalam melakukan sesuatu.
  4. Teks eksposisi berita
    Teks eksposisi berita menjelaskan mengenai fenomena atau kejadian tertentu.
  5. Teks eksposisi perbandingan
    Teks eksposisi perbandingan menjelaskan ide dengan cara membandingkan sesuatu.
  6. Teks eksposisi pertentangan
    Teks eksposisi pertentangan menjelaskan suatu pertentangan.
  7. Teks eksposisi analisis
    Teks eksposisi analisis mengidentifikasi gagasan utama menjadi per-sub bagian lalu dikembangkan secara berurutan.
  8. Teks eksposisi klasifikasi
    Teks eksposisi klasifikasi menjelaskan pembagian atau pengelompokan ke dalam kategori tertentu.

Contoh Teks Eksposisi Pendidikan

contoh teks eksposisi singkat tentang pendidikan
Ilustarasi contoh teks eksposisi singkat tentang pendidikan oleh dribbble

Perubahan Kurikulum Pendidikan di Indonesia

Tesis:

Sistem pendidikan Indonesia saat ini mengalami suatu perubahan yang sangat signifikan. Perubahan tersebut berhubungan dengan kurikulum yang digunakan dalam dunia pendidikan Indonesia.

Yang mana, kurikulum 2006 yang sudah lama digunakan dirubah dengan kurikulum 2013. Meskipun tidak semua sekolah menggunakan kurikulum tersebut.

Argumentasi:

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam beberapa kesempatan memaparkan bahwa, kurikulum 2013 diutamakan pada sekolah-sekolah yang memiliki akreditasi A atau sekolah bertaraf Internasional.

Terjangkaunya distribusi buku juga menjadi syarat terhadap sekolah yang melaksanakan kurikulum 2013. Kemendikbud juga menjelaskan bahwa kurikulum 2013 ini fokus pada pembangunan sikap, pengetahuan, keterampilan, karakter yang dilandasi pendekatan ilmiah.

Tidak hanya itu, kurikulum 2013 juga menitikberatkan kepada hubungan antara proses belajar dengan rasa syukur pada pemberian Tuhan Yang Maha Kuasa kepada manusia yang diberi berkat untuk mengelola alam ini.

Khususnya mengacu pada proses belajar mengajar yang dimulai dengan mengamati, menanya, menalar, dan mencoba atau mencipta.

Musliar Kasim selaku wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan berpendapat, bahwa Kurikulum 2013 lebih menitikberatkan praktik daripada hafalan.

Karena selama ini, siswa banyak dibebani hafalan yang justru dinilai kurang menumbuhkan kreativitas.

Melalui Kurikulum 2013 ini, pemerintah ingin mencetak anak bangsa Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif dan afektif. Dalam kurikulum 2013 setiap siswa dididik agar memiliki pengetahuan, keterampilan, sikap dan karakter.

Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Meutia Hatta mengatakan bahwa kurikulum 2013 ini mempunyai tujuan untuk mencetak karakter generasi berkualitas, cinta tanah air dan bangsanya.

Tidak hanya itu, kurikulum 2013 juga menonjolkan peran aktif siswa dalam proses pembelajaran, sehingga generasi masa depan tetap mempunyai jati diri sebagai bangsa Indonesia dan berkualitas.

Baca juga:  Daftar Kerajaan Islam di Sumatera [LENGKAP]

Penegasan Ulang:

Akan tetapi, banyak juga dari masyarakat yang menolak penerapan kurikulum 2013 ini. Perubahan kurikulum ini dinilai sangat mendadak dan cenderung dipaksakan.

Bahkan, ada yang berpendapat kurikulum ini kurang fokus sebab menggabungkan dua mata pelajaran yang memiliki substansi pokok yang berbeda.

Walaupun mata pelajaran yang akan diajarkan dibuat lebih sederhana, namun tingkat pemahaman dan pengetahuan yang dimiliki siswa akan semakin menurun karena mata pelajaran tersebut tidak dibahas secara utuh dan dibuat secara terpisah-pisah.

Contoh Teks Eksposisi Kesehatan

Ilustarasi oleh dribbble

Manfaat Makanan Sehat Bergizi Bagi Tubuh

Tesis

Secara umum dapat kita fahami bahwa fungsi makanan adalah sebagai fungsi energi tubuh makhluk hidup khususnya manusia. Makanan yang yang tidak baik akan menghasilkan energi yang buruk dan makanan yang baik akan menghasilkan energi yang baik. Disini makanan baik diartikan sebagai makanan yang bergizi.

Banyak definisi terkait dengan apa itu makanan yang bergizi yang sering membuat kita bingung. Namun ada satu hal yang pasti dalam definisi makanan bergizi yaitu ketersediaan dan kebutuhan akan makanan sehat memiliki peran yang sangat krusial bagi kesehatan manusia.

Pasalnya, salah dalam mengkonsumsi makanan akan berdampak buruk dalam kesehatan tubuh karna makanan tersebut mengganggu proses metabolisme tubuh. Hal tersebut sering disebuat sebagai penyakit.

Argumentasi

Dalam beberapa literatur dijelaskan bahwa salah satu indikato kondisi tubuh yang sehat adalah tubuh yang ideal yang ditinjau dari aspek bobot tubuh. Makanan sehat bergizi meliputi bahan pangan yang bisa membuat kita terhindar dari kondisi kelebihan berat badan atau kekurangan berat badan. Makanan yang sehat dan higienis akan bisa membuat bobot tubuh anda tetap berada di angka normal atau berat badan ideal.

Selain itu, makanan bergizi dan sehat untuk tubuh manusia adalaha makanan yang tidak memicu penambahan kadar kolesterol di dalam tubuh, atau kadar gula darah. Lebih dari itu, makanan sehat membuat kadar asam urat, gula, lemak, dan asam urat, dalam kondisi stabil dan baik.

Para ahli dalam bidang kesehatan juga sering berpendapat bahwa makanan sehat bergizi adalah jenis makanan yang sama sekali tidak akan mengganggu fungsi organ-organ tubuh, bahkan mengondisikan tekanan darah selalu dalam posisi stabil.

Sedangkan dalam definisi lain, makanan sehat merupakan bahan pangan yang menyehatkan dalam arti sebenarnya, dimana lidah kita juga mampu menikmati rasa makanan tersebut secara maksimal, serta tubuh kita mampu menerima dan memprosesnya menjadi energi positif yang akan menopang setiap kelancaran aktifitas haria kita.

Penegasan Ulang

Indikator tubuh ideal yang dipengaruhi oleh bobot dan tingi tubuh akan berdampak positif terhadap kondisi keseatan tubuh. Tubuh yang ideal dapat diperoleh dengan cara mengkonsumsi makanan sehat bergizi dalam tataran ideal atau seimbang, wajib terdiri dari bahan pangan utama dan bahan pangan penunjang.

Komposisi makanan seimbang ini sangat populer dengan sebutan makanan empat sehat, lima sempurna. Namun, karena berbagai hal, popularitas istilah empat sehat lima sempurna kian hari kian surut.

Contoh Teks Eksposisi Berita

contoh teks eksposisi singkat tentang berita media sosial
Ilustarasi contoh teks eksposisi singkat tentang berita media sosial oleh dribbble

Polri Hadapi Maraknya Hoaks

Tesis
Menjelang tahun politik, terdapat banyak sekali kabar berita hoaks yang bertebaran di berbagai media. Hal tersebut menarik perhatian Irjen Pol Gatot Pramono sebagai Ketua Satgas Nusantara. Dia berpesan dan mengajak seluruh elemen yang ada didalam masyarakat untuk lebih bijak dalam mongkumsi kabar berita yang bersumber dari sosial media.

Menurut seorang pakar poliyik, Edi dalam sebuah diskusi “Refleksi Akhir Tahun : Memperteguh Komitmen Kebangsaan di Tahun Politik”, media konvensional lebih terpercaya dibandingkan dengan media sosial.

Edi juga kembali menjelaskan bahwa media sosial hanya dipegang oleh pemilik akun yang terkadang hanya memiliki tujuan tertentu termasuk menyebar hoaks. Sering akun – akun media sosial yang digunakan untuk menyebar hoaks adalah akun yang anonimus (menggunakan identitas palsu).

Hal tersebut menjadi membahayakan kondusifitas tatanan negara dan menjadi tantangan tersendiri bagi polri untuk mencegah beredarnya hoaks yang masih banyak di media sosial.

Argumen
Bursah Zanubi, yang merupakan Ketua Umum  dari Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PGK), berkomentar dalam sebuah diskusi politik terkait dengan isu saat ini. Ia sangat menyesalkan kalau belakangan tahun politik ini menjadi tempat pemecah belah masyarakat dan menjadikan negara ini tidak kondusif.

Baca juga:  Teks Persuasif - Pengertian, Ciri, Struktur, dan Contohnya

Dia juga menjelaskan bahwa sebagian besar energi masyarakat Indonesia selama tahun 2018 terserap masuk hanya ke dalam atmosfer kampanye pemilihan presiden 2019 esok.

Faktanya, kita hanya menyaksikan narasi kampanye dipenuhi dengan ujaran kebencian, hoaks, fitnah, kampanye hitam, dan perdebatan minim data sepanjang tahun politik ini.

Penegasan Ulang
Kita semua dapat mengakui bahwa fokus seluruh masyarakat indonesia saat ini dalam pilkada serentak dan persiapan pilpres 2019, jargon dan kampanye politik lebih menonjolkan politik identitas dan SARA yang dianggap subyektif dan membahayakan keutuhan masyarakat yang harmonis.

Kapolri bersama jajarannya, dalam sebuah jumpa pers, berharap kepada seluruh masyarakat supaya bisa menjalankan pemilu 2019 tanpa adanya unsur memecah belah bangsa serta selalu menjunjung tinggi nilai – nilai pancasila.

Contoh Teks Eksposisi Politik

Penetapan Standar Caleg dalam Meminimalisir Tindakan Korupsi

Tesis:
Dalam pemilihan umum, Seharusnya setiap partai politik memiliki standar yang ketat dan tegas dalam perekrutan calon anggoya legislatif. Standar kriteria setiap calon wakil rakyat haruslah bisa menjadi kualifikasi tegas bagi para calon anggota wakil rakyat yang bermasalah, khususnya korupsi.

Sperti contoh, Para calon legislatif yang pernah tercantun dalam permasalahan pelanggaran HAM atau permasalahan korupsi, tidak diperkenankan untuk menjadi dan diterima sebagai anggota legislatif.

Hal tersebut perlu diperhatikan dengan tegas, karena anggota dewas diharapkan adalah benar – benar orang yang bermasalah dan memiliki integritas tinggi terhadap negeri.

Argumentasi:
Penetapan standar dalam pemilihan calon anggota legislatif adalah salah satu tindakan yang sangat penting untuk di galakkan.

Berdasarkan fakta dan hasil survei, menunjukkan bahwa lemabaga parlemen dalam sistem pemerintahan parlementer, baik itu lembaga tingkat pusat maupun lembaga yang ada ditingkat daerah, dianggap sebagai lembaga-lemabaga dengan tingkat pelanggaran korupsi tertinggi.

Hal tersebut di jelaskan oleh jojo rohi yang menjabat sebagai sekertaris jendral komite indpenden pemantau pemilu (KIPP).

Penegasan Ulang:
Penetapan standar caleg merupakan tindakan yang perlu dan penting untuk digalakkan. Hal tersebut dikarenakan anti korupsi menjadi hal prinsip yang harus di cantumkan dalam kriteria pencalonan anggota legislatif.

Setiap caleg yang memiliki track record yang buruk seperti pelanggaran HAM (poligami, selingkuh, dsb) dan korupsi, seharusnya tidak diperkenankan menjadi anggota dewas legislatif. harapan dari tindakan tersebut adalah berkurangnya angka korupsi di tingkat lembaga legislatif.

Teks eksposisi bidang lingkungan

Ilustarasi contoh teks eksposisi singkat tentang lingkungan oleh dribbble

Menjaga Lingkungan Hidup

Tesis
Kebersihan lingkungan merupakan faktor yang sangat penting dan perlu diperhatikan dalam bermasyarakat. Hal tersebut akan berimbas kepada kenyamanan dan kesehatan masyarakat dalam kehidupan sehari – hari.

Pemerintah dan lembaga kesehatan sering menggalakkan kegiatan-kegiatan penanggulangan pencemaran lingkungan untuk menghindari terjadinya hal – hal yang tidak diingnkan terjadi, seperti munculnya wabah penyakit yang berbahaya bagi kesehatan dan kenyamatan masyarakat.

Kegiatan penanggulangan tersebut diantaranya membuang sampah pada tempatnya, pendauran ulang sampah organik dan non-organik, dan lain sebagainya.

Argumentasi
Gotong royong dalam dalam membersihkan dan menjaga lingkungan secara rutin dengan cara menjadwal setiap kelompok kepala keluarga merupakan salah satu alternatif dalam menanggulangi pencemaran lingkungan.

Dalam satu RT yang terdiri dari beberapa kepala keluarga, di bagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan jumlah hari yang ada dan sesuai dengan jadwal yang telah disepakati.

Selain itu, Hari minggu juga digunakan sebagai kegiatan kerja bakti rutin seluruh masyarakat desa yang di mulai pada pagi hari.

Terdapat banyak manfaat yang di dapat dalam kegiatan tersebut, selain kebersihan dan kesehatan yang di dapat, juga akan terjalin hubungan solidaritas antar warga yang kuat di antara mereka.

Penegasan Ulang :
Kebersihan lingkungan hidup merupakan hal yang tidak bisa di pisahkan dari masyarakat dan merupakan faktor penting bagi kesehatan dan kenyamanan dalam bermasyarakat.

Kebersihan lingkungan masyarakat akan menjamin kesehatan dan kenyamanan bagi setiap individu dalam bermasyarakat. Hal tersebut akan tercapai jika dilakukan secara gotong royong melalui kerjakbakti yang terorganisir, terjadwal, dan terpadu.


Demikian penjelasan mengenai teks eksposisi secara singkat dan lengkap beserta beberapa contoh teks eksposisi. Semoga bermanfat!

Referensi:

  • romadecade.org
Mahasiswi Departemen Fisika Universitas Diponegoro dengan bidang ilmu Fisika Material

Be the first to comment

Leave a Reply